Test Drive All New Hyundai Santa Fe ke Kamojang, Bisa Seirit Ini

test drive All New Santa Fe

Hyundai Indonesia (HMD) menggelar media drive All New Santa Fe series. Perjalanan dimulai dari daerah Padalarang menuju Kawah Kamojang Garut, Jawa Barat. Jalanan dilewati relatif beragam. Mulai dari tol hingga wilayah perbukitan berkelok cocok untuk melihat seperti apa kapabilitas dalam menunjang aneka mobilitas pengguna. Termasuk mengetahui gambaran seberapa irit varian Calligraphy hybrid meminum bensin. 

KEY TAKEAWAYS

  • Ajak All New Santa Fe ke kawah Kamojang

    Efisiensi BBM bisa tembus 17 km/liter
  • Baca Juga: Hyundai Menyiapkan Model N Lagi pada Akhir Tahun

    Ketika masuk tol Purbaleunyi hingga keluar Cileunyi, dengan mode berkendara Eco. All New Santa Fe Calligraphy didapat mengonsumsi BBM 17,2 km/liter berdasarkan catatan MID. Gaya berkendara normal, sesuai dengan pergerakan rombongan (konvoi). Kecepatan maksimal sekitar 100 km/jam saja. Tidak berlebih dan tak banyak memacu RPM tinggi. 

    konsumsi bbm Santa Fe hybrid

    Nah, begitu menaiki wilayah perbukitan dan berhenti di tempat peristirahatan sementara (GCK Kamojang). Konsumsi bensin lebih besar, karena memang kendaraan butuh dorongan dan traksi lebih untuk menanjak. Hasilnya sempat didapat 14 km/liter. Namun ketika sampai di destinasi pertama menjadi 13,6 km/liter. 

    Di sini penguji OTO.com merasa tidak kerepotan dalam menaklukkan aneka tanjakan Kamojang. Karena sistem secara cerdas bisa menentukan sendiri kapan berubah menjadi EV mode secara otomatis. Termasuk menggunakan penggerak mesin turbo guna memberi tenaga lebih buat menanjak. Dan hebatnya, perpindahan sistem hybrid berjalan sangat mulus. Tak ada hentakan atau raungan mesin berarti. 

    Untuk diketahui, All New Hyundai Santa Fe Hybrid menggunakan enjin 1,6 liter turbo. Kalau hanya dari mesin ICE, keluaran tenaga mencapai 180 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 265 Nm sejak 1.500 rpm hingga 4.500 rpm. Sedangkan motor listrik memberi daya 44,2 kW (60 PS) serta momentum puntir 264 Nm dari 1.700 rpm. Distribusi power ke ban mengandalkan transmisi otomatis enam percepatan. Maka tak ayal, kalau ia begitu perkasa melibas aneka jalanan. 

    Menurut pabrikan, All New Santa Fe memang dirancang agar menghasilkan efisiensi daya terbaik. Juga agar asupan bahan bakar optimal walau tenaga dan torsi besar dibuncahkan. Dengan semangat ‘Live Bigger’ yang menekankan optimalisasi dalam berbagai sektor inovasi kendaraan. All New Santa Fe siap menjadi teman berbagai petualangan dan aktivitas berkendara. 

    Ia mantap bersaing di dalam pasar otomotif bareng rival sejawat, seperti All New Honda CR-V 2.0L RS e:HEV. Makanya, Hyundai menekankan karakteristik dan aneka fitur unggulan agar sanggup menjadi pemenang di hati konsumen. Rancang bangun pun dibesut dan diformulasikan secara matang agar mencuatkan desain gagah sekaligus mengantongi rangkaian fitur inovatif. (Alx)

    Baca Juga: Hyundai Tucson Terbaru Meluncur dengan Dua Pilihan Mesin

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Daihatsu Rocky Dapat Penyegaran, Tampilan Jadi Lebih Sporty
      Daihatsu Rocky Dapat Penyegaran, Tampilan Jadi Lebih Sporty
      Anindiyo Pradhono . Hari ini
    • Pakai Cara Praktis Ini, Neta V-II Bisa Parkir Paralel
      Pakai Cara Praktis Ini, Neta V-II Bisa Parkir Paralel
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Untuk Bisnis di Perkotaan, Daihatsu Hadirkan GranMax Blindvan Transmisi AT
      Untuk Bisnis di Perkotaan, Daihatsu Hadirkan GranMax Blindvan Transmisi AT
      Anindiyo Pradhono . 17 Sep, 2025
    • MG Teruskan Ekspansi Dealer, Resmikan Cabang di Yogya dan Sukabumi
      MG Teruskan Ekspansi Dealer, Resmikan Cabang di Yogya dan Sukabumi
      Setyo Adi . 17 Sep, 2025
    • Jika Masalah Tiggo 8 CSH Meluas, Chery Tidak Ragu Untuk Recall
      Jika Masalah Tiggo 8 CSH Meluas, Chery Tidak Ragu Untuk Recall
      Bangkit Jaya . 17 Sep, 2025

