Suzuki-Toyota Kerja Bareng Ciptakan SUV untuk Lawan Hyundai Creta dan Kia Seltos

SUV Toyota-Suzuki

 

KEY TAKEAWAYS

  • SUV anyar ini akan dibangun memakai platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture)

    Kemungkinan akan diberi pilihan dua mesin bensin berteknologi hybrid
  • Sesuai perjanjian global. Suzuki dan Toyota sepakat membuat proyek ambisius dalam menciptakan kendaraan baru. Salah satunya jenis SUV lantaran potensinya terus berkembang. Foto mobilnya pun tertangkap kamera di dekat pabrik Toyota di Bangalore, India. Kemungkinan ia menjelma dalam bentuk produksi pada sekitar Juni-Juli 2022. Model baru ini ditujukan untuk menggeser pemimpin segmen Hyundai Creta dan Kia Seltos dari posisi teratas di sana.

    Maruti Suzuki secara internal menamai SUV ini pakai kode YFG. Sedangkan versi Toyota diberi kode D22. Kedua SUV bakal dijual terpisah dengan branding masing-masing. Mobil akan ditenagai oleh mesin sama, dibangun di atas platform serupa. Tetapi sangat berbeda dalam hal desain, sebagai cerminan tiap merek. Mereka juga bakal menjadi rival bagi VW Taigun dan Skoda Kushaq di Negeri Bharata.

    Untuk genre kendaraan. Sang SUV kemungkinan akan datang dengan pilihan dua mesin bensin berteknologi hybrid. Yang pertama mild-hybrid lalu opsi kedua full hybrid. Diharapkan sanggup menghasilkan tenaga besar dan efisiensi bahan bakar kian baik. Transmisi manual maupun otomatis bakal ditawarkan.

    Baca Juga: SUV Baru Hasil Kolaborasi Toyota dan Suzuki Tertangkap Kamera untuk Pertama Kalinya

     

    Sama Tapi Berbeda

    Maruti Suzuki - Toyota

    Dalam hal bentuk, SUV Maruti Suzuki diprediksi memiliki gril yang lebih besar dari Toyota. Desain bumper juga berbeda. Sedangkan punya Toyota terdapat asupan udara jembar di sekitar bumper. Namun keduanya memiliki pendar cahaya DRL LED yang dipasang tinggi dengan lampu depan di bawah. Lantas penggunaan pelek bakal memiliki desain dan finishing berbeda sebagai diferensiasi kendaraan.

    Maruti dan Toyota berusaha sekuat tenaga untuk merebut pasar segmen SUV kompak. Asal tahu, Suzuki Baleno dan Toyota Glanza yang baru-baru ini diluncurkan, terbilang sukses. Perusahaan sepertinya banyak berharap kepada kedua SUV ini juga. Beberapa perlengkapan di YGF maupun D22 diperkirakan tak kalah canggih dari rival. Isinya mencakup head-up display, connected technology, layar sentuh besar, panoramic sunroof, kursi berpendingin dan banyak lagi.

    Upaya kedua perusahaan melakukan kolaborasi dalam menciptakan mobil baru amat serius di segmen Compact SUV. Maruti Suzuki-Toyota bertaruh besar pada SUV mereka untuk memberikan pertarungan kuat terhadap si kembar Korea. Meskipun tidak memiliki opsi jantung pacu diesel. Alasan tidak akan ada mesin penenggak solar yang ditawarkan. Karena kedua pabrikan memiliki keyakinan bahwa sistem hybrid adalah masa depan. Tidak hanya membuat kendaraan mereka sangat efisien. Tapi juga memberikan gas buang lebih sedikit dan dibilang bakal semakin responsif dalam berkendara. Nantikan pembaruan informasi selanjutnya. (Alx/Odi)

     

    Sumber: Rushlane

    Baca Juga: New Suzuki Baleno 2022 di Afrika Selatan Akan Pakai Mesin K15B 1,5-liter

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Toyota Unggulan

    • Yang Akan Datang