HINCKLEY, 9 Oktober 2019 - Akhirnya Triumph merilis Street Triple RS 2020, setelah mereka mengeluarkan deretan teaser sejak awal September. Tetapi sebelum memasuki pembahasan soal performa dan fitur-fitur apa saja yang diembannya, kami akan menjelaskan soal perubahan estetika di tubuh Street Triple RS 2020. Sejak 2012 Street Triple telah menggunakan lampu bug-eye, dan tetap mempertahankannya. Hanya saja telah berteknologi LED dan DRL menyerupai alis.
Sasisnya tetap tidak berubah — hanya dilapisi lapisan Titanium perak agar sesuai dengan skema cat baru. Bobotnya hanya 166 kg (kering), sehingga Triumph mengklaim Street Triple RS adalah motor paling ringan dalam kategorinya.
Bodywork diubah dengan tampilan yang lebih bersudut.
Panel samping,
belly pan, dan
flyscreen terlihat lebih agresif. Triumph Street Triple RS 2020 tersedia dalam Matt Jet Black dengan decal Aluminium Silver dan Yellow, atau Silver Ice dengan decal Diablo Red dan Aluminium Silver. Kedua opsi skema cat termasuk
pinstripes roda Diablo Red yang dilukis dengan tangan dan
sub-frame belakang Aluminium Silver.
Kaliper depan monobloc radial 4-piston Brembo M50 bersanding dengan kaliper belakang Brembo piston tunggal. Rasio MCB Brembo dan rentang tuas rem yang dapat disetel menjadi fitur standar. Piggyback reservoir RSU Öhlins STX40 juga dapat disetel. Suspensi depan menggunakan Showa berdiameter 41. Melengkapi kaki-kakinya, dipasang ban SP Pirelli Diablo Supercorsa.
Di sektor mesin, Street Triple RS mendapatkan sentuhan magis tim pengembangan mesin Moto2 Triumph. Mereka berhasil meningkatkan torsi puncak dan kisaran menengah, berkat sistem knalpot yang didesain ulang, serta revisi
exhaust cam timing. Hasilnya, tenaga puncaknya 123 PS pada 11.750 rpm, dengan torsi 79Nm pada 9.350 rpm. Girboks di Street Triple juga melakukan diet, dengan
backlash gears yang dibuang, serta rasio pendek gir pertama dan kedua (baru) diperpendek untuk kemampuan akselerasi lebih baik.
Mereka juga mereduksi 7% inersia rotasi yang diklaim berpengaruh besar. Selain itu, tampak pula sistem knalpot baru yang tampak lebih bersudut, dan telah mengadopsi sistem katalis ganda yang bekerja selaras dengan
intake (desain baru) yang dirancang untuk meningkatkan performa dan menghasilkan suara gahar.
Motor ini dilengkapi dengan sistem konektivitas MyTriumph, meskipun Anda harus membeli modul Bluetooth secara terpisah. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol kamera GoPro yang disinkronkan ke motor. Ini juga akan memberikan pengendara akses navigasi. Street Triple RS juga sudah mendapatkan
quickshifter Triumph sebagai fitur standar.
Ada lima mode berkendara yang telah disempurnakan: Road, Rain, Sport, Track, dan Rider configurable
. Mode berkendara telah disesuaikan agar sesuai dengan penyebaran torsi yang lebih luas dan peningkatan tenaga. Mode berkendara yang ditetapkan juga telah sepenuhnya didesain ulang. Mode-mode yang ada menyesuaikan respons
throttle, ABS dan pengaturan kontrol traksi, dan dapat diubah dengan cepat. Mode Rain membatasi daya hingga 100PS untuk meningkatkan keamanan dan kontrol.
Triumph Street Triple RS (2020) Spek
TIPE MESIN |
Liquid-cooled, 12 valve, DOHC, in-line 3-cylinder |
KAPASITAS |
765 cm3 |
BORE STROKE |
77.99mm / 53.4mm |
KOMPRESI |
12.54;1 |
TENAGA PUNCAK |
123PS / 121.36 BHP (90.5kW) @11750rpm |
TORSI PUNCAK |
79Nm @ 9350rpm |
SISTEM |
Multipoint sequential electronic fuel injection with SAI. Electronic throttle control |
EXHAUST |
Stainless steel 3 into 1 exhaust system low single sided stainless-steel silencer |
FINAL DRIVE |
X ring chain |
KOPLING |
Wet, multi-plate, slip-assisted |
GIRBOKS |
6-speed with Triumph Shift Assist |
RANGKA |
Front - Aluminium beam twin spar / Rear - 2-piece high pressure die cast |
LENGAN AYUN |
Twin-sided, cast aluminium alloy |
RODA DEPAN |
Cast aluminium alloy 5-spoke 17 x 3.5 in |
RODA BELAKANG |
Cast aluminium alloy 5-spoke 17 x 5.5 in |
BAN DEPAN |
120/70 ZR17 |
BAN BELAKANG |
180/55 ZR17 |
SUSPENSI DEPAN |
Showa 41 mm upside down big piston forks (BPF), Adjustable compression damping, rebound damping and preload adjustment. |
SUSPENSI BELAKANG |
Ohlins STX40 fully adjustable piggyback reservoir RSU |
REM DEPAN |
Twin 310 mm floating discs, Brembo M50 4-piston radial monobloc calipers |
REM BELAKANG |
Single 220 mm disc, Brembo single piston caliper, switchable ABS |
LEBAR SETANG |
775mm |
TINGGI TANPA SPION |
1085mm |
TINGGI JOK |
840mm |
SUMBU RODA |
1405mm |
RAKE |
23.9˚ |
TRAIL |
100mm |
BOBOR BERSIH |
166 kg |
KAPASITAS TANGKI |
17.4 Litres |
KONSUMSI BBM |
5.2 l/100km |
EMISI CO2 |
119 g/km |
REZA ERLANGGA