Yamaha Force X, Skuter Menggemaskan yang Siap Diajak Bertualang

Yamaha Force X

 

KEY TAKEAWAYS

  • Force X bertubuh kompak enak untuk pemakaian dalam kota, tapi punya ground clearance tinggi

    Ditenagai mesin 125 cc SOHC injeksi, menghasilkan tenaga 8,9 dk dan torsi 9,7 Nm
  • Yamaha skuter matik baru di Tiongkok. Namanya Force X, menggabungkan skutik perkotaan dengan gaya tualang. Meski begitu, diklaim masih nyaman dipakai di jalanan aspal maupun tanah. Buat harganya, dibanderol 8.980 Yuan atau setara Rp20 jutaan.

    Untuk gaya, jelas Yamaha ingin memenuhi kebutuhan penggemar skuter tualang yang terus berkembang. Secara visual, Force X dilengkapi panel bodi dual-tone dengan sentuhan sporty. Bagian depan dibuat besar, dan di situ bersemayam headlamp tunggal yang sudah mengandalkan teknologi LED. Bagian belakang juga agak sedikit mengembung. Pakai jok model menyatu dengan struktur cukup tebal.

    Yamaha Force X

    Di bawah lampu utama ada sedikit cover yang menjorok ke depan. Mirip sepeda motor tualang Eropa yang biasa kita kenal. Cuma bedanya ini versi mini. Di atasnya ada visor yang cukup besar ukurannya. Tiap sisi kemudi juga menempel lampu sinyal belok.

    Ia mengadopsi setang ‘telanjang’ atau model terbuka seperti milik Yamaha X-Ride. Di tengahnya diisi speedometer digital. Ukuran petunjuk kondisi motor tergolong imut. Namun sudah berteknologi negative display, biasanya yang kita temui di Fazzio atau FreeGo. Bagian luarnya dibenamkan beberapa indikator.

    Baca Juga: Alasan Yamaha Fazzio Connected Cocok bagi Pengendara Wanita

     

    Yamaha Force X

    Lebih lanjut dirinya pakai model alas kaki atau dek datar. Lalu sadel one-piece yang ditingkatkan sehingga ideal untuk dikendarai dengan pembonceng. Lampu belakang dibuat sporty dengan wujud meruncing ke atas. Sepatbor di buntut juga tergolong besar. Boleh jadi model ini bersaing ketat dengan rival seperti Honda ADV 150, Lifan KPV 150, serta maxi-skuter tualang buatan Cina lainnya.

    Tidak seperti skuter komuter lain, Force X menawarkan ground clearance tinggi, ban serbaguna, dan fasia yang terlihat lebih cocok untuk sepeda motor jelajah. Namun diklaim tetap ramah bagi pengendara pemula. Sebab bobot kering hanya 92 kg dan menjadikannya salah satu skutik paling ringan di segmennya. Sama seperti skutik entry level pada umumnya, kunci konvensional dengan pengaman bermagnet, hook di tengah, ruang penyimpanan di bawah kursi, serta kantong bagasi di bawah setang dan kapasitas tangki bahan bakar 5,1 liter.

    Yamaha Force X

    Force X dibekali mesin 125 cc SOHC berpendingin udara dengan sistem injeksi bahan bakar. Bisa menghasilkan tenaga sebesar 8,9 dk di 6.500 rpm dan torsi puncaknya 9,7 Nm di 5.000 rpm. Soal konsumsi bahan bakar, motor ini diklaim sanggup hasilkan 2,2 liter per 100 km atau sekitar 45 kpl.

    Walaupun tampil dengan fitur petualangan, skutik ini tetap menggunakan perlengkapan yang sama dengan skutik jalanan biasa, kecuali ban kasar berprofil lebar. Adapun ban depan maupun belakang menggunakan diameter 10 inci dengan ukuran 100/90.

    Sementara bagian kaki-kaki, skutik ini dilengkapi sokbreker teleskopik di depan dan sokbreker tunggal di belakang. Adapun untuk pengereman dipasangkan rem cakram di depan dan rem tromol di belakang. (Bgx/Odi)

     

    Baca Juga: Yamaha X-Ride 125 2022 Tampil Beda dengan Kelir Baru

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Yamaha Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Motor Yamaha dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test