Suzuki GS150 Gaya Thunder Jadul Ini Dijual Rp18 Jutaan

Suzuki GS150

 

KEY TAKEAWAYS

  • Suzuki GS150 dijual di Pakistan berbarengan Thunder 125 di Indonesia

    Sampai saat ini masih dipasarkan karena permintaannya tetap tinggi
  • Kilas balik era 2000-an. Suzuki Indonesia pernah merilis motor jenis sport touring dengan kubikasi kecil 125 cc bernama Thunder. Ia lumayan banyak diterima khalayak lantaran waktu itu desain kendaraan tergolong trendi dan harga terjangkau. Nah, di Pakistan, GS150 mengisi market sana dengan desain jadul. Seolah menjadi titisan si Geledek. Unit dilego mulai PKR 350,000 atau setara Rp18,21 jutaan. 

    Asal tahu, ia bukan merupakan motor baru. Kiprah penjualan dimulai hampir berbarengan dengan Thunder 125 di Indonesia. Namun di Negeri Seribu Cahaya, motor jenis ini tetap digemari. Mungkin karena bentang alam dan fungsionalitas di sana. Lantas apa bedanya? Suzuki GS150 memiliki rancangan lebih klasik. Terus, meskipun bentuk mesin agak mirip, namun kubikasi ruang bakar lebih besar. 

    Rangka tubular Suzuki GS150 tampak menonjol. Malah menurut pandangan pribadi, ia mirip dengan Yamaha RX King. Lihat saja, bagian rumah sorot depan membulat, ditemani dial kromium dan sepasang lampu sein. Pencahayaan pakai bohlam halogen. Lalu bagian tangki bensin dibentuk agak bulat dan di samping dibuat rata. Spion mendongak juga kotak, seperti motor 1980-an. 

    Baca Juga: Suzuki Umumkan Recall Satria, GSX 150 dan Address

    Pembedanya lagi dengan Suzuki Thunder 125. Ia tidak memiliki bodi plastik di belakang. Di bawah jok dibiarkan telanjang. Speedometer juga klasik. Menggunakan jarum penunjuk analog buat speedometer dan tachometer. Kelengkapan lain cenderung minimalis. Tidak ada fitur canggih seperti motor sekarang. Namun, GS150 tetap dibekali katengkas secara penuh. Selain menjaga keawetan rantai, juga membuat aman penumpang. Tanpa takut kain nyangkut. 

    Suzuki GS150

    Spec

    Overall Length (mm)

    2.005

    Overall width (mm)

    785

    Overall height (mm)

    1.065

    Wheelbase (mm)

    1.280

    Gound clearance (mm)

    155

    Dry weight (kg)

    114

    Wheel type

    Steel

    Fuel Tank Capacity

    12 L

    Seating Capacity

    2 Persons

    Transmission

    5-Speed Constant Mesh

    Front brake

    Drum

    Rear brake

    Drum

    Suspension front

    Telescopic, Coil Spring, Oil Damped

    Suspension rear

    Swing-Arm, Coil Spring, Oil Damped

    Tire front

    2,75 -18 (6 Ply)

    Tire rear

    3,0 -18 (6 Ply)

    Di baling rangka, terpasang mesin 150 cc 4 stroke, air cooled. Ia menganut OHC yang merupakan rangkaian katup, memanfaatkan camshaft di kepala silinder. Yakni supaya katup bisa tertekan. Tidak ada sistem melalui pushrod. Silinder tunggal hanya memiliki satu camshaft dan dua katup. 

    Lanjut ukuran bore 57,0 mm dan stroke 56,8 mm berikut rasio kompresi 9,2:1. Standar emisi gas buang masih Euro 2. Jadi tak masalah minum bensin oktan rendah. Ia sudah menggunakan electric dan kick starter system. Namun berapa keluaran tenaga maupun torsi tidak dicantumkan Suzuki Pakistan. Yang pasti, sistem penyaluran tenaga pakai manual lima percepatan. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Suzuki Rilis Skutik Retro Bernama Sui 125, Harga Rp28 Jutaan

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Suzuki Unggulan

    Artikel Motor Suzuki dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Detail Lengkap Suzuki Satria Pro dan F150 Terbaru
      Detail Lengkap Suzuki Satria Pro dan F150 Terbaru
      Zenuar Yoga . 10 Nov, 2025
    • Detail Lengkap Suzuki Satria Pro dan F150 Terbaru
      Detail Lengkap Suzuki Satria Pro dan F150 Terbaru
      Zenuar Yoga . 10 Nov, 2025
    • Suzuki Luncurkan Satria Pro 2025, Punya Fitur Canggih dan Teknologi Terkini di Kelas Underbone 150cc
      Suzuki Luncurkan Satria Pro 2025, Punya Fitur Canggih dan Teknologi Terkini di Kelas Underbone 150cc
      Zenuar Yoga . 08 Nov, 2025
    • Suzuki Pamerkan Konsep e-VanVan Listrik di Japan Mobility Show 2026
      Suzuki Pamerkan Konsep e-VanVan Listrik di Japan Mobility Show 2026
      Zenuar Yoga . 21 Okt, 2025
    • Suzuki Bawa Kembali Burgman Hydrogen ke JMS 2025, Siap Tunjukkan Teknologi Hidrogen Terbaru
      Suzuki Bawa Kembali Burgman Hydrogen ke JMS 2025, Siap Tunjukkan Teknologi Hidrogen Terbaru
      Zenuar Yoga . 17 Okt, 2025
    • Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
      Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
      Zenuar Yoga . 14 Nov, 2025
    • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
      Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
      Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
    • Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
      Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
      Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
    • New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
      New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
      Zenuar Yoga . 21 Agu, 2025
    • Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
      Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
      Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
    • First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
      First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
      Zenuar Yoga . 10 Nov, 2025
    • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
      Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
      Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
    • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
      First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
      Anjar Leksana . 01 Feb, 2024
    • First Ride Suzuki Avenis 125: Cari Potensi di Balik Tampilan yang Nyeleneh
      First Ride Suzuki Avenis 125: Cari Potensi di Balik Tampilan yang Nyeleneh
      Bangkit Jaya Putra . 31 Okt, 2022
    • Road Test Suzuki Hayabusa: Menjawab Ekspektasi Fanatis yang Skeptis
      Road Test Suzuki Hayabusa: Menjawab Ekspektasi Fanatis yang Skeptis
      Ivan Hermawan . 27 Jul, 2021