Suzuki Bakal Meluncurkan Mobil Listrik Pertama pada 2025

suzuki logo

Kata elektrifikasi terdengar agak jauh dari Suzuki. Sampai sekarang seperti belum beranjak menuju era baru itu. Memang sudah punya teknologi hybrid, tapi sebatas sistem ringan untuk penambah efisiensi. Sementara perjalanan menuju zaman setrum jarang sekali tercium langkahnya. Namun ternyata anggapan itu salah. Mereka siap mengenalkan mobil listrik pertama tidak terlalu lama lagi.

Diwartakan Nikkei, Suzuki mulai masuk ke pasar mobil listrik mulai 2025. India bakal menjadi negara tempat debut mobil pelopor. Menyusul kemudian pasar Jepang dan Eropa. Belum diketahui pasti mobil apa yang akan dikenalkan saat itu. Kabarnya sebuah model kompak tengah digarap dengan taksiran harga sekitar 1,5 juta yen (Rp198 jutaan). Bahkan sudah mendapat subsidi dari pemerintah.

India adalah pangsa pasar yang sangat besar bagi Maruti Suzuki (lebih dari 50%). Makanya punya pusat pengembangan dan perakitan sendiri di sana. Dalam skala global, masuk terbesar ke-5 secara keseluruhan dengan penjualan tahunan rata-rata 3 juta unit. Meski sedang lesu belakangan ini, pemerintahnya pun tetap serius terhadap perkembangan mobil listrik. Ditargetkan 30 persen mobil listrik terjual pada 2030. Agar mencapai itu, pemerintah berani memberikan insentif senilai 100 miliar rupee (Rp19 miliar). Supaya konsumen mau beralih.

Baca Juga: Suzuki XL7 dan Karimun Wagon R Makin Laku di Pasar Mancanegara

suzuki wagon r EV

Suzuki pernah menyatakan investasi sebesar 1 triliun yen (Rp130 triliun) sampai Maret 2026. Dipakai untuk penelitian dan pengembangan seputar elektrifikasi otomotif. Termasuk juga peralihan menuju jenjang listrik sepenuhnya melalui teknologi hibrida yang sudah lama dijual di India.

Belum lagi rencana pabrik baterai yang sedang dalam proses pembangunan. Bersama produsen komponen Denso dan Toshiba, pabri yang berlokasinya di Gujarat direncanakan mulai beroperasi September mendatang. Nantinya akan membuat baterai lithium-ion untuk model hybrid, dan diharapkan mampu menekan harga mobil listrik Suzuki agar tetap kompetitif.

Jenis mobil yang bakal menjadi EV pertama Suzuki masih tanda tanya. Belum ada bocoran sedikit mengenai ini. Namun prinsipal kami di India meyakini sebuah mobil kompak seukuran Wagon R. Atau mungkin sekali hadir sebagai versi listrik mobil imut itu. Sebab unit tes sudah sempat kepergok beberapa kali kala uji jalan. Foto dari Gaadiwaadi memperlihatkan unit tanpa kamuflase berat lagi berkeliaran. Wujudnya persis seperti Wagon R versi India, tapi punya ciri khas mobil listrik di wajahnya.

Maruti Suzuki sendiri mengakui, infrastruktur yang masih minim adalah hambatan utama dalam memasuki gerbang elektrifikasi. Meski begitu, rencana mereka harus berjalan karena sudah cukup terlambat. Karena rival pabrikan India lain juga dalam ancang-ancang mengeluarkan line-up elektrik. Tata berencana meluncurkan 10 mobil pada 2025 dan Mahindra menyiapkan 6 mobil hingga 2026. (Odi)

Sumber: Nikkei, Gaadiwaadi

Baca Juga: Suzuki Jimny Komersial Mulai Dijual di Inggris

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Suzuki Unggulan

  • Yang Akan Datang