Yamaha Tes Jalan Skuter Listrik E01 di Jalur Perbukitan Thailand

Yamaha E01 test

 

KEY TAKEAWAYS

  • Ada tiga mode berkendara: PWR (power), STD (standard) dan ECO (Economical)

    Ketiga mode mengatur besaran tenaga yang bisa disajikan saat digunakan
  • Kapasitas baterai lebih dari dua kali lipat PCX Electric

    Wajar jika Yamaha berani mengklaim bahwa jarak tempuh di atas kertas bisa mencapai 130 km
  • Thailand jadi salah satu negara yang sudah mencoba Yamaha E01 di jalan raya. Pengetesan skutik bebas polusi itu dilakukan di jalur yang cukup ekstrem yakni di kawasan Chiang Mai, Thailand. Rute yang dilibas adalah medan bukit yang punya karakteristik menanjak dan menurun. Yamaha E01 juga disiksa di lereng curam dengan posisi berboncengan. Pengetesan unit dilakukan dalam berbagai kondisi cuaca, mulai dari terik panas hingga hujan lebat yang menyebabkan jalan basah dan licin.

    Yamaha E01 test

    Lebih lanjut dijelaskan, Yamaha E01 masih bisa digunakan secara maksimal. Hadirnya 3 tingkat mode mengemudi memudahkan pengendara untuk menentukan power mode dengan berbagai kondisi jalanan. Di bawah ini rangkuman 3 modus berkendara E01.

    • PWR (Mode Daya): untuk mengemudi yang mengeluarkan daya maksimum motor. Cocok untuk berkendara menanjak dan percepatan.
    • STD (Mode Standar): untuk berkendara yang paling umum digunakan pada kisaran kecepatan 30 hingga 80 km/jam.
    • ECO (Mode Eco): untuk berkendara jarak jauh. Kemudian menghemat konsumsi baterai dan membatasi kecepatan maksimum sekitar 60 km/jam.

    Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Yamaha E01, NMax Versi Listrik yang Bisa Dinikmati Gratis!

     

    Yamaha E01 test

    Yamaha E01 punya keunggulan soal pengisian baterai dari 0-90% hanya dalam 1 jam. Bila disetarakan, performanya sama dengan sebuah skutik 125 cc atau bertenaga 8,1 kW (10,8 dk) pada 5.000 rpm dan torsi 30,2 Nm di 19.50 rpm.

    Pabrikan mengklaim jika kecepatan puncaknya mampu digeber hingga 100 km/jam. Adapun untuk daya jangkau dengan kecepatan konstan 60 km/jam bisa berjalan hingga 104 kilometer.

    Yamaha E01 test

    Beberapa fitur teknologi canggih juga ditanam pada motor bebas polusi ini, misalnya sistem penerangan yang sudah full LED, panel meter full digital, power modes, ABS 2-channel, reverse mode, Y-connect, Traction Control System, dan yang lainnya.

    Skutik listrik Yamaha E01 yang muncul di IIMS Hybrid 2022 belum resmi dijual. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih melakukan riset dan tes konsumen di pasar domestik. Ada beberapa negara yang ditunjuk oleh prinsipal untuk melakukan Proof of Concept (PoC). Indonesia sendiri kebagian sebanyak 20 unit dan kabarnya unit E01 bisa dicoba konsumen mulai semester 2 tahun ini.

    Yamaha E01 test

    "Jadi memang kita ingin uji coba E01, mengetahui kemampuan produk ini terhadap iklim, cuaca, kebiasaan berkendara Indonesia, termasuk ketahanan baterai-nya. Makanya Yamaha Corporation bukan cuma mencobanya di negara tropis tapi juga di Eropa," kata Manager Public Relation, YRA & Community, PT YIMM, Antonius Widiantoro, belum lama ini. (Kit/Odi)

     

    Baca Juga: Kelebihan Yamaha NMax yang Patut Dipertimbangkan untuk Bepergian Jarak Jauh

    Jelajahi Yamaha E01

    Model Motor Yamaha

    Motor Yamaha
    • Yamaha Nmax
      Yamaha Nmax
    • Yamaha YZF R15
      Yamaha YZF R15
    • Yamaha Aerox 155VVA
      Yamaha Aerox 155VVA
    • Yamaha XSR 155
      Yamaha XSR 155
    • Yamaha Gear 125
      Yamaha Gear 125
    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Yamaha Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Scooter

    • Yang Akan Datang