Sarat Fitur Canggih, Pilih Toyota Avanza 1.5 G TSS atau Daihatsu Xenia 1.5 R ASA?

avanza vs xenia

Duo sejuta umat Avanza-Xenia tidak bisa diremehkan lagi. Mereka bertransformasi tanpa tanggung-tanggung melangkah begitu jauh. Bukan hanya peralihan sasis, format penggerak roda dan transmisi otomatis, tapi juga dibenamkan teknologi keselamatan paling mutakhir. Bahkan mampu melampaui lawan-lawannya dan pantas disebut LMPV tercanggih.

Kedua pabrikan tanpa segan menanamkan teknologi keselamatan andalan mereka. Toyota Safety Sense (TSS) dan juga Advanced Safety Assist (ASA). Bukti nyata kalau bukan lagi konsumsi mobil-mobil papan atas saja. Ekspektasi itu dimulai dari Raize dan Rocky. Begitu benar diadaptasi juga ke Avanza-Xenia, sebuah lompatan teramat jauh jika dibandingkan generasi terdahulu. Kalau mencari LMPV paling aman, Avanza 1.5 G CVT TSS dan Xenia 1.5 R CVT ASA wajib masuk dalam pertimbangan.

Nah, keputusan berikutnya paling yang mana dari antara keduanya? Jika memperhatikan daftar harga, ada selisih amat besar. Ya, bedanya mencapai Rp23,9 juta. Toyota Avanza 1.5 G CVT TSS dibanderol Rp293,4 juta, sementara Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA Rp269,5 juta. Pasti Avanza menyimpan kelebihan sehingga membuat perbedaan harga lumayan signifikan untuk konsumen segmen ini. Apakah membuatnya lebih layak dipilih? atau justru sebaliknya?

 

Toyota Avanza 1.5 G CVT TSS

Toyota Avanza 2022

Tipe G selalu jadi andalan volume maker bagi Avanza. Daya tawarnya menarik selain pilihan mesin 1,5-liter semata. Berbekal fitur standar yang mengalami peningkatan drastis dibanding generasi dulu. Di luar Toyota Safety Sense (TSS), kelengkapannya panas disebut naik kelas. Misal menyalakan mesin melalui tombol start/stop engine. Lalu pusat hiburan dilayani monitor layar sentuh sebesar 9-inci. Peranti keselamatan standar terdiri dari dual airbag, ABS+EBD+BA, VSC, HSA, seatbelt warning, Isofix, alarm+immobilizer dan sensor parkir.

Setir tilt dan telescopic semakin mudah menemukan posisi terbaik. Fitur itu tidak dimiliki Xenia. Pengaturan semua jok juga membaik. Malah bisa disetel jadi ala sofa atau dijadikan alas tidur. Baris ketiga kini bisa dilipat rata lantai. Fleksibilitas kian menyesuaikan MPV keluarga zaman sekarang.

Setidaknya itu semua bisa didapat sebagai paling mendasar. Kalau lebih mutakhir lagi ada trim istimewa Avanza G dengan Toyota Safety Sense. Posisi teratas tipe G tapi khusus transmisi CVT saja. Mendapat tambahan sistem keselamatan canggih Toyota yang lebih canggih dalam memproteksi seluruh penumpang.

Pertama, jumlah airbag bertambah di sisi samping dan tirai. Sehingga total berjumlah 6 titik. Namun paket TSS tidak selengkap Raize Turbo TSS. Tanpa kehadiran Adaptive Cruise Control (ACC), tapi disediakan Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Crossing Traffic Alert (RCTA), Pedal Misoperation Control, Lane Departure Assist, Front Departure Alert dan Pre Collision System. Toyota juga memperkenalkan sistem konektivitas digital T Intouch. Berupa aplikasi di ponsel, berisikan kemudahan selama kepemilikan. Berisikan teknologi geofencing, find my car, road assistance, E-Care dan Inquiry & Support Center.

Baca Juga: Varian All New Daihatsu Xenia Begitu Beragam, Ini yang Kami Rekomendasikan

 

Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA

daihatsu xenia 1.5 R CVT

Untuk LMPV seharga Rp269,5 juta, tidak ada lagi yang selengkapnya. Bahkan MPV Rp400 jutaan saja tidak punya. Tentu daftar fitur tidak sebanyak Avanza G TSS. Misal jumlah airbag cuma dua titik, tanpa setir telescopic dan fitur konektivitas ala T Intouch. Paket ASA pun tidak selengkap TSS Avanza. Makanya wajar bisa lebih murah juga.

Bila memilih Daihatsu Xenia dengan ASA berarti tetap mendapat peranti aktif pencegah kecelakaan. Terdiri Collision Warning Function, Pedal Misoperation Control, Leading Vehicle Departure Warning, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention. Tentunya sudah termasuk VSC, HSA dan immobilizer+alarm.

 

Pilih Mana?

Keduanya menunjukkan peningkatan kelas yang begitu drastis dibandingkan model terdahulu. Mereka dirancang untuk konsumen dengan tingkat kepedulian tinggi terhadap keselamatan. Mampu melampaui kompetitor dalam level harga sama, bahkan MPV dengan kelas jauh di atasnya. Tak pernah terbayangkan jika Avanza akan dilengkapi enam airbag sampai ragam perangkat keselamatan aktif ala mobil-mobil premium. Menunjukkan fitur itu semua semakin merakyat.

Namun beda harga Rp23,9 juta membuat Xenia dengan ASA punya nilai lebih tinggi. Tak masalah jumlah airbag lebih sedikit, tanpa ada telescopic steering dan jumlah fitur ASA tidak sebanyak TSS. Toh peranti yang ada, sudah membuatnya MPV tercanggih sekaligus termurah sekarang ini. Apabila membandingkan sesama LMPV seharganya. Paling dekat ada Ertiga Suzuki Sport A/T (Rp255,15 juta), New Mitsubishi Xpander Exceed CVT (Rp272,8 juta) dan Nissan Livina VL A/T (Rp283,4 juta). (Odi)

 

Baca Juga: Deret Fitur Menarik di All New Toyota Veloz Q CVT 

Daihatsu Xenia vs Toyota Avanza Comparison

Daihatsu Xenia
  • Rp 212,2 - Rp 269,5 Juta
Toyota Avanza
  • Rp 228,3 - Rp 342,8 Juta
Daihatsu Xenia vs Toyota Avanza

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Daihatsu Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi