Riset Populix: Terungkap Beberapa Kekhawatiran Masyarakat Terhadap EV di Indonesia

populix

Indonesia merupakan negara dengan populasi besar dan kebutuhan transportasi tinggi. Beberapa tahun belakangan, menunjukkan pertumbuhan signifikan terhadap penggunaan kendaraan listrik (EV). Berdasar Gaikindo, pertumbuhan 2023 saja mencapai 65,22 persen. Tahun ini diprediksi semakin naik. Namun demikian, isu baterai dan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik menjadi hambatan terbesar industri kendaraan listrik di Tanah Air. Hal ini dapat dilihat dari riset Populix terbaru bertajuk “Electric Vehicle Dynamics: Unveiling Consumer Perspectives and Market Insights”.

Dalam riset mereka, menunjukan kekhawatiran dengan sisa baterai selama perjalanan (65 persen), kapasitas jarak tempuh terbatas (61 persen ) dan tidak semua bengkel menerima perbaikan meskipun kerusakannya non-listrik (49 persen). Selain itu, keterbatasan infrastruktur atau fasilitas charging (43 persen). Lokasi stasiun pengisian daya masih sedikit dan cenderung jauh (42 persen) juga menjadi tantangan konsumen dalam menggunakan kendaraan listrik.

"Seiring dengan berkembangnya pasar kendaraan listrik (EV) di Indonesia. Kolaborasi antara regulator dan produsen EV menjadi semakin krusial guna mengatasi tantangan mendasar. Misalnya seperti aksesibilitas, jarak tempuh, biaya, hingga ketersediaan infrastruktur pengisian daya. Itu bisa menghambat integrasi kendaraan listrik bagi mobilitas konsumen sehari-hari. Dengan memahami tantangan dan preferensi konsumen. Sinergi ini menjadi kunci dalam mendorong adopsi EV secara lebih luas. Serta meningkatkan pertumbuhan industri kendaraan listrik di Indonesia," ujar Timothy Astandu, CEO & Co-Founder Populix, dalam surel kepada OTO.com.

Dinamika Penggunaan Kendaraan Listrik

populix

Riset mereka juga memperlihatkan beberapa aspek. Pengisian daya kendaraan listrik paling nyaman dilakukan di rumah (59 persen), sementara stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) hanya digunakan oleh 15 persen responden. Tempat penukaran baterai kendaraan listrik yang paling populer adalah lokasi brand resmi (78 persen). Diikuti oleh stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) (42 persen).

Frekuensi penggunaan SPKLU atau SPBKLU bervariasi. Menurut Populix, sebanyak 55 persen melakukan pengisian daya di tempat itu. Setidaknya satu kali seminggu dan bahkan sebagian kecil menggunakannya setiap hari.

Nah, di dalam kategori sepeda listrik, tujuan utama penggunaan termasuk belanja kebutuhan sehari-hari berkisar (79 persen). Antar-jemput teman atau keluarga (62 persen), mengunjungi teman atau keluarga (58 persen), mengirim barang (23 persen) dan bekerja (13 persen). Konsumen memiliki ekspektasi harga sepeda listrik rata-rata sebesar Rp4.700.000 dengan jarak tempuh 12,32 km guna memenuhi kebutuhan mobilitas mereka. Sepeda listrik paling banyak digunakan di Indonesia adalah Uwinfly (32 persen), Exotic (22 persen) dan Polygon (12 persen).

Responden menggunakan motor listrik dengan tujuan utama untuk belanja kebutuhan sehari-hari (72 persen). Mengunjungi teman atau keluarga (57 persen), antar-jemput teman atau keluarga (57 persen), bekerja (47 persen) dan perjalanan dalam kota (46 persen). Untuk memenuhi tujuan itu, konsumen merasa bahwa jarak tempuh motor listrik ideal adalah 74,93 km. Sementara itu, ekspektasi masyarakat terhadap harga motor listrik rata-rata sebesar Rp18.000.000. Adapun tiga merek paling banyak digunakan adalah Volta (15 persen), Honda (15 persen) dan Polytron (13 persen).

Untuk mobil listrik, tujuan utama penggunaan meliputi mengunjungi teman atau keluarga (71 persen). Perjalanan dalam kota (69 persen), bekerja (67 persen), antar-jemput teman atau keluarga (63 persen). Kemudian belanja kebutuhan sehari-hari (60 persen). Rata-rata konsumen menilai harga mobil listrik yang ideal adalah sebesar Rp250.000.000 dan memiliki jarak tempuh minimal 261,18 km. Merek yang saat ini paling banyak digunakan: Wuling (57 persen), Hyundai (24 persen) dan Toyota (9 persen).

VP of Research Populix Indah Tanip menjelaskan. Saat ini pembelian kendaraan listrik masih didorong kuat oleh program-program promosi. Adapun bentuk promo yang paling disukai oleh konsumen mencakup diskon khusus dari produsen. Misalnya potongan harga atau cashback (65 persen ), garansi baterai atau unit (65 persen). Lalu subsidi pemerintah dalam bentuk diskon atau insentif langsung (57 persen), serta penawaran paket spesial selama periode tertentu (43 persen).