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • CATL Siap Produksi Massal Baterai Sodium-Ion, Siap Saingi Lithium-Ion Tahun Depan
      CATL Siap Produksi Massal Baterai Sodium-Ion, Siap Saingi Lithium-Ion Tahun Depan
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Automechanika Jakarta 2026 Siap Digelar di Indonesia Tahun Depan
      Automechanika Jakarta 2026 Siap Digelar di Indonesia Tahun Depan
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • Jaecoo J7 SHS dan J8 ARDIS Dipamerkan di PIM 1
      Jaecoo J7 SHS dan J8 ARDIS Dipamerkan di PIM 1
      Anindiyo Pradhono . Hari ini
    • MG Hadirkan Layanan di Yogyakarta dan Sukabumi
      MG Hadirkan Layanan di Yogyakarta dan Sukabumi
      Setyo Adi Nugroho . 17 Sep, 2025
    • Motul Kembali ke F1, Resmi Jadi Pemasok Pelumas Transmisi untuk Tim McLaren
      Motul Kembali ke F1, Resmi Jadi Pemasok Pelumas Transmisi untuk Tim McLaren
      Zenuar Yoga . 17 Sep, 2025
    • Ada Pembaruan Toyota Innova Zenix, Ini Daftar Harga Terkini Segmen MPV Medium Tanah Air
      Ada Pembaruan Toyota Innova Zenix, Ini Daftar Harga Terkini Segmen MPV Medium Tanah Air
      Setyo Adi Nugroho . 12 Sep, 2025
    • Adu Keunggulan MPV Boxy Pilihan Keluarga, Nissan Serena e-Power dan Honda Step WGN e:HEV
      Adu Keunggulan MPV Boxy Pilihan Keluarga, Nissan Serena e-Power dan Honda Step WGN e:HEV
      Setyo Adi Nugroho . 10 Sep, 2025
    • Berkenalan dengan Hiroshi Tamura, The Godfather of GT-R R35
      Berkenalan dengan Hiroshi Tamura, The Godfather of GT-R R35
      Setyo Adi Nugroho . 08 Sep, 2025
    • Pilihan Mobil Keluarga, Mitsubishi Destinator atau Toyota Kijang Innova Zenix
      Pilihan Mobil Keluarga, Mitsubishi Destinator atau Toyota Kijang Innova Zenix
      Setyo Adi Nugroho . 03 Sep, 2025
    • Lima Poin Menarik Mitsubishi Destinator, SUV 7-Seater Baru yang Nyaman dan Tangguh
      Lima Poin Menarik Mitsubishi Destinator, SUV 7-Seater Baru yang Nyaman dan Tangguh
      Ardiantomi . 31 Agu, 2025
    • Kenali Gejala Suspensi Mobil Mulai Rusak dan Langkah Jitu Merawatnya
      Kenali Gejala Suspensi Mobil Mulai Rusak dan Langkah Jitu Merawatnya
      Anjar Leksana . 15 Sep, 2025
    • Demi Perjalanan Aman dan Nyaman, Ikuti Tips Cek Ban ala Bridgestone Ini!
      Demi Perjalanan Aman dan Nyaman, Ikuti Tips Cek Ban ala Bridgestone Ini!
      Zenuar Yoga . 08 Sep, 2025
    • Peran Vital Suspensi Mobil yang Sering Terlupakan, Kenali Bila Bermasalah
      Peran Vital Suspensi Mobil yang Sering Terlupakan, Kenali Bila Bermasalah
      Setyo Adi Nugroho . 21 Agu, 2025
    • EV Murah Makin Banyak Tapi Jangan Asal Beli, Pertimbangkan Ini Dulu
      EV Murah Makin Banyak Tapi Jangan Asal Beli, Pertimbangkan Ini Dulu
      Setyo Adi Nugroho . 12 Agu, 2025
    • Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
      Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
      Setyo Adi Nugroho . 08 Jul, 2025
    • First Drive Ferrari 12Cilindri: Simfoni Terakhir Mesin V12 Tanpa Elektrifikasi?
      First Drive Ferrari 12Cilindri: Simfoni Terakhir Mesin V12 Tanpa Elektrifikasi?
      Wahyu Hariantono . 03 Sep, 2025
    • Test Drive BYD Atto 1: Ringkas, Agile dan Bisa Dipakai Karaoke
      Test Drive BYD Atto 1: Ringkas, Agile dan Bisa Dipakai Karaoke
      Anjar Leksana . 27 Agu, 2025
    • First Drive Suzuki Fronx GL AT: Rasa Berkendara Mirip Baleno, tapi Suspensi Dibikin Kaku 
      First Drive Suzuki Fronx GL AT: Rasa Berkendara Mirip Baleno, tapi Suspensi Dibikin Kaku 
      Anjar Leksana . 11 Agu, 2025
    • First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
      First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
      Setyo Adi Nugroho . 21 Jul, 2025
    • Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
      Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
      Muhammad Hafid . 04 Jul, 2025