BMW Motorrad Siapkan G 310 R dan G 310 GS Baru

JAKARTA -- Pengembangan produk terus dilakukan BMW Motorrad. Divisi roda dua BMW itu dikabarkan tengah menyiapkan generasi terbaru untuk G 310 R dan G 310 GS. Informasi itu terkuak setelah gambar teaser keduanya muncul. Ada kemungkinan kalau model terkecil produk Bavarian ini hadir di 2021. Memang belum banyak informasi apa saja yang berubah, namun yang pasti penerapan standar gas buang telah ditingkatkan.


Rencana kehadiran generasi terbaru G 310 R dan G 310 GS ini masuk akal. Pasalnya kedua produk itu belum pernah mendapat penyegaran ataupun facelift sejak mendebut secara global. Model terkecil ini diluncurkan di EICMA, Milan pada 2015 sekaligus menandakan dirinya sebagai sepeda motor sub-500 cc pertama perusahaan. Ia ditergetkan untuk memberikan pijakan yang kokoh di pasar Asia.


Gambar teaser yang beredar mulanya hanya berupa siluet, namun ketika meningkatkan eksposur pada bidikan bayangan, semua tampak jelas. Tapi sayangnya perubahan yang didapat pada model ini relatif kecil. Tidak banyak yang dapat diketahui mengenai desainnya. Semua masih terlihat serupa dengan model sekarang.


BMW G 310 GS spyshot


Spyshot


Kalau dilihat dari spy shots yang pernah tersiar pada April lalu, semua menjadi jelas. Wujud dari mukanya ada sedikit perbedaan. Kedua produk untuk generasi berikutnya disinyalir menggunakan lampu depan model baru. Bentuknya meruncing dengan sudut yang lebih tajam.


Terapan terbaru untuk G 310 R yaitu cahaya utama sudah pakai LED yang dibagi dua bagian. Hal itu diasumsikan dari gambar yang beredar dengan melihatkan sinar cahaya putih yang keluar dari headlamp. Batoknya terlihat sedikit lebih tipis dibandingkan versi lawas yang menggunakan bohlam, dan posisinya sedikit lebih turun. Jika benar, tampilannya sudah pasti lebih gagah dan sporty. Komponen itu juga bisa dibilang mirip dengan milik BMW F 900 R terbaru.


Pada GS anyar, bagian paruh sekarang sedikit lebih sempit dan desain panel samping lebih tajam dan agresif. Sama dengan versi naked, dirinya juga menggunakan headlamp LED dengan model bertingkat, alias dua cluster yang terbagi atas-bawah. Untuk sinyal belok juga terlihat berubah bentuk, yakni lebih kecil dan kemungkinan besar sudah menggunakan teknologi diode.


BMW G 310 GS spyshot


Desain


Pada R, bodi di bawah tangki sekarang mengarah ke depan dan panel sampingnya sekarang dipecah menjadi tiga bagian yang berbeda. Selain itu, finishing warna crankcase, rear grip dan footpeg bracket berubah jadi berwarna hitam. Begitu pula dengan varian GS.


Selain itu, gambar teaser yang ada juga memperlihatkan desain bodi yang menonjolkan bentuk rangka teralisnya. Dikutip dari visordown, ukuran frame-nya boleh jadi lebih dipajang dibanding yang ada sekarang. Sementara knalpot dibuat lebih besar dan kemungkinan menyesuaikan undang-undang emisi baru yang kian ketat. Bisa jadi dirinya sudah mengadopsi standar Euro 5 untuk MY2021.


Hingga kini, belum ada kabar mengenai perubahan pada mesin, tetapi ada kemungkinan standar emisi gas buangnya ditingkatkan. Sebagai catatan, BMW seri G 310 menggendong mesin berkapasitas 313 cc, DOHC, 1-silinder, 4 katup, two overhead chamshaft, berpendingin cairan. Ia mampu menghasilkan tenaga maksimum 34 Hp pada 9.500 rpm dan torsi puncak 28 Nm di 7.500 rpm.


BMW G 310 GS spyshot


Suspensi


Dilansir dari visorsdown, untuk suspensi antara G 310 GS dengan G 310 R sama-sama menggunakan upside down berdiameter 41 mm dan monoshock adjustable. Perbedaannya hanya jarak travel suspensi depan, G 310 GS lebih tinggi yaitu, 180 mm dan saudaranya hanya 140 mm. Sedangkan jarak travel suspensi belakang GS 180 mm dan versi R hanya 131 mm.


Namun sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut mengenai detail spesifikasi serta waktu peluncurannya. Apalagi BMW telah mengumumkan bahwa mereka tidak dapat menghadiri dua pameran sepeda motor terbesar Eropa tahun ini. Ada kemungkinan kedua unit anyar diprediksi meluncur secara live streaming. (Bgx)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda