Toyota New GR Supra Resmi Dijual di Indonesia, Harga Rp 2,18 Miliar

Toyota New GR Supra

JAKARTA – Sedan sport Toyota GR Supra sudah 1 tahun lamanya hadir di Indonesia. PT Toyota Astra Motor (TAM) memboyong GR Supra dengan sejumlah upgrade versi 2020. Coupe New GR Supra ini tampil makin bertenaga dibalut tampilan sporty. New GR Supra juga hadir dengan varian Special Edition yang tampil menonjol dengan warna Horizon Blue. Oke, apa saja ubahannya?

Toyota menyebutkan dari sisi performa, sampai dengan sisi penampilan Supra mendapatkan penyegaran dan peningkatan. Yang paling utama adalah dari mesin. Jantung pacunya masih menggunakan kode B58. Namun mesin 6 silinder in-line 24 valce DHC Chain Drive with variable valve timing (IN/EX) berkapsitas 2.998 cc ini mendapat upgrade. Tenaga yang sebelumnya 340 hp kini naik hingga 382 hp, bisa dinikmati pada rentang 5.800 – 6.500 rpm.

Begitu juga dengan torsinya kini 500 Nm, meluap maksimal pada 1.800 – 5.000 rpm. Otomatis, performa Supra akan semakin ganas saat dipacu kencang. Transmisi tetap otomatis 6-speed, yang terhubung ke roda belakang.

Masih dari ruang mesin, Toyota kini memasang strut brace untuk meningkatkan handling. Dibandingkan sebelumnya, kini Supra diklaim akan mendapat grip ban lebih kuat, yang sekaligus meningkat kestabilannya. Melahap tikungan demi tikungan dalam kecepatan tinggi akan semakin mantap.

Toyota New GR Supra

Tampilan

Dari sisi estetika, pada bagian rem kini tercantum logo GR Supra pada kaliper merah yang terpasang di roda depan. Warna kaliper yang lebih menyala ini tentu membuat karkater sporty dari sportscar legendaris ini semakin kuat.

Khusus untuk varian Special Edition, New GR Supra dilengkapi beberapa ubahan yang sangat menguatkan image sebuah sports car dengan warna eksterior Horizon Blue, 19” sporty alloy wheel design dengan warna Matte Black, dan kursi yang dibalut dengan Black Alcantara with Blue Stitching dan Blue Perforation Underlay.

Toyota New GR Supra

Interior

Beralih ke interior, bisa dibilang masih sama secara keseluruhan dari sebelumnya. Toyota memberikan tambahan fitur dan beberapa sentuhan detail di edisi 2020 ini. Seperti fitur wireless charger untuk smartphone di konsol tengah. Jok kini dilapisi material Black Alcantara with Blue Stitching, dan Blue Perforation Underlay.

“Sejak kami perkenalkan tahun lalu, kami bersyukur GR Supra mendapatkan antusiasme yang sangat besar dari masyarakat Indonesia. Melalui New GR Supra ini, kami ingin menegaskan komitmen untuk senantiasa melakukan improvement dalam menghadirkan produk-produk terbaik melebihi ekspektasi, sejalan dengan semangat Toyota dalam mewujudkan Ever-Better Cars bagi para pelanggannya,” jelas Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM.

Toyota New GR Supra

Gazoo Racing

GR Supra dikembangkan oleh divisi balap Toyota GAZOO Racing melalui serangkaian uji coba yang panjang, baik di jalan raya maupun sirkuit. GR Supra tampil dengan wheelbase 2.470 mm agar titik pusat gravitasinya mampu memberikan kestabilan, terutama saat menikung. Lebih lanjut, distribusi berat kendaraan dibuat seimbang yaitu 50:50 antara bagian depan dengan belakang. Ini menjadi elemen penting untuk menjaga performa GR Supra agar tidak limbung saat melintasi tikungan.

Guna lebih memperkuat driveability, gardan GR Supra dilengkapi teknologi Limited Slip Diffrential (LSD) yang dikontrol secara elektronik. Fitur ini mampu membuat mobil ini meluncur mulus saat di tikungan, dan bisa segera dipacu begitu berada pada track lurus.

Toyota New GR Supra

Harga

Kalau versi standar 3,0 liter dilego Rp 2,158 miliar. Varian dengan tenaga lebih beringas dilepas Rp 2,179 miliar on the road Jakarta. Namun tersedia hanya 12 unit saja. Itupun menurut pabrikan langsung ludes diserbu konsumen.

“Toyota memang berupaya untuk secepatnya bisa membawa New GR Supra ke Indonesia, sebagai bukti komitmen kami menghadirkan kendaraan terbaik untuk konsumen di semua segmen. New GR Supra adalah persembahan terbaik dari Toyota untuk pengemar sports car di mana pun berada, termasuk di Indonesia. Dari 12 unit yang dialokasikan untuk Indonesia, semuanya sudah habis terjual,” kata Marketing Director PT Toyota–Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy. (Why/Raju)

Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil Toyota Unggulan

  • Yang Akan Datang