Triumph, Kawasaki dan KTM Luncurkan Produk Global Berbarengan

Triumph

Ya, mereka akan meluncurkan produk baru secara global pada hari yang sama, 26 Januari 2021. Kemungkinan model mendebut adalah Kawasaki KLX700, Triumph Speed Triple 1200 RS dan KTM 1290 Super Adventure R. Entah sudah janjian atau tanpa disengaja, hal ini biasanya dihindari pabrikan. 

Kawasaki KLX700

Untuk Kawasaki, dirumorkan bakal merilis KLX700. Unit itu didapuk untuk menggantikan KLR650 yang telah stop produksi pada 2018. Gambar reka pun sudah muncul ke publik pada Februari 2019. Dari foto yang tersiar, ada dua jenis kuda besi yang disinyalir menjadi pesaing Yamaha Tenere 700. Masing-masing menggunakan tipe frame yang berbeda. Satu mirip kepunyaan Versys dan milik KLX series.

Jika dilihat dari gambar, sekilas bagian depannya mirip Versys 250. Ramping dan simple. Sesuai dengan konsep motor tualang, di atas lampu sudah terpasang windshield kecil. Bisa berfungsi sebagai pembelah angin dan juga melindungi dada sang rider dari kerikil. Ada pula hand guard untuk melindungi tangan pengendara. Lampu utama, shroud dan bahkan bagian tangki jua mirip dengan Versys 250.

Kawasaki KLX700

Soal ground clearance, sudah pasti tinggi. Apalagi dia menggunakan roda depan-belakang belang, dibalut ban bertipe dual purpose dengan pelek tipe ruji serta kelengkapan cakram. Tak lupa pula peredam kejut tipe upside down. Namun perbedaan rangka tadi membuat struktur suspensi belakang keduanya jadi beda.

Ada kemungkinan, mesin yang digunakan mengambil basis dari Versys 650. Bila ditarik data kepunyaannya, jantung pacu 649 cc twin-silinder sanggup menghasilkan daya 69 Hp/8.500 rpm dan torsi 64 Nm/7.500 rpm. Jelas masih kalah bila ingin menduelkannya dengan Tenere 700. Motor Yamaha punya kesanggupan hingga 72 Hp. Tapi bisa saja Kawasaki menyetel ulang basis tadi agar lebih mumpuni.

Bagaimana dengan beratnya? Kalau mengambil dari Versys 650, ia bakal memiliki bobot 214 kg dan tangki bahan bakar 21 liter. Sementara kompetitornya Tenere 700 punya berat basah 204 kg dengan penampung BBM 16 liter. Agak sanksi bila Kawasaki menerapkan rangka serupa Versys. Jadi, untuk penggunaan offroad, Kawasaki harusnya memakai frame asal klannya (KLX series). Sehingga turunnya bobot menjadikan motor ini kompetitif. Tangki bahan bakar juga harusnya memiliki 20 liter. Dengan ukuran segitu, motor dapat menempuh jarak lebih dari 300 km.

Jika benar Kawasaki akan meluncurkan KLX 700, maka persaingan di segmen motor tualang kelas menengah makin menarik. Selain Tenere 700, ada pula Suzuki V-Strom 650 dan paling mahal ada KTM 790 Adventure serta BMW F 850 GS.

Meski belum ada informasi lebih mengenai data spesifikasinya, penampakan yang tersiar bisa menjadi salah satu strategi Kawasaki mempertahankan line-up jualannya. Apalagi kendaraan semacam dual-purpose akhir-akhir ini sedang digandrungi. Tentunya bisa menjadi salah satu pilihan alternatif untuk bikers gemar bertualang.

Baca Juga: Produk Kolaborasi Bajaj-Triumph Mundur ke 2023

Triumph Speed Triple 1200 RS

speed triple

Kemudian produk dari Triumph digadang Speed Triple 1200 RS. Ia merupakan versi upgrade dari Speed Triple 1050 RS. Teaser roadster paling sukses di jagad raya ini sudah beredar. Perilisan secara resmi dirinya juga telah diungkapkan, yakni pada 26 Januari.

Sejak Street Triple RS mendarat tahun lalu, semua mata tertuju ke kakaknya yang lebih bongsor di jajaran motor naked Triumph. Saat itu kita belum tahu pasti bagaimana sosoknya, dan kapan si kakak ini meluncur. Namun, sekarang Street Triple versi besar alias Street Triple 1200 RS sudah dipastikan memiliki tampang sangar.

