RC Motogarage Sediakan Apparel Kebutuhan Rider Premium

RC Motogarage

Toko penyedia kebutuhan rider di Indonesia itu kini menjual beberapa merek baru. Ada Kushitani, TCX Boots, dan X-Guard, semua terkenal sebagai brand premium. Harga yang ditawarkan cukup fantastis, dari Rp 900 ribu sampai Rp 40 juta.

Produk pertama yang dijajakan yakni ragam perlengkapan berkendara dari Kushitani. Merek asal Jepang itu diklaim cukup terkenal di ajang balap motor dunia. Sejumlah pembalap dari beragam tim pun menggunakan produk ini dari 1953. Sejak itu, Kushitani pun berkembang hingga akhirnya bisa merancang beragam produk. Tidak hanya racing suit, mereka juga membuat jaket harian, celana riding, sarung tangan (glove) dan lain-lain. Sampai akhirnya benar-benar membuka outlet penjualan di Jepang pada 1971.

Di Indonesia, RC Motogarage telah memasarkan ragam produk Kushitani sejak 2018. "Kushitani adalah produk asli dari Jepang, dan merupakan premium brand pertama yang menggelontorkan produk jaket kulit atau bahkan racing suit. Merek itu cukup fokus untuk perlengkapan berkendara sepeda motor, sehingga faktor kualitas dan kenyamanan bagi penggunanya menjadi tajuk utamanya," kata Reyner Alexander, Owner RC Motogarage dalam siaran resminya, Senin (23/11).

Reyner mengakui, kalau Kushitani kurang familiar di kalangan rider muda. Maka itu, selama dua tahun dirinya hanya fokus membangun merek itu di sini. Sementara untuk produksinya tidak hanya di Jepang, melainkan sudah dialihkan ke beberapa negara. Salah satunya Indonesia yang kebagian merancang dan membuat sarung tangan harian dan balap.

"Kami begitu mendalami brand ini. Kami tahu segalanya soal Kushitani. Sayangnya masyarakat yang mengetahui merek ini di rentang usia 35 tahun ke atas, sementara generasi muda zaman sekarang kurang tahu. Produk yang ditawarkan juga tidak main-main, karena sesuai dengan konsep balap, maka faktor safety menjadi fokusnya. Semua inilah yang membuat kami percaya diri menjual lini model Kushitani, walaupun harganya cukup mahal," katanya.

Baca Juga: Yamaha Rilis Varian Tengah Nmax, Dapat Smart Key dan Fitur Y–Connect

Kushitani

Adapun ragam varian Kushitani yang dipasarkan RC Motogarage saat ini mulai dari glove, jaket, celana riding, sepatu, tas, inner suit. Untuk jaket dimulai dari harga Rp 2,9 juta hingga Rp 6 jutaan, sedang model mesh sekitar Rp 3 jutaan sampai Rp 4 jutaan. Untuk produk jaket kulit (leather) menggunakan kulit sapi perah. Sementara untuk racing suit yang sesuai permintaan, harganya mencapai Rp 40 jutaan.

Untuk produk sarung tangan, baik harian maupun balap, juga menggunakan material terbaik. Terbuat juga dari kulit sapi dan dirancang lembut dan tetap nyaman dipakai. Harganya mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 2,5 jutaan untuk harian, dan racing glove sekitar Rp 6 jutaan.

Salah satu pembalap Tanah Air yang menggunakan produk dari Kushitani yakni Gerry Salim. Rider yang tergabung di Astra Honda Racing Team itu telah menggunakan racing suit dari brand Jepang sejak 2018. Dan atas dasar itulah Reyner yakin produk Kushitani yang diniagakannya di tiga outlet milik RC Motogarage bakal diserap positif oleh konsumen pemilik sepeda motor.

Selain Kushitani, mereka juga menawarkan TCX Boots. Merek sepatu riding asal Italia itu tidak hanya diperuntukkan bagi rider pria, kaum wanita pun bisa pakai. Model yang diniagakan juga beragam, dan dibuat sesuai dengan kebutuhan para pengendara motor dari seluruh dunia.

