Update Harga Terbaru Lini Sport Bike Fairing Yamaha 2021

Peminat motor sport dengan fairing tak pernah surut. Makanya tiap pabrikan pasti punya model sport yang jadi andalan. Seperti Yamaha, yang punya lini sport bike lumayan komplet untuk pasar sini. Dari kelas bulu 150 cc sampai kelas berat 1.000 cc (998 cc) bisa jadi pilihan konsumen Indonesia. Bagi yang ingin berkendara dengan sensasi balap bak MotoGP, berikut sajian lini dan update harga terbaru sport bike Yamaha 2021 yang dijual di Indonesia.


Yamaha R15 (YZF-R15)


Yamaha R15 Matte Silver


YZF-R15 atau yang di sini lebih umum disebut Yamaha R15 menjadi varian pembuka bagi mereka yang mencari sport bike Yamaha mesin kecil. Pada awal 2021, Yamaha memberi penyegaran sangat ringan untuk R15. Berupa opsi kelir anyar yang lebih fresh. Selain warna andalan Metallic Blue, juga tersedia Matte Black dan Matte Silver. Tema paling anyar yang dimaksud adalah Matte Silver. Nuansa elegan di sekeliling panel utama membuatnya tampak berbeda dari biasanya. Lebih segar. Demi mengangkat aura ekspresif, pelek palang pun dilabur kuning cerah. Dengan paduan jok dan plastik kasar hitam, serta upside down emas menjadi kombinasi sporty a la sport fairing 90an. Unik.


Kalau tertarik meminang Yamaha R15, bisa diboyong dengan harga Rp37,08 juta. Selain tiga warna utama, Yamaha R15 juga punya jubah khusus yakni livery Monster Energy MotoGP. Banderolnya sedikit lebih mahal, yakni Rp37,685 juta.


R15 tentunya sudah mengalami pengembangan. Semula, kubikasi mesinnya hanya 150 cc, seperti kebanyakan kompetitornya. Namun dengan teknologi canggih Yamaha, R15 pun menggendong unit berkubikasi 155 cc. Sudah disemati juga teknologi VVA (variable valve actuation). Desainnya kian agresif, ditandai dengan bentuk wajah lancip. Kombinasikan dengan bentuk dual headlamp (jenis LED) tajam plus air scoop pada bagian tengah. Nuansa ala big bike Yamaha dituangkan juga ke bagian buritan. Seperti lampu utama, tail light juga sudah memakai jenis diode.


Layaknya motor balap kebanyakan, Yamaha R15 mengaplikasi fork depan up-side down (USD), rangka delta box yang diklaim kuat, usungan swingarm aluminium dan link monoshok (suspensi belakang). Ini diberikan untuk menyelaraskan penggunaan mesin satu silindernya. Buat pemula, tenaga 19 HP di 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm di 8.500 rpm, rasanya cukup. Apalagi, pengendaliannya lumayan mudah. Tengok posisi stang yang masih sejajar dengan tangki BBM.


Makanya YZF-R15 banyak dipilih untuk penggunaan harian. Walau begitu, banyak juga yang mengandalkannya sebagai tunggangan di lintasan balap. Terlebih generasi anyar R15, yang sekarang sudah dijejali fitur assist & slipper clutch. Artinya, pengendara dimudahkan dalam melakukan perpindahan gigi. Tak kalah penting, keberadaannya meminimalisir gejala ban mengunci, ketika melakukan down shift secara cepat.


Yamaha R25 (YZF-R25)


Yamaha R25


Apabila 150 cc dirasa kurang atau sudah lebih mahir, bisa coba melirik pilihan motor 250 cc. Bisa ditemui pada Yamaha R25. Model yang di luar Indonesia dipasarkan sebagai YZF-R3 punya sejumlah poin menarik untuk dipertimbangkan. R25 sudah mengalami beberapa kali penyegaran wajah. Nah, muka saat ini juga hampir mirip dengan R15. Tapi, bentuk fairingnya lebih ke atas. Kendati begitu, tetap aerodinamis saat dipacu. Versi luar YZF-R3 sudah mendapat penyegaran. Sedang di Indonesia masih harus sabar menanti.


Urusan harga, pastinya lebih mahal dari R15. Harga Yamaha R25 terbaru dipasarkan Rp61,665 juta. Tersaji tiga menu opsi warna yang bisa dipilih: Racing Blue, Matte Red dan Matte Black. Kalau mau varian dengan teknologi ABS (anti-lock braking system) juga ada. Siapkan bujet Rp68,125 juta untuk menebusnya. Terbilang cukup mahal.


Menengok sektor jantung mekanis. Yamaha R25 mengandalkan unit dua silinder segaris 250 cc. Tenaganya mencapai 35,5 HP di putaran mesin 12.000 rpm. Torsi maksimalnya 23,6 Nm pada 10.000 rpm. Ketangguhan mesin tadi didukung forged piston dan diacil cylinder. Durabilitas maupun umur pakai spare parts, bisa dibilang awet.


Selain mesin ala supersport, motor seperempat liter ini didukung fitur-fitur seperti moge. Sebut saja engine cut off/on, terintegrasi dengan starting engine. Nah, perbedaan lain bisa dilihat lagi pada tarikan garis desain. Aura R Series Yamaha begitu kentara. Coba tilik bagian tangki BBM-nya. Ini juga berpengaruh terhadap riding position. Dengan stang seperti ini, posisi badan jelas dipaksa menunduk ketika R25 diajak melesat.


Menariknya dari jagoan kelas 250 cc  Yamaha ini, banyak penggunanya yang ikut turun main setiap kali PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menggelar balap komunitas (Yamaha Sunday Race).


Yamaha R6 (YZF-R6)


Yamaha R6


Produk yang sekarang ini, memang kurang spesial. Itu karena mereka masih menjual model lama. Padahal generasi anyar Yamaha R6 sudah rilis. Malah di luar sana, R6 sudah dihentikan peredarannya. Rumornya, ia bakal diganti dengan R7, meski masih belum ada kejelasan soal itu. Tapi kalau berminat dengan Yamaha R6 masih bisa dibeli di Indonesia dengan mahar Rp270 juta. Opsi kelir tersedia Race Blue, Matte Grey dan Competition White.


Model ini masih jadi pilihan di beberapa ajang balap. Performanya cukup mumpuni, karena ada unsur MotoGP yang tertanam. Khusus pada mesin, terdapat chip controlled throttle (YCC-T) yang diadopsi dari MotoGP. Ini melancarkan tenaga besarnya, teralirkan secara smooth dan merata di setiap putaran mesin.


Ditambah lagi dengan penyematan slipper clutch. Pada R6, sistemnya dibuat beda atau dikembangkan buat kebutuhan balap. Apalagi dia mampu mengail tenaga 122 HP pada putaran 14.500 rpm. Torsinya juga besar, 65,7 Nm di 10.500 rpm. Makanya untuk mengimbangi dipasanglah perangkat itu. Supaya pengendara dapat menurunkan gigi transmisi lebih halus. Terutama jelang tikungan. Torsi besar cenderung membuat roda belakang terkunci di kondisi seperti itu.


Pengendalian terhadap R6, diyakini responsif. Ditunjang penerapan fork depan khusus balap dan knalpot bahan titanium. Kunci utamanya juga terletak pada pemilihan sasis. Material aluminium pada rangka dan juga swingarm, disebut terinspirasi dari kuda besi Yamaha di balap MotoGP.


Yamaha R1


Yamaha R1


Kalau ingin tahu impresi pacuan MotoGP, tebus dulu unit Yamaha R1 ini dengan mahar Rp605 juta. Ya, penampilan Yamaha M1 (MotoGP) memang menjadi cikal bakal lahirnya model R1 ini. Bisa terdeteksi dengan banyak sekali item yang diturunkan kepadanya. Paling utama tampak pada mesin. Yamaha R1 berbekal mesin DOHC 4 silinder segaris 998 cc. Tenaganya dan torsinya berlimpah, 197,2 HP di 13.500 rpm dan 112,4 Nm di 11.500 rpm.


Kemampuan tadi diimbangi oleh pilihan material di jeroan mesin. Yamaha R1 menggunakan con rods titanium dan forged aluminium piston. Besarnya tenaga juga tak lepas dari peran cylinder head, sehingga mampu menghasilkan kompresi tinggi, 13:1. Artinya, Yamaha R1 layak diajak berkompetisi di sirkuit balap. Sudah disenjatai pula fitur: Slide Control System (SCS), Traction Control System (TCS), Lift Control System (LIF), Quick Shift System (QSS) dan Launch Control System (LCS). Unit ini juga memiliki sistem rem ABS dengan Unified Brake System. Tujuannya untuk mengontrol tingkat pengeremannya. Terutama saat menemui situasi berbeda, dari jalan raya ke sirkuit atau sebaliknya. Model ini memang diposisikan sebagai produk road legal Yamaha.


Yamaha R1M


R1M


Sensasi mendekati tunggangan MotoGP sebenarnya, ditawarkan pada Yamaha R1M. Bekal jantung pacunya tetap sama dengan R1. Hanya saja, model ini disenjatai racing kit dan fitur lebih lengkap. Wajar jika peruntukannya kebanyakan untuk kebutuhan balap. Selain itu, harga jualnya cukup istimewa, Rp812 juta. Mungkin Yamaha R1M atau R1 bisa jadi koleksi Anda. Terlebih kabarnya, Valentino Rossi terlibat dalam pengembangan motor ini.

Artikel yang direkomendasikan untuk anda