Spy Shot Honda Civic Hatchback, Perlihatkan Bokong Fastback

Honda civic hatchback

Generasi terbaru Honda Civic dipastikan tetap dalam dua format: sedan dan hatchback. Versi sedan sudah dikenalkan dalam wujud prototipe. Selanjutnya menunggu model bodi hatchback. Batang hidungnya mulai kelihatan lewat foto mata-mata. Sang hatchback terlihat sedang berkeliaran di Jepang mengenakan kamuflase tebal.

Evolusi desain Civic sudah diketahui bakal lebih dewasa. Guratannya lebih tegas dan lurus ketimbang model pendahulu yang memainkan persinggungan antara garis lurus dan melengkung. Seolah semakin menegaskan porsinya masing-masing. Hal ini pun turut diturunkan ke versi hatchback. Jika model berbokong ‘tepos’ sebelumnya melantangkan kesan sporty dengan pasti, niscaya kini tampil lebih kalem.

Agresivitas berkurang lantaran lampu berbentuk bumerang dengan penghubung bak spoiler tidak lagi diadopsi. Dipastikan fasad tak berbeda dengan sedan. Kendati begitu, nuansa atletis pun tidak sontak luntur. Eksekusinya lebih subtil dengan pahatan ekor itik terintegrasi di bibir bagasi. Honda masih lumayan tertutup soal rancangan bokong hatchback. Tapi setidaknya, dari gambar paten yang lebih dulu bocor diketahui ia mengadopsi lampu belakang horizontal. Komposisinya tetap tersambung lewat ornamen light strip – mungkin fungsional, mungkin juga tidak.

Baca Juga: Kemungkinan Menggantikan Honda Jazz, Ini Prediksi Spesifikasi City Hatchback

Honda civic hatch

Bagian atap semakin rancu mendefinisikan Civic hatchback sebagai sebuah hatchback atau malah fastback. Garis kepala melandai lembut hingga ke ujung bagasi. Tidak menekuk terlalu tajam sehingga tampaknya lebih cocok bila disebut sebagai fastback. Mungkin pada akhirnya tergantung persepsi masing-masing. Namun eksekusinya boleh dibilang lebih manis lantaran bila mengacu gambar paten, lengkung garis jendela justru disejajarkan garis atap. Selaras, tidak terkesan menabrak sekaligus sedikit bernuansa ala Ford Mustang Mach-E.

Nilai sporty nan agresif kemudian ditunjukan lewat bagian mendetail. Contoh di buritan, versi uji coba memiliki dual exhaust tip bersudut. Boleh jadi menunjukkan varian performa Si, mungkin juga tidak. Atau, bisa saja menjadi bagian penyesuaian. Pasalnya di versi gambar, area bawah bumper hanya ditempelkan strip trim penghias tanpa lubang knalpot. Di samping itu, kuda-kudanya tampak disudahi pelek 19 inci berkelir hitam serupa versi prototipe.

Selain bokong melandai dan segala detail di balik kamuflase, beberapa area lain dipercaya mengikuti arahan sedan. Misal fasad depan, memiliki kesan simpel lewat komposisi dahi dan alis terintegrasi bodi. Tidak menjadi elemen grille terpisah seperti di generasi kesepuluh. Matanya sedikit melotot namun kesan atletis masih ditunjukan lewat bukaan apron lebar berikut ornamen di sudut terluar bumper.

Baca Juga: Mobil Kota Mungil Honda N-ONE Mulai Dijual di Jepang

Honda civic hatchback 2021

Juga dipastikan kabinnya identik. Rombakan besar membuatnya semakin kalem dan membawa kembali aura model klasik dengan interpretasi modern. Komposisi simetris dan mengutamakan garis horizontal mirip eksekusi para pendahulu sampai generasi keempat. Terdapat penyesuaian detail lewat aksen jaring honeycomb untuk menyembunyikan kisi AC. Semakin rapi.

Tertanam pula dasbor full digital untuk kali pertama dalam keluarga Civic. Adalah monitor untuk menampilkan instrumentasi berikut sarana hiburan berbentuk tablet 9 inci full HD di atas dasbor.

Satu hal yang disorot Honda saat merilis Civic Prototype adalah fitur keselamatan. Dikabarkan sang nameplate tertua pabrikan akan membawa beberapa sistem perlindungan aktif dan pasif anyar. Contoh suntikkan teknologi asistensi berkendara Honda Sensing dengan pengembangan lebih lanjut. Disebutkan pula memiliki desain airbag baru. Di samping itu, ia menganut kerangkeng struktur Advanced Compatibility Engineering (ACE) dengan penyempurnaan proteksi penumpang dan pejalan kaki. Tak hanya proteksi, diklaim turut berkontribusi pada kualitas berkendara.

Hingga saat ini belum ada informasi dan detail spesifikasi tentang jenis pemacu. Ekspektasinya tidak jauh dari unit kompak dibarengi sokongan pemadat udara. Seperti pada model eksis, memanfaatkan enjin 1,5 liter turbo untuk lontaran daya 173 PS dan torsi 220 Nm. Minimal diharapkan ada peningkatan potensi.

Debut Honda Civic akan diawali pada akhir musim semi 2021, atau sekitar akhir semester pertama, sebagai model 2022. Dibuka oleh sedan kemudian disusul hatchback, model performa Si, dan si buas Type R. (Krm/Odi)

Sumber: Civicxi

Baca Juga: Prototipe Honda Civic Generasi Baru Resmi Diungkap

Jelajahi Honda Civic Hatchback

Model Mobil Honda

Mobil Honda
  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda Civic
    Honda Civic
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Honda Unggulan

  • Yang Akan Datang