Yamaha Pamer Prototipe Powertrain Listrik untuk Hypercar, Bukti Keahlian Meracik Mesin Buas

Yamaha Electric Motor

Sudah lama Yamaha berkecimpung di dunia roda empat. Beberapa kali dipercaya merancang mesin untuk mobil yang sekarang melegenda. Dalam resumenya tercatat unit hebat seperti 4A-GE dipakai Toyota 2000GT dan Trueno. Lalu 2UR-GSE dengan konfigurasi V8 berotot. Dan paling fenomenal 1LR-GUE V10 terbenam di kap mesin Lexus LFA. Belum lagi kelanjutan kolaborasi dalam terciptanya 3S-GTE dan 2ZZ-GE. Bukti kalau bukan hanya merajai roda dua dan dunia musik.

Yamaha juga diketahui tengah mengembangkan paket motor listrik untuk mobil niremisi. Walau masih dalam bentuk purwarupa, kelak bisa digunakan oleh hypercar listrik pada masa mendatang. Karena menghasilkan daya sebesar 350kW atau setara 475 Hp. Dari gambar yang beredar, itu merupakan perangkat motor listrik yang konstruksinya menggabungkan komponen mekanis dan elektrik. Mengintegrasikan roda gigi dan inverter menjadi satu unit. Mereka menyebutnya Interior Permanent Magnet Synchronous Motor (IPMSM) berpendingin oli. Juga dikembangkan untuk mengantisipasi pemasangan dan penggunaan beberapa unit pada satu kendaraan.

Walau menyerupai alat pemotong rumput, namun jangan salah, bentuk yang kompak itu punya kemampuan luar biasa. Berkat wujudnya yang ringkas pula, dapat diaplikasikan untuk semua model kendaraan. Bahkan sekelas supercar hingga hypercar.

Yamaha Electric Motor

Tak hanya unggul dalam hal dimensi yang kompak, peranti yang dirancang di Iwata, Jepang juga memiliki pilihan output atau tenaga. Pada saat perkenalan, paket motor listriknya mampu menghasilkan tenaga mulai dari 35 hingga 200 kW atau sekitar 46 hingga 272 hp. Variasi dayanya itu memudahkan para produsen mobil untuk menyesuaikan kebutuhan kendaraan yang dirancang. Kelebihan lainnya berkaitan harga dan durabilitas. Ada kemungkinan harga yang ditawarkan jauh lebih terjangkau ketimbang produk OEM.

Baca Juga: Konsorsium Empat Pabrikan Jepang Temui Kesepakatan Soal Paket Baterai yang Bisa Ditukar

Tahun ini mengalami pengembangan signifikan. Sekarang mereka membangun unit prototipe 350kW atau 475 hp. Yamaha menyatakan bahwa unit yang dirancang sangat cocok diaplikasikan ke hypercar. Dari gambar yang tersiar, menunjukkan empat unit (satu di setiap roda) dan ditempatkan pada platform EV. Bila ditotal, sanggup menghasilkan 1.400 kW.

Tidak seperti pabrikan lain, alih-alih mengatur suhu menggunakan air, malah pakai berpendingin oli. Pelumas memiliki titik didih lebih tinggi dari pada air, dan merupakan isolator listrik, yang berarti dapat mendinginkan sistem pada suhu lebih tinggi. Tujuan pabrikan Iwata tentu saja untuk memberikan solusi sederhana bagi produsen mobil tanpa harus menghabiskan waktu, atau uang, untuk membangun motor listrik dari awal. Keuntungan lain pastinya dapat membangun lebih cepat dan biaya (relatif) murah.

Yamaha Electric Motor

“Ini merupakan perkembangan penting untuk motor listrik, dengan pengurangan ukuran yang memungkinkan beberapa unit lebih mudah dipasang ke satu kendaraan. Kami pikir membuat unit kompak adalah yang terpenting. Dengan kemajuan teknologi baterai, dan fokus kinerja sistem, kami tidak terlalu khawatir,” kata Takashi Hara, Yamaha Engineering division 2.

Yamaha mengatakan, unit dirancang mirip dengan arsitektur 800V – seperti yang digunakan di Porsche Taycan dan Audi e-tron GT. Namun pihaknya mengklaim kalau karya yang dibuat merupakan salah satu motor listrik paling padat daya dan bakal tersedia untuk hampir semua pabrikan. Dalam proses pengembangan motor listriknya, Yamaha menggunakan Alfa Romeo 4C sebagai mobil uji. Menggunakan motor listrik 200kW, dan hasilnya dikatakan lebih bertenaga dibanding mobil produksi yang menggunakan mesin empat-pot turbocharger 1,75 liter.

