Pilih kota Anda untuk memulai pencarian

icon

Atau pilih dari kota populer

    Toyota Rav4 dengan Logo Suzuki Bakal Mengaspal di Eropa

    Produk kolaborasi Suzuki dan Toyota berlanjut. Segmen SUV medium akan dimasuki Suzuki lewat versi rebagde Toyota Rav4. Namanya Suzuki Across, kian memantapkan kerja sama dua pabrikan raksasa Jepang dalam menginvasi pasar Eropa. 


    Sebatas mengubah logo merek, membuat Suzuki punya SUV dengan spesifikasi tak main-main. Hanya dipasarkan dalam versi Plug in Hybrid Vehicle (PHEV). Dipadukan skema gerak seluruh roda (AWD) tercanggih dengan sokongan motor listrik independen. Sistem berjuluk E-Four electronic 4x4 system punya dua motor untuk tiap sisi gardan (depan dan belakang). Pengolah daya berbasis baterai yang tersemat di roda belakang siap melontarkan tambahan 50 PS untuk menyokong motor depan dengan pembagian 100:0 maupun 20:80.


    Keuntungan distribusi tenaga skema ini adalah stabilitas saat start di medan licin yang kerap ditemui di negara bersalju. Otak dari sistem gerak roda adalah peranti manajemen AWD terintegrasi paling mutakhir yang dimiliki Toyota. Bukan cuma mengontrol tenaga mesin dan motor, namun timing perpindahan gigi, Electronic Power Steering (EPS), hingga pengereman agar sesuai dengan situasi berkendara.


    2021 Suzuki Across


    Jantung utama penggeraknya memang dua motor elektrik itu. Roda depan disisipkan motor 182 PS sedangkan belakang 50 PS, berimbuh mesin bensin 2,5 liter berkode A25A-FXS yang punya tugas utama sebagai pengecas baterai dan pemberi tenaga saat dibutuhkan. Total energi yang bisa dicipta Across mencapai 306 PS. Berdasar jumlah itu, menjadikannya model Suzuki paling bertenaga dijual saat ini. Pengisian daya bisa berlangsung selama berkendara, maupun dengan perintah pengemudi. Tentunya moda pengisian dengan metode colok (Plug In) tersedia.


    Walau secara teknis mirip, tentu saja ada upaya Suzuki agar memberi karakter ala pabrikan Hamamatsu. Grill atas tipis, berpadu ruang honeycomb besar pada bidang trapezoidal jadi topeng di wajahnya. Desain muskular yang sangat futuristik pada Rav4 dibuat lebih lembut di model Across. Garis-garis tegas dan frontal disepuh lebih sederhana tanpa menyingkirkan aura SUV yang jadi kode genetiknya.


    Kabinnya cukup menyihir. Tak mudah menemukan perbedaan antara Suzuki Across dan Toyota Rav4. Bahkan hingga bentuk kemudi pun sama, hanya emblem berbeda. Tata letak dasbor, tombol multifungsi di lingkar setir, peranti entertainment, hingga volume bagasi pun identik. Entah Suzuki kehabisan ide untuk mengimprovisasi, atau memang sangat percaya akan kelengkapan yang diemban model Toyota, Anda bisa menilainya sendiri.


    2021 Suzuki Across


    Meski baru meluncur November nanti untuk pasar Inggris, harganya sudah ditetapkan. Dari Autocar UK disebutkan bahwa banderolnya di kisaran 46 ribu Poundsterling (Rp 880 jutaan) dengan opsi hanya satu varian. Nominal ini jauh lebih mahal dari model Rav4 yang diniagakan dengan label mulai Rp 590 jutaan di Britania Raya.


    Sangat kecil probabilitasnya Across dijual oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Spesifikasi Across dengan kedigdayaan teknologi gerak seluruh rodanya sangat diperuntukkan untuk negara-negara empat musim. Aplikasi teknologi itu untuk pasar Indonesia hanya akan jadi mubazir dan tak masuk skala ekonomis. Kecuali ada varian gerak dua roda dengan mesin konvensional seperti yang dimiliki Rav4 untuk region Asia, mungkin saja Across diniagakan. Tapi di lain sisi, kami rasa para fanatis mobil impor yang gemar membeli dari IU (importir umum) tak akan melewatkan jika salah satu model Suzuki ini dipajang di gerai Pondok Indah maupun Kelapa Gading. (Van/Odi)

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda