Varian Terbawah Renault Triber RXL, Apa Saja Fitur yang Didapatkan?

JAKARTA -- Renault, diakui atau tidak, memang butuh kerja keras untuk kembali menancapkan benderanya di pasar otomotif Tanah Air. Bukan soal produk tapi lebih pada konsistensi keberadaan mereka. Pabrikan asal Prancis itu kini dengan langkah pasti menghadirkan Triber sebagai produk terbaru. Menariknya, mobil ini sekaligus pengubah image Renault.


Selama ini Renault memang kerap dianggap hanya menawarkan mobil berbanderol cukup mahal. Khas mobil-mobil asal Benua Eropa. Kini aggapan itu dibantah. Triber, kini tersedia sebagai model yang sangat terjangkau. Walau tak berlabel LCGC (Low Cost Green Car), mobil ini mampu menempatkan diri mendekati segmen itu. Terutama untuk varian termurahnya. RXL dilego Rp 169,9 juta, satu level dengan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Menjadi opsi terbawah, bukan berarti soal fitur tidak dibuat mumpuni.


Dimulai dari bentuk bodi. Nuansa sporty mendetail tetap diterapkan. Wajah terhiasi grille tangguh dan atraktif dengan sedikit insert kromium. Menyambung pada kedua sektor penerangan kompak. Pencahayaan model proyektor, menyempurnakan konsep sporty. Beralih ke sisi, dihias permainan kelir berupa kover fender, pilar B dan C, serta garnish pintu digelapkan. Kontras bodi yang memiliki lima pilihan warna: Yellow Topaz, Red Ruby, Blue Zircon, White Onyx dan Silver Obsidian. Sayang, tampilan dilengkapi pelek kaleng. Meski memang tertolong penutup dop yang membuatnya menjauhi kesan apa adanya.


Renault Triber interior


Interior


Aura modern disuguhkan pada interior. Untuk mengaksesnya masih menggunakan kunci konvensional. Tak seperti varian teratas yang sudah keyless. Renault memakai bahan fabric hitam membungkus jok. Kombinasi dua warna tersebar pada dasbor dengan finishing Piano Black. Detail kromium terselip di beberapa area, seperti kenop AC.


Ya, RXL mengandalkan pengaturan pendingin kabin model itu, tanpa adanya layar digital. Cukup menunjang kenyamanan. Aliran udara dingin juga dapat dirasakan penumpang belakang, lantaran tersemat double blower. Kembali di baris depan, pada sisi pengemudi diimbuhkan kemudi yang dapat disetel naik-turun (tilt). Kendali fitur mudah dieksekusi pengemudi. Penguncian pintu disokong remote central locking. Membuka-menutup jendela depan sudah elektrik. Meski pengaturan arah spion samping harus dilakukan secara manual.


Geser ke tengah, terpampang head unit 1Din disebut R&GO Audio System. Sederhana tapi punya fitur canggih. Dapat dihubungkan ke smartphone lewat Bluetooth atau USB. Menjadikan gawai komunikasi itu layaknya layar sentuh yang mengakses berbagai fungsi. Mulai dari multimedia hingga navigasi. Unit terhubung ke dua sepiker. Baris pertama kedapatan power outlet 12V, tapi tidak bagi mereka yang duduk di belakang. Terpaksa meminta tolong untuk mengisi daya baterai smartphone.


Renault Triber


Selain ditunjang ventilasi AC, kenyamanan baris kedua ada pengaturan posisi jok berupa slide dan recline. Pada baris ketiga, aksesnya juga praktis. Tumble action memudahkan bangku tengah dilipat. Fungsi EasyFix tetap tersedia. Bertujuan memaksimalkan ruang kargo belakang dengan melepaskan jok sepenuhnya. Ini masih ditambah banyak tempat penyimpanan tersebar di berbagai titik. Termasuk cooled storage di konsol tengah, yang bisa mendinginkan minuman.


Perlindungan standar dipasangkan memastikan keselamatan pengguna Triber RXL. Bahaya selip dan lepas kendali diantisipasi komponen Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Lantaran tak ada head unit monitor, kemudahan parkir hanya ditolong sensor di buritan. Itu sudah cukup untuk mengetahui keberadaan objek tak terlihat yang membahayakan mobil.


Proteksi utama sabuk pengaman diperkuat load limiter dan pretensioner. Tapi hanya pada sisi pengemudi. Tak perlu khawatir, dua kantung udara siap mengembang dari kemudi dan dasbor sebagai perlindungan ekstra. Perjalanan makin aman saat mulai berakselerasi. Bila sampai lupa mengunci pintu, sistem Speed Sensing Door Lock langsung mengambil alih. Sebaliknya saat terlibat insiden tak diinginkan, seluruh kunci dibuka menggunakan fitur Impact Sensing Lock.


Renault Triber


Mesin Triber


Renault tidak membedakan jantung mekanis pada varian terbawah. Enjin tiga silinder 1,0 liter naturally aspirated terbenam di moncong. Konfigurasi yang mengedepankan performa cukup, tapi punya efisiensi bahan bakar hebat. Keluaran tenaga tertinggi sebesar 72 PS di putaran 6.250 rpm dan torsi 96 Nm sejak 3.500 rpm. Seluruhnya disalurkan ke roda pakai jenis transmisi manual. Sehingga pengalaman mengemudi menjadi lebih menyenangkan dan seru.


Melihat spesifikasinya, Renault Triber RXL layak dibeli. Mengingat harganya yang sangat terjangkau. Apalagi sebagai merek Eropa, kualitas dijamin sehingga memberikan rasa nyaman terbaik. (Hfd)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda