Mejeng di GIIAS 2021, Begini Impresi Pertama Suzuki Gixxer SF 250

Suzuki Gixxer SF 250

Suzuki Gixxer SF 250 meluncur sebelum GIIAS 2021. Momen palagan pun dijadikan arena perkenalan lebih dekat ke publik. Kami pun berkesempatan mengekplorasi lebih dekat motor sport silinder tunggal ini. Memang kontradiktif dengan para kompetitor. Hampir semua lebih yakin dengan mesin 2-silinder, bahkan sudah ada yang beralih ke 4-silinder.

Terburu-buru meluncurkan atau memang sesuai dengan riset pasar? Kami akan coba bedah modal yang dimiliki Gixxer SF 250, lengkap mulai dari spesifikasi, fitur, dan range harga yang ditawarkan.

 

Desain

Suzuki Gixxer SF 250

Sebagai motor sport touring, kental aura sporty balapnya. Desain fasad memiliki siluet Suzuki GSXR 600. Bisa dilihat dari bentuk lampu depan yang terlihat sipit dan agresif. Namun jujur saja, desain dan dimensi windshield terbilang pendek dan mengurangi estetika visualnya.

Bergeser ke samping, Gixxer SF 250 punya bentuk fairing aerodinamis. Sepintas ada kemiripan dengan Kawasaki Ninja 250 karburator. Sementara di belakang pakai model lampu stop minimalis. Nah, karena posisinya sebagai sport touring, ditambah behel tanduk untuk pegangan tangan pembonceng maupun memudahkan pengendara ketika menggeser posisi.

Secara keseluruhan, tampilan motor ini tak berbeda dengan unit yang diniagakan di India. Bahkan masih terpasang komponen mudguard (sepatbor) yang boleh dibilang mayoritas konsumen Indonesia kurang menyukainya.

 

Dimensi

Suzuki Gixxer SF 250 design

Secara umum, Suzuki Gixxer SF 250 punya bentuk tubuh kompak. Panjangnya 2.010 mm, lebar 740 mm, tinggi 1.035 mm, ground clearance 165 mm. Sementara bobot 161 kilogram plus volume tangki BBM mencapai 15 liter. Bobotnya selisih lebih berat 10 kilogram dari rival terdekat, Kawasaki Ninja 250 SL. Sementara jika membandingkan dengan KTM RC 250, motor Suzuki tersebut masih terhitung berat, selisihnya mencapai 14 kilogram.

Baca Juga: Livery Istimewa Suzuki GSX-R1000R Hanya Rilis di Jepang

 

Spesifikasi Mesin

Suzuki Gixxer SF 250 engine

Suzuki Gixxer SF 250 dibekali enjin berkubikasi 249 cc, SOHC, 1-silinder, 4-katup, 4-tak, pendingin oli, dan sudah berpengabut injeksi. Klaim pabrikan, dengan penggunaan jantung pacu itu mampu menghasilkan tenaga maksimal sampai 25,6 PS pada 9.000 rpm dan torsi puncak 22,6 Nm di putaran mesin 7.500 rpm. Output disalurkan lewat transmisi manual kopling 6-percepatan.

Selain mengusung mesin 1-silinder, motor ini juga masih menggunakan tipe mesin SOHC. Padahal sekelas motor bebek Suzuki FU150 dan GSX-R150 sudah didukung DOHC yang diklaim lebih cocok untuk DNA sport dan punya kerapatan tinggi untuk high performance engine. Gixxer juga tak dibekali sistem pendinginan radiator. Namun pabrikan menggantinya dengan pendingin oli atau yang mereka sebut sebagai Suzuki Oil Cooling System (SOCS).

Dengan teknologi ini diklaim memberikan impresi performa dan durabilitas tinggi. Teknologi SOCS membuat total bobot mesin menjadi lebih ringan, sehingga berpengaruh pada kemampuan manuver di kecepatan tinggi.

 

Konstruksi Kaki-kaki

Suzuki Gixxer SF 250

Lantas bagaimana kaki-kakinya? Gixxer SF 250 dibekali suspensi depan berjenis teleskopik dan ban ukuran 110/70 ring 17. Sementara di belakang menggunakan suspensi tunggal-swing arm dengan profil 150/60 ring 17. Penggunaan kaki-kaki yang umum untuk motor sport 250 cc. Tak terbilang istimewa, namun rasanya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pemiliknya.

 

Kelengkapan Fitur

Suzuki Gixxer SF 250

Dari segi fitur, Gixxer SF 250 sudah dibenamkan penerangan LED di depan, dan LED di lampu belakang. Namun untuk penanda sein, sayangnya masih menggunakan bohlam konvensional. Sementara di kokpit, sudah dilengkapi panel meter full digital yang berisikan informasi penting soal kendaraan. Mulai dari speedometer, tachometer, posisi gigi, indikator fitur, indikator lampu, dan sebagainya. Teknologi ABS sudah terintegrasi pada seluruh roda yang membuatnya punya daya jual lebih soal peranti keselamatan.

 

Harga

Suzuki Gixxer SF 250

Suzuki Gixxer SF 250 dijual dalam status CBU (Completely Built Up) atau diimpor langsung dari India. Banderolnya tercatat Rp49,3 juta OTR. Masih lebih murah dari harga yang ditawarkan di Thailand yang dilego sekitar Rp59 sampai Rp60 jutaan. Sementara jika dibandingkan Kawasaki Ninja 250 SL, Gixxer lebih mahal Rp13,4 juta. (Kit/Odi)

 

Baca Juga: Suzuki Gixxer 250 SF Resmi Dijual di Indonesia Seharga Rp49,3 Juta

Jelajahi Suzuki Gixxer SF 250

Model Motor Suzuki

Motor Suzuki
  • Suzuki GSX R150
    Suzuki GSX R150
  • Suzuki Satria F150
    Suzuki Satria F150
  • Suzuki Address
    Suzuki Address
  • Suzuki GSX 150 Bandit
    Suzuki GSX 150 Bandit
  • Suzuki Gixxer SF 250
    Suzuki Gixxer SF 250
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Suzuki Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Sport

  • Yang Akan Datang