Suzuki GS150 Gaya Thunder Jadul Ini Dijual Rp18 Jutaan

Suzuki GS150

 

KEY TAKEAWAYS

  • Suzuki GS150 dijual di Pakistan berbarengan Thunder 125 di Indonesia

    Sampai saat ini masih dipasarkan karena permintaannya tetap tinggi
  • Kilas balik era 2000-an. Suzuki Indonesia pernah merilis motor jenis sport touring dengan kubikasi kecil 125 cc bernama Thunder. Ia lumayan banyak diterima khalayak lantaran waktu itu desain kendaraan tergolong trendi dan harga terjangkau. Nah, di Pakistan, GS150 mengisi market sana dengan desain jadul. Seolah menjadi titisan si Geledek. Unit dilego mulai PKR 350,000 atau setara Rp18,21 jutaan. 

    Asal tahu, ia bukan merupakan motor baru. Kiprah penjualan dimulai hampir berbarengan dengan Thunder 125 di Indonesia. Namun di Negeri Seribu Cahaya, motor jenis ini tetap digemari. Mungkin karena bentang alam dan fungsionalitas di sana. Lantas apa bedanya? Suzuki GS150 memiliki rancangan lebih klasik. Terus, meskipun bentuk mesin agak mirip, namun kubikasi ruang bakar lebih besar. 

    Rangka tubular Suzuki GS150 tampak menonjol. Malah menurut pandangan pribadi, ia mirip dengan Yamaha RX King. Lihat saja, bagian rumah sorot depan membulat, ditemani dial kromium dan sepasang lampu sein. Pencahayaan pakai bohlam halogen. Lalu bagian tangki bensin dibentuk agak bulat dan di samping dibuat rata. Spion mendongak juga kotak, seperti motor 1980-an. 

    Baca Juga: Suzuki Umumkan Recall Satria, GSX 150 dan Address

    Pembedanya lagi dengan Suzuki Thunder 125. Ia tidak memiliki bodi plastik di belakang. Di bawah jok dibiarkan telanjang. Speedometer juga klasik. Menggunakan jarum penunjuk analog buat speedometer dan tachometer. Kelengkapan lain cenderung minimalis. Tidak ada fitur canggih seperti motor sekarang. Namun, GS150 tetap dibekali katengkas secara penuh. Selain menjaga keawetan rantai, juga membuat aman penumpang. Tanpa takut kain nyangkut. 

    Suzuki GS150

    Spec

    Overall Length (mm)

    2.005

    Overall width (mm)

    785

    Overall height (mm)

    1.065

    Wheelbase (mm)

    1.280

    Gound clearance (mm)

    155

    Dry weight (kg)

    114

    Wheel type

    Steel

    Fuel Tank Capacity

    12 L

    Seating Capacity

    2 Persons

    Transmission

    5-Speed Constant Mesh

    Front brake

    Drum

    Rear brake

    Drum

    Suspension front

    Telescopic, Coil Spring, Oil Damped

    Suspension rear

    Swing-Arm, Coil Spring, Oil Damped

    Tire front

    2,75 -18 (6 Ply)

    Tire rear

    3,0 -18 (6 Ply)

    Di baling rangka, terpasang mesin 150 cc 4 stroke, air cooled. Ia menganut OHC yang merupakan rangkaian katup, memanfaatkan camshaft di kepala silinder. Yakni supaya katup bisa tertekan. Tidak ada sistem melalui pushrod. Silinder tunggal hanya memiliki satu camshaft dan dua katup. 

    Lanjut ukuran bore 57,0 mm dan stroke 56,8 mm berikut rasio kompresi 9,2:1. Standar emisi gas buang masih Euro 2. Jadi tak masalah minum bensin oktan rendah. Ia sudah menggunakan electric dan kick starter system. Namun berapa keluaran tenaga maupun torsi tidak dicantumkan Suzuki Pakistan. Yang pasti, sistem penyaluran tenaga pakai manual lima percepatan. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Suzuki Rilis Skutik Retro Bernama Sui 125, Harga Rp28 Jutaan

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Suzuki Unggulan

    Artikel Motor Suzuki dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Stok Suzuki Satria F150 di Diler Kosong, Model Baru Mau Meluncur?
      Stok Suzuki Satria F150 di Diler Kosong, Model Baru Mau Meluncur?
      Anjar Leksana . 18 Sep, 2025
    • Ini Alasan Diler Sepeda Motor Indo SunMotor Gemilang Suzuki Bisa Bertahan
      Ini Alasan Diler Sepeda Motor Indo SunMotor Gemilang Suzuki Bisa Bertahan
      Anjar Leksana . 17 Sep, 2025
    • Suzuki Access 125 Berpeluang Besar Mengaspal di Pasar Skutik Indonesia
      Suzuki Access 125 Berpeluang Besar Mengaspal di Pasar Skutik Indonesia
      Anjar Leksana . 08 Sep, 2025
    • Suzuki Gelar Program Product Quality Update untuk Gixxer 250SF
      Suzuki Gelar Program Product Quality Update untuk Gixxer 250SF
      Zenuar Yoga . 19 Agu, 2025
    • Suzuki Sedang Siapkan New Smash Facelift Model Year 2026
      Suzuki Sedang Siapkan New Smash Facelift Model Year 2026
      Anjar Leksana . 15 Agu, 2025
    • New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
      New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
      Zenuar Yoga . 21 Agu, 2025
    • Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
      Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
      Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
    • Harga Beda Tipis, Pilih Suzuki Address Playful atau Yamaha Gear Ultima Hybrid S?
      Harga Beda Tipis, Pilih Suzuki Address Playful atau Yamaha Gear Ultima Hybrid S?
      Zenuar Yoga . 10 Apr, 2025
    • Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
      Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
      Zenuar Yoga . 07 Jun, 2024
    • Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
      Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
      Zenuar Yoga . 12 Feb, 2024
    • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
      Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
      Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
    • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
      First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
      Anjar Leksana . 01 Feb, 2024
    • First Ride Suzuki Avenis 125: Cari Potensi di Balik Tampilan yang Nyeleneh
      First Ride Suzuki Avenis 125: Cari Potensi di Balik Tampilan yang Nyeleneh
      Bangkit Jaya Putra . 31 Okt, 2022
    • Road Test Suzuki Hayabusa: Menjawab Ekspektasi Fanatis yang Skeptis
      Road Test Suzuki Hayabusa: Menjawab Ekspektasi Fanatis yang Skeptis
      Ivan Hermawan . 27 Jul, 2021
    • Test Ride Suzuki Nex Crossover: Tenaga Responsif, Cocok Buat Touring Jarak Dekat
      Test Ride Suzuki Nex Crossover: Tenaga Responsif, Cocok Buat Touring Jarak Dekat
      Zenuar Yoga . 18 Mar, 2021