Penting Diketahui saat Pilih Jas Hujan, Jangan Sampai Membahayakan!

jas hujan


Memasuki musim hujan, jas hujan penting selalu tersedia di sepeda motor. Sebab alat ini mampu melindungi tubuh dari guyuran air hujan. Jubah penahan air saat ini memiliki banyak model dan harganya pun beragam. Mulai dari belasan ribu hingga jutaan rupiah. Agar berkendara semakin nyaman, ada cara-cara memilih jas hujan yang baik. Berikut tipsnya.

 

Hindari Model Ponco

Walau model rain coat terdapat banyak pilihan, sangat tidak disarankan membeli yang model ponco. Sebetulnya jas hujan jenis ini cukup efektif, karena bisa digunakan lebih dari satu orang. Jadi saat hujan turun, pengendara dan pembonceng hanya memerlukan satu. Tapi dari sisi keselamatan sangat tidak dianjurkan. Sebab banyak kasus kecelakaan saat hujan yang disebabkan karena ponco.

Saran kami, cari model yang pas dengan badan atau merupakan setelan baju (atasan dan bawahan). Penahan air ini lebih aman karena bisa meminimalisir air masuk lewat celah kecil.

 

Pilih yang Nyaman saat Dipakai

Jangan hanya dilihat dari model dan desainnya saja, namun juga wajib perhatikan ukuran yang tepat sesuai badan. Soalnya, jas hujan dapat mempengaruhi kenyamanan berkendara. Bila terlalu besar atau terlalu kecil dapat membuat ruang gerak menjadi terbatas dan sangat berbahaya jika memaksakan diri tetap berkendara.

Karena rain coat dikenakan di luar pakaian, pertimbangkanlah ukuran produk yang sedikit lebih besar dari ukuran pakaian sehari-hari. Baiknya membeli di toko agar bisa mencoba langsung bersama dengan pakaian yang dikenakan.

Baca Juga: Tips Melewati Jalanan Menanjak dan Menurun Pakai Skutik

 

Cari Bahan Berkualitas

Kemudian hindari penggunaan berbahan plastik karena sangat mudah sobek. Saat ini banyak ditawarkan dengan bahan PVC, polyester with oil coating dan Gore-tech. Masing masing material memiliki kelebihan dan kekurangan.

Khusus bahan PVC atau Polyvinyl chloride (Polivinil klorida). Ia sejatinya punya daya tahan menolak air yang cukup signifikan. Meski cukup lentur, tapi saat dipakai terasa panas. Ada pula yang menawarkan PVC dikombinasikan dengan Polyester. Lazimnya bahan PVC digunakan buat bagian luar, dan Polyester untuk lapisan dalam yang bertujuan untuk menambah kenyamanan. Sayangnya jenis ini terlalu berat.

Lalu bahan polyester. Disarankan pilih yang 100 persen polyester dengan campuran oil coating. Kain jenis ini biasanya sudah dilapisi dengan bahan waterproof. Ia bersifat ringan dan memudahkan mobilitas dan memiliki ketahanan air yang lebih baik. Sayangnya tipe ini dijual cukup mahal.

Buat kasta tertinggi rain coat menggunakan material Gore-tech. Keunggulannya ia memiliki daya serap kelembaban yang tinggi. Lazimnya sudah memiliki fitur breathable. Artinya walau waterproof alias anti-air namun bahan ini masih memiliki sirkulasi udara. Sehingga badan terasa adem saat memakainya. Kurangnya hanya satu, yaitu ditawarkan dengan harga yang tidak murah.

 

Cek Fiturnya

Tak hanya pintar memilih bahan berkualitas, perhatikan juga fitur yang terdapat pada jas hujan. Cari yang punya sistem seam seal. Untuk memastikan jahitan antar potongan tertutup rapat. Dengan begitu, konstruksinya jadi lebih kokoh dan tahan lama.

Selain itu, pertimbangkan produk dengan warna terang. Akan lebih baik jika memiliki fitur scotlight atau reflektor cahaya, yang berfungsi memantulkan cahaya saat terpapar cahaya, membuat pengendara lain akan menyadari keberadaanmu.

Kemudian carilah produk yang praktis dan kompak. Dengan begitu, lebih hemat tempat saat disimpan. Dan lebih praktis lagi jika telah dilengkapi dengan kantong penyimpanan khusus. (Bgx/Odi)

 

Baca Juga: Jangan Lupakan Beberapa Hal Ini saat Touring Motor Berkelompok

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test