Spesifikasi Yamaha Grand Filano Hybrid yang Tengah Uji Jalan di Indonesia

Yamaha Grand Filano

 

KEY TAKEAWAYS

  • Sosok skutik retro yang mudah ditebak sebagai Yamaha Grand Filano tersebar di dunia maya

    Kemungkinan besar mau dipasarkan tak lama lagi
  • Yamaha Grand Filano tertangkap kamera di daerah Purwokerto. Ia kedapatan uji jalan yang sangat mungkin pakai mesin hybrid ringan. Gambar berseliweran di jejaring sosial, terutama Facebook. Dari bentuknya sudah kelihatan dan mudah ditebak. Bergaya ala skutik retro Vespa. Sebetulnya skuter matik ini sudah mengisi market Thailand dan Vietnam. Potensi masuk Indonesia pun tergolong besar. Mari tengok lebih lanjut spesifikasi teknisnya.

    Kalau di Negeri Siam, Grand Filano dilego 63.000 bath atau sekitar Rp25,95 jutaan. Ia bukan masuk sebagai skuter Maxi (150 cc ke atas) dari Yamaha. Namun jenis Classy dengan kubikasi enjin 125 cc. Banyak produk Yamaha menggunakan pemacu di level ini seperti Gear, Mio, Soul GT, Freego dan Fino. Namun motor pakai rasio kompresi lebih tinggi 11:1. Daya maksimum tersalur 7 kW atau 9,52 PS di 8.000 rpm. Sedangkan torsi puncak diraih 9,6 Nm (0,98 kgf.m) sejak 5.500 rpm. Mereka memakai sistem starter elektrik berikut pelumasan mesin 0,80 liter.

    Lalu soal teknologi yang dibilang sebagai hybrid ringan. Sama seperti Fazzio, Grand Filano jua diberi Electric Power Assist Start. Dijanjikan akselerasi awal tetap bertenaga dan halus. Khususnya ketika membawa penumpang, barang dan jalan menanjak. Motor juga berbekal One Push Start, sehingga mesin cepat menyala dengan satu sentuhan. Tak lupa, Stop & Start System terpasang guna mematikan mesin secara otomatis saat enjin tidak digunakan. Lebih menghemat bahan bakar pastinya.

    Baca Juga: Yamaha Tes Jalan Skuter Listrik E01 di Jalur Perbukitan Thailand

     

    Yamaha Grand Filano

    Fitur lainnya berupa Advance Key System (AKS) yaitu kunci dengan remote yang memiliki fungsi ganda. Yaitu membuka penutup lubang kunci otomatis maupun membantu menemukan lokasi parkir kendaraan. Perangkat ini sangat praktis dalam mendukung kebutuhan generasi muda masa kini. Smart Lock System pun ada. Penggunaannya bisa lebih aman dan sangat praktis hanya cukup lewat satu jari.

    Anda dapat mengunci rem saat berhenti di tanjakan maupun turunan. Dukungan lain berupa Smart Side Stand Switch. Mesin tak bakal menyala bila pengendara lupa menaikan standar samping saat hendak bergerak. Varian atas di sana berbekal rem ABS, supaya tambah aman. Sedangkan Fazzio di sini belum tersedia.

    Terakhir, Y-Connect terpasang di Grand Filano. Pengendara dapat terkoneksi untuk mendapatkan update notifikasi telepon dan pesan. Terus fitur pencari lokasi parkir, juga membantu. Misal saat pergi berbelanja ke mall dengan lahan parkir luas. Kadang kita lupa posisi tepat motor diparkir. Tinggal buka smartphone (terinstal Y-Connect) yang terkoneksi ke motor, dapat membantu menemukan posisi keberadaan motor. Tunggu saja, Classy skutik ini bakal dijual di Indonesia. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Yamaha Force X, Skuter Menggemaskan yang Siap Diajak Bertualang

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Yamaha Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Motor Yamaha dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test