Dari video yang tersiar, menunjukkan lampu depan kembar baru ditemani oleh DRL LED. Sepatbor dari bahan serat karbon, suspensi upside down warna emas yang kemungkinan pakai lansiran Ohlins dan perangkat pengereman dari Brembo. Dari namanya sudah jelas, bahwa update ini tidak hanya berhenti di styling saja. Speed Triple 1200 RS bakal mengusung mesin paling besar dan bertenaga yang pernah ada di motor populer. Spek dan performa mesinnya memang belum diperlihatkan oleh Triumph.

Teaser itu juga memuat suara knalpot merdu dari mesin inline 3 silinder. Ada perkiraan jika jantung mekanisnya merupakan versi overbore dari mesin 1.050 cc atau bisa juga menggunakan basis dari Triumph Tiger yang 1.200 cc. Kemungkinan lain bisa saja menggunakan mesin benar-benar baru untuk versi Speed Triple 2021. Peningkatan kapasitas mesin ini tentu membantu Speed Triple 1200 RS dalam persyaratan Euro 5 tanpa mengorbankan powernya. Kita juga berharap Triumph sudah menambahkan beberapa fitur mumpuni.

Masuk dalam kategori streetfighter, Triumph berharap lini Speed Triple 1200 mampu bersaing dengan produk baru, seperti Aprilia Tuono V4 1100, BMW S1000R, Ducati Streetfighter V4, dan KTM 1290 Super Duke RR.

Baca Juga: KTM Duke 390 Generasi Mendatang Punya Radar Cruise Control?

KTM 1290 Super Adventure R

KTM 1290

Dari teaser yang tersebar, KTM resmi mengumumkan kuda besi anyar pada 26 Januari 2021. Banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa motor itu merupakan 1290 Super Adventure R. Rumor ini punya alasan kuat, karena foto motor bergaya Dakar itu bocor dan tengah melakukan uji coba di Austria. Jika benar, new Super Adventure kemungkinan akan mendapatkan kontrol layar adaptif KTM yang sudah lama ditungu-tunggu.

Ia juga kabarnya dilengkapi dua radiator dan desain airbox baru, membuat akses lebih mudah. Transmisinya dipercayakan pada gearbox Pankl baru. Gearbox ini pertama kali diperkenalkan pada saudaranya, Super Duke 1290 R. Motor ini memiliki rangka teralis baru yang terbuat dari baja krom-molibdenum. Headernya jua disinyalir pakai model anyar dengan dua konverter katalitik, dan sistem pembuangan yang dirancang untuk memenuhi standar emisi Euro 5.

Menurut kabar yang beredar, ia menggendong mesin V-Twin 75°, DOHC, 2 silinder, dan berpendingin cairan. Kemungkinan tenaganya mencapai 160 hp. Teknologinya diprediksi mengusung konsep KTM RC16, motor KTM dipakai di MotoGP. Jika benar, dirinya disiapkan untuk melawan Ducati Multistrada 1260 Enduro, BMW R 1250 GS Adventure, dan Honda Africa Twin.

Mesin itu diputar dua derajat ke depan dibanding model 2020. Dengan konfigurasi seperti itu dan ditambah bobot motor yang ringan, seharusnya bisa membantu mencegah wheelie yang tidak disengaja. Kemudian kepala kemudi diposisikan 0,6 inci lebih jauh ke belakang. Sementara swingarm di desain 0,6 inci lebih panjang dari sebelumnya.

Kursinya pakai model baru, memungkinkan pengendara duduk sedikit lebih rendah. Komponen itu dapat disesuaikan, seperti pada Super Adventure S yang lebih berorientasi digunakan sebagai motor on road. Untuk peleknya dibuat oleh Alpina, termasuk seal O-ring di sekitar nipel spoke untuk mencegah kebocoran udara. Ia mendapatkan rem Brembo, fully-adjustable suspension keluaran WP di depan dan belakang.

Paket elektronik sepertinya serupa dengan tahun lalu, dengan sistem pemantauan tekanan ban, Bosch 9M + ABS, kontrol traksi yang sensitif, dan mode pengendaraan yang dapat dipilih termasuk mode off-road dengan kontrol traksi dan pengaturan ABS sendiri. Pengaturan elektronik ditampilkan pada layar TFT 7 inci baru (sebelumnya 6,5 inci) dan paket elektronik lain sesuai kebutuhan tualang.

Meski detail bentuk dan spesifikasi ketiga model tidak terlalu banyak, setidaknya sudah banyak pecinta roda dua dari seluruh dunia menunggu produk baru dari Kawasaki, Triumph dan KTM. (Bgx/Odi)

Sumber: Visordown, Ride Apart

Baca Juga: Kawasaki Z H2 SE 2021 Dimodali Suspensi Cerdas

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang