8 Komponen Motor yang Wajib Diperiksa setelah Dipakai Mudik

tips merawat motor

 

Setelah mudik atau bepergian jarak jauh, tentu sepeda motor Anda perlu diperiksa kembali. Ini penting dilakukan agar kendaraan kesayangan tetap dalam kondisi fit. Jangan sampai karena alasan malas atau berpikir motor sudah diservis sebelum mudik, Anda melewatkan kegiatan inspeksi ini. Bisa jadi ada komponen yang mengalami kerusakan.

Menurut Yamaha, setidaknya ada 8 komponen penting yang perlu diperiksa setelah menempuh perjalanan jauh dengan sepeda motor. Simak selengkapnya di bawah ini.

Kaki-kaki

Hal pertama yang wajib diperiksa apabila sepeda motor habis dipakai mudik adalah kaki-kaki. Ada 3 sektor yang perlu dicek, di antaranya suspensi, pelek, dan komponen segitiga.

Dimulai dari suspensi, pastikan tidak ada kebocoran oli di bagian batang suspensi. Kebocoran oli suspensi biasanya disebabkan oleh kotoran yang menempel pada as, benturan yang kencang, atau memang karena umur pemakaian.

Lalu cek komponen ban, apabila sudah mengalami keausan segeralah mengganti dengan yang baru. Kemudian jangan biarkan ban dalam kondisi angin yang kurang, selain membuat performa motor jadi tak nyaman, hal ini juga mempengaruhi umur pakai ban.

komponen ketiga dari bagian kaki-kaki yang perlu dicek adalah pelek. Pastikan kondisi roda tidak mengalami kerusakan seperti bengkok, retak, atau pecah.

Aki

Selanjutnya jangan lupa untuk mengecek kondisi baterai atau aki. Pastikan voltase atau tegangan berada di 10,8 volt agar normal untuk menggerakan kruk as.

Apabila voltase normal, selanjutnya mengecek fisik aki. Pastikan juga tak ada serbuk putih yang muncul di kepala aki. Kondisi serbuk putih pada kepala aki adalah hal yang normal, namun agar tak menghambat pasokan listrik sebaiknya dibersihkan. Aki mengandung asam oksida (H2S04), begitu ke udara pastinya ada pengaruh uap air dan munculnya reaksi oksidasi serbuk itu.

cek aki

Lampu

Komponen penerangan juga jangan luput dari pemeriksaan. Pastikan lampu depan, lampu belakang, dan lampu penanda sein berfungsi secara normal. Komponen lampu harus dicek satu per satu. Apabila kondisi mati, bisa saja sudah putus dan harus segera diganti.

Radiator

Kemudian komponen yang tak boleh luput dari inspeksi adalah radiator. Pastikan sistem pendinginan mesin bekerja normal sehingga gejala atau potensi overheat mesin tidak terjadi.

Tak semua motor dibenamkan komponen radiator. Umumnya hanya untuk motor bermesin 150 cc ke atas saja. Cara mengecek kondisinya adalah dengan memastikan tidak ada kebocoran cairan pendingin dan memeriksa volume coolant berada di batas aman.

Filter Udara

Filter udara jadi salah satu komponen penting pada sepeda motor dan perlu perawatan rutin. Jika abai, dampak terburuknya adalah penurunan performa hingga kerusakan komponen mesin.

Ketika Anda melewati jalanan yang berdebu saat perjalanan mudik kemarin, filter udara berpotensi lebih cepat kotor. Jika kondisinya kotor, jangan dibersihkan sebaiknya mengganti dengan yang baru. Filter udara motor sekarang sudah tipe basah, ada olinya dan tidak boleh dicuci apalagi menggunakan bensin. Bahan filter dari kertas itu bisa rusak.

bersihkan filter udara

Injektor atau Karburator

Selanjutnya adalah mengecek kondisi karburator atau injektor untuk motor-motor yang sudah berpengabut injeksi. Tapi Slamet menyarankan, jika tak memiliki keahlian sebaiknya menggunakan jasa mekanik kepercayaan saja.

Kedua komponen ini jadi peranti penting di sepeda motor, tugasnya menyuplai bahan bakar ke dalam mesin. Karburator atau injektor akan mengukur seberapa besar bensin yang disemprotkan ke dalam silinder piston.

Kotornya karburator atau injektor mungkin saja mengakibatkan mesin sering mati mendadak, penurunan performa, dan konsumsi BBM yang jadi tidak irit.

Rem

Yang ke-7 adalah mengecek sistem pengereman sepeda motor, baik di sektor depan maupun belakang. Pastikan komponen kampas rem, piringan rem, dan minyak rem dalam kondisi normal.

Jika kondisinya masih bagus, Anda bisa melakukan pembersihan saja agar tak ada kotoran serta debu yang membandel di sela-sela piringan rem dan kampas rem.

Menyoal umur pemakaian kampas rem, bisa dipakai hingga 9-12 ribu kilometer. Namun, jika ketebalan kampas rem sudah menipis segera lakukan penggantian.

Oli Mesin

Bagian terakhir yang harus diperiksa apabila sepeda motor habis dipakai mudik yakni kondisi oli mesin. Untuk motor yang sudah waktunya ganti oli, jangan kompromi segera ganti pelumas mesin yang baru.

Untuk motor yang sebelum mudik sudah ganti oli dengan perjalanan tidak terlalu jauh bisa mengecek kondisi kepekatan dan volume oli dari dipstick. Bila berkurang (volume oli), bisa ditambahkan sesuai dengan volume rekomendasi pabrikan. (Kit/Odi)

 

Baca Juga: Jangan Lupakan Beberapa Hal Ini saat Touring Motor Berkelompok

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Piaggio Indonesia Kenalkan Sejarah Vespa di We The Fest 2024
    Piaggio Indonesia Kenalkan Sejarah Vespa di We The Fest 2024
    Zenuar Yoga . 25 Jul, 2024
  • Alva Rilis Motor Listrik Murah, Cuma Rp11 jutaan
    Alva Rilis Motor Listrik Murah, Cuma Rp11 jutaan
    Zenuar Yoga . 23 Jul, 2024
  • Scomadi Perkenalkan Skuter Limited Edition dan Versi HUT Kemerdekaan
    Scomadi Perkenalkan Skuter Limited Edition dan Versi HUT Kemerdekaan
    Setyo Adi Nugroho . 20 Jul, 2024
  • Diluncurkan di GIIAS 2024, Intip Spesifikasi Royal Enfield Himalayan 450
    Diluncurkan di GIIAS 2024, Intip Spesifikasi Royal Enfield Himalayan 450
    Zenuar Yoga . 20 Jul, 2024
  • GIIAS 2024: Royal Enfield Indonesia Luncurkan Himalayan 450 dan Shotgun 650
    GIIAS 2024: Royal Enfield Indonesia Luncurkan Himalayan 450 dan Shotgun 650
    Zenuar Yoga . 19 Jul, 2024
  • Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2024
  • Cari Skutik 150-160 cc, Simak Update Harga dan Spesifikasinya
    Cari Skutik 150-160 cc, Simak Update Harga dan Spesifikasinya
    Zenuar Yoga . 08 Jul, 2024
  • Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Zenuar Yoga . 05 Jul, 2024
  • Pilihan Motor Sport Seharga Yamaha Nmax “Turbo”
    Pilihan Motor Sport Seharga Yamaha Nmax “Turbo”
    Zenuar Yoga . 26 Jun, 2024
  • Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024
  • Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Eka Zulkarnain . 20 Jun, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024