Berbicara tentang pabrikan, OEM sudah bisa melakukan pesanan unit prototipe dengan Yamaha. Hanya tinggal mengubah metode keluaran dan pendinginan unit, tergantung aplikasi dan kebutuhan spesifik klien. (Bgx/Odi)

Sumber: Whichcar, Electrec

Baca Juga: Mobil Asyik yang Pakai Mesin Bikinan Yamaha

Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Jaecoo Buka Dealer Baru 3S Di Sunter, Perluas Jangkauan Pelanggan
    Jaecoo Buka Dealer Baru 3S Di Sunter, Perluas Jangkauan Pelanggan
    Eka Zulkarnain H . 18 Des, 2025
  • Pabrik BYD Indonesia Rampung Tahun Ini, Kuartal 2026 Mulai Produksi
    Pabrik BYD Indonesia Rampung Tahun Ini, Kuartal 2026 Mulai Produksi
    Muhammad Hafid . 18 Des, 2025
  • MG Pertimbangkan MPV 7-Seater, Pastikan S5 EV Debut di Indonesia Tahun Depan
    MG Pertimbangkan MPV 7-Seater, Pastikan S5 EV Debut di Indonesia Tahun Depan
    Wahyu Hariantono . 18 Des, 2025
  • Toyota RAV4 Generasi Ke-6 Resmi Meluncur, Andalkan Hybrid Canggih dan Sistem E-Four
    Toyota RAV4 Generasi Ke-6 Resmi Meluncur, Andalkan Hybrid Canggih dan Sistem E-Four
    Setyo Adi . 18 Des, 2025
  • Presiden Indonesia Mau Bikin Mobil Nasional, VinFast Kasih 'Contekan' Agar Sukses
    Presiden Indonesia Mau Bikin Mobil Nasional, VinFast Kasih 'Contekan' Agar Sukses
    Anjar Leksana . 18 Des, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Honda Freed Berubah Jadi Van Retro ala 80-an
    Honda Freed Berubah Jadi Van Retro ala 80-an
    Muhammad Hafid . 18 Des, 2025
  • MG Pastikan S5 EV Debut di Indonesia 2026, MPV 7-Seater Masih Dikaji
    MG Pastikan S5 EV Debut di Indonesia 2026, MPV 7-Seater Masih Dikaji
    Wahyu Hariantono . 18 Des, 2025
  • Daftar Mobil Pemenang di Tiap Kategori Forwot Car of The Year 2025
    Daftar Mobil Pemenang di Tiap Kategori Forwot Car of The Year 2025
    Anjar Leksana . 18 Des, 2025
  • Pembuktian di Lintasan Balap: Master Radiator Coolant Jaga Suhu Mesin di Kondisi Ekstrem
    Pembuktian di Lintasan Balap: Master Radiator Coolant Jaga Suhu Mesin di Kondisi Ekstrem
    Setyo Adi Nugroho . 18 Des, 2025
  • GWM Luncurkan Ora 5, Hadirkan Pilihan EV, Hybrid dan Bensin
    GWM Luncurkan Ora 5, Hadirkan Pilihan EV, Hybrid dan Bensin
    Muhammad Hafid . 18 Des, 2025
  • Mengenal Ford Everest Sport, Varian Paling Terjangkau dengan Karakter Premium
    Mengenal Ford Everest Sport, Varian Paling Terjangkau dengan Karakter Premium
    Muhammad Hafid . 18 Des, 2025
  • Pertimbangan Pakai Mitsubishi New Pajero Sport Buat Trip Liburan Akhir Tahun
    Pertimbangan Pakai Mitsubishi New Pajero Sport Buat Trip Liburan Akhir Tahun
    Ardiantomi . 17 Des, 2025
  • Ingin Pinang Mitsubishi All-New Destinator? Pahami Keunggulan Mesin Turbo dan Cara Perawatannya
    Ingin Pinang Mitsubishi All-New Destinator? Pahami Keunggulan Mesin Turbo dan Cara Perawatannya
    Ardiantomi . 17 Des, 2025
  • Kupas Perbedaaan Fitur Canggih Jaecoo J5 EV Standard dan Premium, Pilih Mana?
    Kupas Perbedaaan Fitur Canggih Jaecoo J5 EV Standard dan Premium, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 15 Des, 2025
  • Update Harga Low SUV Terbaru Akhir 2025
    Update Harga Low SUV Terbaru Akhir 2025
    Setyo Adi Nugroho . 12 Des, 2025
  • Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Setyo Adi Nugroho . 25 Okt, 2025
  • Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
  • Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Anjar Leksana . 14 Okt, 2025
  • Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Anjar Leksana . 08 Okt, 2025
  • Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Anjar Leksana . 01 Okt, 2025
  • Test Drive Bentley Continental GT PHEV: Grand Tourer Atletis Memasuki Era Elektrifikasi
    Test Drive Bentley Continental GT PHEV: Grand Tourer Atletis Memasuki Era Elektrifikasi
    Wahyu Hariantono . 04 Des, 2025
  • Test Drive Wuling Darion PHEV: MPV Keluarga Irit, Bisa Tempuh 1.200 Km Tanpa Isi Ulang!
    Test Drive Wuling Darion PHEV: MPV Keluarga Irit, Bisa Tempuh 1.200 Km Tanpa Isi Ulang!
    Ardiantomi . 20 Nov, 2025
  • Test Drive Offroad Chery J6T: Traksi Brutal iWD Tembus Batu, Lumpur, dan Genangan Dalam
    Test Drive Offroad Chery J6T: Traksi Brutal iWD Tembus Batu, Lumpur, dan Genangan Dalam
    Muhammad Hafid . 17 Nov, 2025
  • First Drive All New Honda Prelude: Senyaman Civic Hybrid, Sestabil Type R!
    First Drive All New Honda Prelude: Senyaman Civic Hybrid, Sestabil Type R!
    Bangkit Jaya Putra . 10 Nov, 2025
  • First Drive Changan Lumin L DC: Proporsional untuk Mobilitas Harian di Kota
    First Drive Changan Lumin L DC: Proporsional untuk Mobilitas Harian di Kota
    Anjar Leksana . 07 Nov, 2025