Yamaha YZF-R3 Warna Baru, Mirip NSR250R Repsol

JAKARTA -- Sukses masa lalu kerap dijadikan bahan untuk membuka kenangan. Seperti Yamaha YZF-R3 atau di Indonesia dikenal sebagai YZF-R25, hadir dengan tampilan baru. Hanya saja ini berlaku untuk pasar Amerika. Pabrikan Jepang itu memberi ubahan minor pada motor sport full fairing ini. Ia cuma dibungkus dengan warna baru, dan sekilas mirip Honda NSR250R Repsol. Kelir anyar yang dikenalkan diberi nama Electric Teal.


Dari sisi tampilan, memang tak ada perbedaan dengan model lain. Bedanya, ya itu tadi, penggunaan kombinasi warna yang jauh lebih nyentrik dan menarik. Electric Teal hadir dengan cat greenish (campuran biru-hijau) atau lebih mendekati toska yang mendominasi di seluruh bagian bodinya. Diberikan pula tulisan R3 di tiap sisi fairing yang lebih besar dibanding varian lainnya.


Yang tak kalah ngejreng adalah penggunaan kelir jingga di pelek yang serupa dengan varian Ice Fluo pada MT-09. Sangat kontras, apalagi diberikan nuansa gelap di beberapa bagian tubuhnya. Lalu untuk suspensi depan tetap berwarna hitam, tidak seperti untuk pasar Indonesia yang pakai cat gold. Dan terdapat mata kucing yang menghiasi bagian peredam kejut depan, sesuai regulasi kesematan di sana.


YZF-R3 Team Yamaha Blue


Warna unik ini memang jarang digunakan pabrikan manapun. Dengan ditambah corak stiker pada bodinya, bisa dibilang skemanya mirip dengan motif Repsol yang diadopsi dari model akhir NSR250R. Meski demikian, ia memberikan nuansa berbeda jika dibandingkan dari semua cat model motor reguler.


Di luar warna baru tadi, tak ada ubahan signifikan. Mesinnya pun masih sama, berkubikasi 321 cc, DOHC, 2-silinder, 4-Tak, serta pendingin cairan. Ukuran bore dan stroke 68 mm x 44,1 mm. Rasio kompresi cukup besar yakni 11,2:1. Selain itu Yamaha R3 juga mengadopsi teknologi DiASiL Cyinder dan Forged Piston.


Dengan struktur tersebut dirinya mampu berakselerasi dengan cepat dan mampu menyemburkan tenaga makasimum sebesar 42 Hp di putaran 10.750 rpm. Dan untuk torsinya sebesar 29,6 Nm pada 9.000 rpm. Dayanya itu disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 6 percepatan manual.


YZF-R3 Matte Stealth Black


Suspensi depan tetap mengandalkan upside down dari KYB dengan jarak main 5,1 inci. Dan belakang monocross dengan adjustable preload yang punya travel 4,9 inci. Perangkat itu membuat Yamaha R3 makin stabil kala diajak riding.


Pengereman sudah menggunakan tipe cakram, 298 mm di depan dan 220 mm belakang. Sudah dilengkapi dengan fitur ABS (Anti-lock Braking System), mampu meminimalisasi terjadinya kecelakaan akibat reaksi rem mendadak yang dilakukan oleh pengendara. Sementara urusan kulit bunda dibekali ban Dunlop model Sportmax GPR 300 dengan ukuran 110/70 -17 depan dan 140/70-17 belakang.


Dengan ketambahan Electric Teal, maka ada 3 varian warna untuk YZF-R3 di Amerika. Sebelumnya sudah ada Team Yamaha Blue dan Matte Stealth Black. Ketiganya sudah bisa dipesan mulai November 2020 dengan banderol US$ 5.299 atau jika dikonversi setara dengan Rp 78 jutaan. Namun sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut apakah warna ini bakal di jual di Indonesia. (Bgx)


Sumber : Young Machine

Artikel yang direkomendasikan untuk anda