Sumber Informasi EV di Indonesia

populix

Mayoritas responden mencari informasi seputar kendaraan listrik dari media sosial dan channel online (89 persen) serta aset-aset BTL (80 persen). Adapun lima sumber media sosial dan channel online paling banyak digunakan meliputi iklan YouTube (39 persen). Kemudian media sosial resmi brand (38 persen), website resmi brand (35 persen). Iklan Instagram (22 persen), dan review di forum online (20 persen).

Lanjut mengenai kategori BTL (Below the Line). 53 persen responden menyebut rekomendasi teman dan keluarga sebagai sumber informasi terpercaya. Kemudian diikuti oleh pameran otomotif di mall (41 persen) dan event otomotif seperti GIIAS atau IIMS (27 persen). Perlu diketahui pula. Selain media sosial dan channel online. Aset-aset BTL, responden juga mencari informasi seputar kendaraan listrik dari aset-aset ATL (Above the Line). Khususnya publikasi atau website otomotif sebagaimana dipercaya oleh 20 persen responden. Poster di jalanan atau iklan billboard yang menjadi sumber informasi 17 persen. (Alx/Odi)

Baca Juga: E-Fuel, Solusi Bahan Bakar Masa Depan?

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • BMW MINI Eurokars PIK 2 Resmi Dibuka, Totalitas Konsep dan Fasilitas Premium
    BMW MINI Eurokars PIK 2 Resmi Dibuka, Totalitas Konsep dan Fasilitas Premium
    Alvando Noya . Hari ini
  • Honda Indonesia Rilis Teaser Mobil Baru, Civic Hybrid?
    Honda Indonesia Rilis Teaser Mobil Baru, Civic Hybrid?
    Muhammad Hafid . 07 Mei, 2025
  • Ford Buka Dealer Baru di Medan, Perluas Layanan dan Jangkauan Konsumen
    Ford Buka Dealer Baru di Medan, Perluas Layanan dan Jangkauan Konsumen
    Muhammad Hafid . 07 Mei, 2025
  • Bedah Spek SUV Hybrid Mewah Fang Cheng Bao dari BYD, Cocok Masuk Indonesia?
    Bedah Spek SUV Hybrid Mewah Fang Cheng Bao dari BYD, Cocok Masuk Indonesia?
    Setyo Adi . 07 Mei, 2025
  • Penjualan Chery Naik 14,6% di Maret 2025, Model EV Tumbuh Pesat
    Penjualan Chery Naik 14,6% di Maret 2025, Model EV Tumbuh Pesat
    Anjar Leksana . 07 Mei, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Kemenperin Usung Konsep Green Mobility di Industri Otomotif, Apa Itu?
    Kemenperin Usung Konsep Green Mobility di Industri Otomotif, Apa Itu?
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Honda Isyaratkan Kehadiran Mobil Hybrid Baru, Civic e:HEV?
    Honda Isyaratkan Kehadiran Mobil Hybrid Baru, Civic e:HEV?
    Muhammad Hafid . 07 Mei, 2025
  • Baru Diluncurkan, Seres 3 Raih Penghargaan di PEVS 2025
    Baru Diluncurkan, Seres 3 Raih Penghargaan di PEVS 2025
    Zenuar Yoga . 07 Mei, 2025
  • Persiapkan Gen-Z Paham Otomotif, Autochem Mengajar Jadi Langkah Awal
    Persiapkan Gen-Z Paham Otomotif, Autochem Mengajar Jadi Langkah Awal
    Setyo Adi Nugroho . 07 Mei, 2025
  • Detail Kelengkapan Mobil Listrik Polytron G3+ yang Baru Meluncur
    Detail Kelengkapan Mobil Listrik Polytron G3+ yang Baru Meluncur
    Anjar Leksana . 07 Mei, 2025
  • Suzuki Fronx Siap Meladeni Rival di Segmen Small SUV
    Suzuki Fronx Siap Meladeni Rival di Segmen Small SUV
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Menilik Tawaran Paket Fitur Keselamatan MG 4 EV
    Menilik Tawaran Paket Fitur Keselamatan MG 4 EV
    Alvando Noya . 07 Mei, 2025
  • Opsi SUV Hybrid Bujet Tak Sampai Rp400 Juta!
    Opsi SUV Hybrid Bujet Tak Sampai Rp400 Juta!
    Alvando Noya . 05 Mei, 2025
  • Perbandingan Spesifikasi Mobil Komersial Listrik di Indonesia
    Perbandingan Spesifikasi Mobil Komersial Listrik di Indonesia
    Setyo Adi Nugroho . 05 Mei, 2025
  • Perjalanan Mengunjungi Pabrik Mobil dan Baterai AION di Cina (Part-1)
    Perjalanan Mengunjungi Pabrik Mobil dan Baterai AION di Cina (Part-1)
    Eka Zulkarnain . 05 Mei, 2025
  • Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2025
  • Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
    Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
    Setyo Adi Nugroho . 29 Apr, 2025
  • Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Muhammad Hafid . 15 Apr, 2025
  • Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2025
  • Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
    Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
    Setyo Adi Nugroho . 27 Mar, 2025
  • Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Anjar Leksana . 09 Apr, 2025
  • Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
    Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
    Muhammad Hafid . 22 Mar, 2025
  • Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
    Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
    Alvando Noya . 13 Mar, 2025
  • Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Eka Zulkarnain . 03 Mar, 2025
  • First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    Setyo Adi Nugroho . 12 Feb, 2025