Siasat ExxonMobil Hadapi Pandemi, dari Peluncuran Oli Baru hingga Pengembangan Pom Bensin Mini

Tak hanya industri otomotif, secara sistemik permintaan produk pelumas ikut terdampak selama setahun lebih pandemi. ExxonMobil Lubricants Indonesia sebagai salah satu produsen oli pun menyusun berbagai siasat untuk mengatasi situasi terkait. Tentunya bersama PT Federal Karyatama - induk merek Federal Oil - yang telah resmi diakuisisi akhir tahun lalu.


Serangkai inisiatif dan inovasi telah dilakukan sekaligus disusun untuk menghadapi 2021. Salah satunya program promosi berskala besar dengan pendekatan digital. Kampanye menyambut lebaran, hadiah, hingga peluncuran produk oli baru sudah tersedia di bengkel rekanan Mobil. Tak ketinggalan menjualnya di toko online resmi berbagai e-commerce, beradaptasi terhadap tren saat ini. Dan layanan servis di rumah juga mulai dilaksanakan oleh mereka.


“Kami berharap pemulihan pasar saat ini akan mengembalikan kepercayaan konsumen dan pelanggan, yang merupakan kunci untuk pemulihan ekonomi. Sebagai organisasi yang terintegrasi, kami terus mempersiapkan diri untuk era normal baru dengan mempersiapkan kemampuan pemberdayaan digital kami. Pada akhirnya, Indonesia tetap menjadi pasar yang sangat menarik bagi ExxonMobil,” ungkap Patrick Adhiatmadja, Executive Chairman ExxonMobil Lubricants Indonesia.


oli mobil super


Tiga varian oli kendaraan roda empat baru diluncurkan adalah bagian dari seri Mobil Super. Dengan harga jual cukup terjangkau, mulai Rp69.500. Tersedia dalam kemasan satu hingga empat liter. Semuanya diklaim memiliki standar tertinggi kinerja oli, ILSAC GF-6 dan API SP.


Masing-masing punya spesifikasi dan fungsi berbeda. Mobil Super All-in-One Protection, merupakan jenis full sintetis diformulasikan dengan molekul Heat Activated Anti-wear Molecules. Memberi fungsi perlindungan mesin kendaraan dan meningkatkan penghematan bahan bakar. Disediakan dalam tingkat kekentalan 0W-20 berkemasan abu-abu.


Lantas kedua, Mobil Super Friction Fighter. Adalah pelumas sintetik dengan formula molekul FrictionFighter. Fungsinya menciptakan lapisan pelindung padat pada bagian dalam ruang bakar. Berdasarkan resultan uji VIE Sequence, diklaim mampu memproteksi mesin dari keausan hingga 65 persen lebih tinggi. Ketimbang oli referensi industri dari API SP. Hasil dapat bervariasi berdasarkan mesin, suhu, dan kondisi menyetir yang sesungguhnya. Kekentalan yang tersedia adalah 10W-40.


oli mobil


Terakhir Mobil Super Everyday Protection, menjadi pelumas mesin berbasis mineral premium. Diformulasikan dengan molekul ExtEngine atau bahan anti-aus. Bertugas mencegah kerusakan mesin dengan menciptakan pelindung dapat bertahan lama untuk memperpanjang umur mesin. Tersedia dengan spesifikasi SAE 10E-30.


Brand awareness tak cuma digalakkan lewat serangkai kegiatan promosi dan peluncuran produk. Untuk meningkatkan kepercayaan terhadap salah satu brand-nya, Federal Oil juga menjadi sponsor utama tim balap Gresini Moto2. Dan telah bermitra selama satu dekade. Sebagai informasi, sang pembalap berhasil meraih podium di seri pembuka Qatar, dengan livery motor merah putih sesuai identitas nasional Tanah Air.


Terakhir, jaringan distribusi baik Mobil dan Federal Oil terus diperkuat. Lebih dari 40 distributor nasional dan 16 ribu bengkel independen telah terjangkau oleh mereka. Meliputi wilayah Jawa, Bali, serta Sumatera. Strategi tentunya didukung kolaborasi dua merek terkait dengan referensi aspek global dan pendekatan pasar lokal nan kuat.


federal oil moto2


Pengembangan Pompa Bensin Mini


Tidak terlalu terdengar memang informasinya. Namun bagi Anda yang agak sering berseliweran di daerah terpencil - area-area pinggir kota nan jarang SPBU -pasti pernah bertanya-tanya soal kehadiran pom bensin mini milik Mobil. Ternyata, bisnis bensin menjadi salah satu fokus pengembangan grup mereka. Terutama menyasar ke segmen rural area.


“Approach kami justru dimulai dari rural (terpencil). Karena banyak orang tak punya akses terhadap bensin berkualitas. Oleh karena itu kami bekerjasama dengan Salim Group untuk membangun projek terkait. Pompa bensin itu memang kecil saja, satu pompa dan dua nozzle,” tambah Patrick dalam sesi tanya jawab di konferensi virtual (8/4)


Setiap stasiun memang sengaja tak pernah dibuat besar. Disebabkan konsumen kebanyakan menggunakan roda dua. Meskipun, tak jarang juga angkutan kota berhenti untuk isi bahan bakar. Tak cuma pom bensin, di belakang terdapat pula Indo Station. Yang merupakan gerai penjualan oli motor Federal, tentunya lengkap dengan oli Mobil untuk roda empat.


Tempat itu pula menyediakan beberapa jasa servis ringan. Semacam untuk penggantian ban, hingga ganti aki. Hingga saat ini kurang lebih sudah tersebar 1.000 outlet pom mini. Tersebar dari Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur. Ketika disinggung soal potensi ke bisnis bahan bakar (business to consumer) dalam skala lebih besar, Patrick belum bisa memastikan. Sebab perlu mempertimbangkan dulu hasil dari model usaha yang sudah dijalankan. (Hlm/Odi)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda