Suzuki V-Strom SX 250 Siap Tarung Lawan Honda CRF250 dan KTM250 Adventure

Suzuki V-Strom SX 250

 

KEY TAKEAWAYS

  • Suzuki V-Strom SX 250 bisa jadi lawan sepadan Honda CRF250L

    Mesinnya pakai punya Gixxer SF 250, bertenaga 26,1 daya kuda dan torsi 22,6 Nm
  • Suzuki Motorcycle India merilis motor tualang seperempat liter V-Strom 250 varian SX. Tongkrongannya terinspirasi dari sang kakak, V-Strom 650 yang menawarkan gaya berkendara rileks dan desain tangguh. Dijual dengan harga 2.778 Dolar Amerika atau setara Rp39,8 juta. Sebelumnya pada 2019 Suzuki sudah meluncur V-Strom 250 yang jadi model entry level dari keluarga V-Strom 1.050 cc, 1.000 cc, 650 cc. Kini muncul SX 250.

     

    Desainnya kental dengan nuansa motor petualang. Bisa dilihat dari bentuk depan yang mengaplikasikan sepatbor tambahan berbentuk paruh bebek. Kemudian ada juga sepatbor utama di bawah dengan warna kontras hitam sehingga visualnya terlihat makin garang.

    Suzuki V-Strom SX 250

    Suspensi depan pakai model teleskopik. Namun agar DNA adventure makin terpancar, pabrikan sengaja menggunakan travel yang panjang. Sementara di belakang menggunakan model monoshock dengan pengaturan tingkat kekerasan.

    Layaknya motor petualang yang lain, di bagian samping menggunakan komponen shroud. Tapi bedanya di motor ini pakai model sedikit meruncing ke bawah. Sementara pada sektor buritan terdapat komponen behel yang cukup besar, pemilik dapat memanfaatkannya juga sebagai dudukan top box.

    Baca Juga: Impresi Pertama Suzuki Gixxer SF 250

     

    Suzuki V-Strom SX 250

    Sementara kedua pelek pakai model cast wheel alias racing. Berukuran belang, 19 inci di depan dan 17 inci di belakang. Adapun untuk ukuran ban pakai profil 100/90 dan 140/70.

    Mesin Suzuki V-Strom SX 250 ternyata sama seperti dipakai Gixxer SF 250. Kubikasinya 249 cc, SOHC, 1-silinder, 4-katup, 4-tak, pendingin oli, dan sudah berpengabut injeksi. Klaim pabrikan dengan penggunaan jantung pacu itu mampu menghasilkan tenaga maksimal sampai 26,1 daya kuda pada 9.300 rpm dan torsi puncak 22,6 Nm di putaran mesin 7.500 rpm. Output tersebut disalurkan lewat transmisi manual kopling 6-percepatan.

    Suzuki V-Strom SX 250

    Dimensi terbilang kompak. Panjangnya 2.180 mm, lebar 880 mm, dan tinggi 1.335 mm. Sementara  jarak sumbu roda bermain di 1.440 mm, ground clearance 205 mm, tinggi jok 835 mm, dan berat total kendaraan di 167 kg. Untuk menemani aktivitas harian atau diajak blusukan, Suzuki V-Strom SX 250 mampu menenggak bensin sampai 12 liter. 

    Fitur terbilang lengkap. Pakai lampu depan berteknologi LED, panel meter full digital yang berisikan informasi penting kendaraan, USB Port, dan penggunaan windscreen yang cukup tinggi. Tapi sayang tak ada informasi resmi apakah komponen penghalau angin itu bisa diatur tinggi rendahnya. Guna menambah keasyikan berkendara sudah terpasang peranti konektivitas gawai atau yang dinamakan Suzuki Ride Connect. Nanti pemilik bisa melakukan pairing antara smartphone dengan motor untuk menikmati beberapa fitur yang disajikan.

    Adapun untuk fitur keselamatan sudah tersemat teknologi pengereman ABS (Anti-lock Braking System) 2 kanal. Artinya roda depan dan belakang akan terhindar dari potensi terkunci ketika pengendara melakukan deselerasi keras. (Kit/Odi)

     

    Baca Juga: Suzuki Avenis 125 Meluncur di India, Skutik Murah Punya Fitur Navigasi

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Suzuki Unggulan

    Artikel Motor Suzuki dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Detail Lengkap Suzuki Satria Pro dan F150 Terbaru
      Detail Lengkap Suzuki Satria Pro dan F150 Terbaru
      Zenuar Yoga . 10 Nov, 2025
    • Detail Lengkap Suzuki Satria Pro dan F150 Terbaru
      Detail Lengkap Suzuki Satria Pro dan F150 Terbaru
      Zenuar Yoga . 10 Nov, 2025
    • Suzuki Luncurkan Satria Pro 2025, Punya Fitur Canggih dan Teknologi Terkini di Kelas Underbone 150cc
      Suzuki Luncurkan Satria Pro 2025, Punya Fitur Canggih dan Teknologi Terkini di Kelas Underbone 150cc
      Zenuar Yoga . 08 Nov, 2025
    • Suzuki Pamerkan Konsep e-VanVan Listrik di Japan Mobility Show 2026
      Suzuki Pamerkan Konsep e-VanVan Listrik di Japan Mobility Show 2026
      Zenuar Yoga . 21 Okt, 2025
    • Suzuki Bawa Kembali Burgman Hydrogen ke JMS 2025, Siap Tunjukkan Teknologi Hidrogen Terbaru
      Suzuki Bawa Kembali Burgman Hydrogen ke JMS 2025, Siap Tunjukkan Teknologi Hidrogen Terbaru
      Zenuar Yoga . 17 Okt, 2025
    • Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
      Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
      Zenuar Yoga . 14 Nov, 2025
    • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
      Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
      Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
    • Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
      Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
      Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
    • New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
      New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
      Zenuar Yoga . 21 Agu, 2025
    • Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
      Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
      Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
    • First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
      First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
      Zenuar Yoga . 10 Nov, 2025
    • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
      Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
      Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
    • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
      First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
      Anjar Leksana . 01 Feb, 2024
    • First Ride Suzuki Avenis 125: Cari Potensi di Balik Tampilan yang Nyeleneh
      First Ride Suzuki Avenis 125: Cari Potensi di Balik Tampilan yang Nyeleneh
      Bangkit Jaya Putra . 31 Okt, 2022
    • Road Test Suzuki Hayabusa: Menjawab Ekspektasi Fanatis yang Skeptis
      Road Test Suzuki Hayabusa: Menjawab Ekspektasi Fanatis yang Skeptis
      Ivan Hermawan . 27 Jul, 2021