TCX merupakan merek alas kaki khusus sepeda motor pertama dengan sistem T.C.S (Torsion Control System) dan sudah dipatenkan secara internasional. Metode itu memungkinkan gerakan terkontrol dari kaki secara lateral dan longitudinal, serta melindungi pergelangan kaki dari cedera saat berkendara. Struktur tersebut nyatanya tergolong sukses, dan banyak rider dari seluruh dunia yang percaya dengan kualitas TCX.

TCX boot

Saat ini, rangkaian produk TCX Boots menjadi yang paling lengkap di pasar dunia. Mereka menawarkan ragam model mulai dari turing, racing, casual, bahkan lifestyle pun ada. Bahkan ada juga yang dibuat khusus balap dan off-road, termasuk sepatu untuk wanita.

RC Motogarage percaya diri memasarkan TCX Boots di Indonesia, karena fokusnya pada keamanan buat penggunanya. Keunggulan yang ditawarkan yaitu rata-rata menggunakan material waterproof atau goretex. Untuk memberikan proteksi, pada sisi depan dirancang menggunakan bahan plastik keras (hard plastic). Karena diperuntukan buat berkendara motor, diberikan pelindung untuk menyongkel gigi di bagian kiri. Andai tidak ada, ada komponen tambahan yang dijual secara terpisah dan gratis.

Begitu juga dengan rentang harga yang ditawarkan, masih masuk akal untuk rider di sini. Untuk saat ini, outlet RC Motogarage menjual tidak kurang dari 10 model, baik untuk pria maupun khusus wanita. Reyner menyebutkan, model TCX Boots yang cukup laku adalah model sneakers, karena bisa dipakai kapan pun termasuk untuk berkendara sepeda motor. Untuk rentang harganya dimulai dari Rp 2,1 juta sampai Rp3 jutaan, sementara yang berbahan goretex dikisaran Rp 3 juta hingga Rp 4 jutaan.

Produk anyar yang dikenalkan yakni X-Guard. Alat untuk penyanggah handphone yang bisa diletakkan pada setang atau spion. Komponen asal Taiwan ini terbuat dari alumunium, stabil dan tidak goyang serta getar seperti merek yang beredar di pasaran. Bagian penguncinya pun diklaim aman.

Baca Juga: Hidden Valley Track, Sirkuit Motocross Tersembunyi di Jakarta Timur

X-guard

X-Guard bisa digunakan untuk semua varian motor, mulai dari sport, bebek hingga skutik. Produk ini dijual dalam keadaan lengkap satu set. Dudukan utama, hingga bagian penguncinya. Ada tiga varian yang ditawarkan. Handle bar mount, biasanya untuk motor turing atau naked. Kemudian miror mount yang pasang di spion, tepatnya di bawah baut jadi tidak getar. Alat ini biasanya digunakan para pengendara skutik.

Dan yang ketiga adalah varian small tube. Ini bisa dikreasikan di mana saja, bukan di handle bar atau spion, tapi di baut segi enam yang ada di tengah setang. "Bukan di spion atau klam kit, biasanya baut di tengah setang dicopot diganti dengan batang, dan dipasang aksesori lainnya," jelas Reyner.

Alat ini dijual dengan harga mulai dari Rp 900 ribu sampai dengan Rp 1,5 juta, tergantung model. Salah satu kelebihan yang ditawarkan RC Motogarage, yakni jika penggunanya mengalami kendala dalam pemasangan atau cacat produksi. Mereka bisa datang kembali, dan dilakukan perbaikan. "Kalau ada kebutuhan spare part, bawa saja ke sini, kita akan ganti, ada free maintenance untuk customer," tambahnya.

Sejak dijual pada Juli 2020, Reyner mengaku sudah menjual ratusan unit X-Guard setiap bulannya. Total angka itu dihasilkan dari tiga tokonya yang berada di Haji Nawi Jakarta Selatan, Serpong, Tangerang Selatan dan Bandung Jawa Barat.

Selain untuk motor, X-Guard juga ada varian untuk sepeda. Bentuknya lebih kecil, dan dibuat dari bahan plastik. Harganya Rp 600 irbu dan bisa disesuaikan dengan ukuran handle bar (setang) sepeda. Meski berbahan ringan, ia diklaim kuat dan tahan guncangan. (Bgx/Odi)

Baca Juga: Royal Enfield Tripper Navigation, Bisa Diaplikasi di Berbagai Motor

Baca Semua

Artikel Unggulan

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang