Cara Merawat Bagian Motor Berwarna Doff Supaya Selalu Terlihat Resik

panel instrumen yamaha gear

 

KEY TAKEAWAYS

  • Kalau tergores, boleh saja memolesnya

    Namun hindari cairan pemoles yang membuat bodi jadi mengilap
  • Kelir bodi doff berbeda dengan cat glossy yang secara perawatan lebih mudah. Sebagai pemilik harus memahami apa yang boleh dan tak boleh dilakukan agar kondisi warna tetap terjaga. Warna jenis doff tak boleh sembarang poles karena berpotensi menurunkan kualitas catnya. Lantas, bagaimana cara perawatan yang benar agar cat jenis doff tetap dalam kondisi prima? 

    Pertama, hindari motor terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama. Ini kebiasaan yang salah bagi para pemilik motor dengan jenis doff karena bisa menurunkan kualitas cat sehingga berpotensi memudar. Maka dari itu carilah lokasi parkir yang aman dari sinar matahari langsung.

    Kedua, hindari mencuci motor memakai sabun yang mengandung deterjen seperti sabun cuci piring dan baju. Sebab memiliki sifat asam yang bisa membuat cat dua kali lebih cepat memudar dibanding cat motor jenis metallic.

    Umumnya jenis cat doff tak dilapisi zat pernis atau menggunakan pernis khusus doff yang tak sekuat metallic. Pilihlah sabun cuci kendaraan yang memiliki pH netral, seperti shampo khusus motor atau mobil.

    Ketiga, gunakanlah kain microfiber dan spons yang lembut saat mencuci motor. Agar tak menimbulkan baret di bagian bodi. Sebab jika terjadi baret akibat gesekan dengan kotoran yang keras, jenis cat doff cukup sulit untuk diperbaiki.

    Baca Juga: Lakukan Ini Supaya Suspensi Motor Anda Awet

     

    Honda Vario 160 review

    Keempat, jangan pernah mencuci motor di bawah sinar matahari langsung. Terik matahari akan mengakibatkan sabun atau shampo motor langsung mengering dan menimbulkan cat motor doff lebih cepat memudar dan berjamur.

    Dan bila akhirnya terdapat noda atau bercak di permukaan cat sebaiknya dibersihkan pakai water spot remover. Caranya dengan menyemprotkan cairan itu kemudian lap bodi motor secara perlahan dan sedikit ditekan hingga noda menghilang.

    Nah, untuk kasus baret atau terjadi goresan pada bodi berwarna doff sejatinya bisa dan boleh dipoles. Namun hindari penggunaan cairan pemoles dengan bahan dasar minyak karena dapat membuat cat doff jadi mengilap. Sebaiknya gunakan cairan pemoles dengan bahan dasar air (water based).

    Nah, apabila motor sudah mengalami baret dalam, tidak bisa dipoles seperti halnya pada cat metalik. Solusinya adalah dengan pengecatan ulang atau mengganti panel bodi. Pengecatan juga tidak bisa hanya pada area yang baret melainkan satu panel agar tak terlihat perbedaan warna. (Bgx/Odi)

     

    Baca Juga: Tips Mudah Merawat Rem Sepeda Motor Agar Selalu Optimal

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Motor dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test