Suzuki Luncurkan GSX-R1000R Edisi Spesial 100 Tahun

JAKARTA -- Suzuki Motor Corporation, tahun ini merayakan usainya yang ke-111 tahun. Usai lebih satu abad ini dirayakan pabrikan yang bermarkas di Hammamatsu, Shizuoka, Jepang itu dengan merilis model spesial. Termasuk yang terbaru adalah menghadirkan GSX-R1000R 100th Anniversary Edition. Motor yang dibungkus grafis istimewa ini hanya diproduksi dengan jumlah 100 unit saja, dan -- sayangnya hanya dijual di Inggris -- mulai Oktober 2020.


Dari tampilan luar, dibanding dengan versi reguler, ada detail spesial pada GSX-R1000R edisi ulang tahun Suzuki yang ke-100 tahun ini. Terutama pada bagian livery yang serupa dengan motor balap GSX-RR tim Suzuki Ecstar MotoGP. Selain itu terdapat skema warna biru dan silver untuk memberi penghormatan kepada pembalap legendaris Suzuki, Erns Degner di balap grand prix era 1960-an. Dirinya ialah pembalap pertama yang berhasil mempersembahkan kemenangan dan gelar juara dunia pertama untuk Suzuki pada 1962 di kelas 500 cc.


“Dengan hanya 100 unit tersedia di Inggris, ini adalah kesempatan unik untuk memiliki dan menjadi bagian dari sejarah Suzuki. Jajaran GSX-R, dan khususnya model bermesin 1000 cc, telah lama menjadi jajaran andalan motor sport dengan sejarah termasyhur baik di jalan raya maupun di trek balap. Untuk menandai 100 tahun perusahaan Suzuki, kami cukup tepat untuk mengadopsi corak motor yang terinspirasi retro yang telah mencapai dan berkontribusi begitu banyak pada sejarah kami,” ungkap Jonathan Martin, Head of Suzuki Motorcycle UK dikutip dari Carscoops.


Suzuki GSX-R1000R 100th Anniversary Edition


Suzuki GSX-R1000R muncul dalam skema warna Metallic Triton Blue / Metallic Mystic Silver. Dalam paket penjualan, pembeli juga bisa mendapatkan aksesori asli Suzuki, seperti Sports Track Pack. Sementara untuk urusan dapur pacu, GSX-R1000R 100th Anniversary Edition masih menggendong mesin yang sama dengan versi reguler.


Dirinya tetap mengandalkan mesin berkapasitas 999 cc, 4 slinder segaris, DOHC, berpendingin cairan. Dengan bekal yang dibawanya ia sanggup mencatatkan power maksimum sebesar 194 Hp pada putaran mesin 13.200 rpm dan torsi 117 Nm pada 10.800 rpm. Angka yang terbilang sangat fantastis, dan memungkinkan para pengguna untuk bisa mendapatkan top speed hanya dalam hitungan detik.


Suzuki juga membekalinya dengan beragam fitur canggih. Seperti Variable Valve Timing (VVT), Suzuki Exhaust Tuning-Alpha (SET-A), Suzuki Drive Mode Selector (S-DMS), Motion Track TCS (Traction control system) dan launch control & Bi-directional quick shift system, yang memudahkan para pengguna ketika berkendara dalam kecepatan tinggi. Serta Suzuki Top Feed Injector (S-TFI) yang meningkatkan performa pada putaran rendah maupun tinggi.


Suzuki GSX-R1000R 100th Anniversary Edition


Rangkanya sangat kokoh dengan ditopang oleh upside down Showa BBF (Balance Free Front Fork) dan belakang monoshock Showa BFRC (Balance Free Rear Cushion lite). Untuk pengeremannya memakai kaliper rem radial mount monoblock empat piston ditambah dengan cakram rem dan T-drive floating mount dari Brembo. Tak lupa juga disematkan perangkat ABS (Anti-lock Braking System) Dual Channel.


Meski hadir dengan edisi terbatas, bentuk tubuhnya tidak berubah. Pada bagian depan terpasang single head-lamp dengan bentuk unik, lengkap bersama lampu sein yang berada di sisi samping. Semua sektor pencahayaan itu sudah menggunakan jenis lampu LED, memiliki nyala lebih terang dan hemat daya. Lalu di kedua sisi lampu utama, dibuat lubang yang berfungsi sebagai pendukung pendinginan mesin dengan mengandalkan angin dari depan.


Bagian tengah terpasang tangki bahan bakar yang dibentuk dengan mengikuti alur aerodinamis, dan sanggup menampung BBM sebanyak 16 liter. Tempat duduk dibuat bertingkat, dan memaksa penggunanya lebih membungkuk saat mengendarainya. Tak ketingalan tail light menggantung turut serta melengkapinya, untuk meningkatkan fungsionalitas sebagai kendaraan jalanan.


Suzuki GSX-R1000R 100th Anniversary Edition


Bagaimana dengan harga? Untuk Suzuki GSX-R1000R spesial 100 tahun ini dijual £ 16.999, atau sekitar Rp 324 juta. Dalam kompetisi superbike, GSX-R1000R berhadapan dengan Yamaha R1, Kawasaki ZX-10R dan Honda CBR1000RR-R.


Sebagai informasi, GSX-R series telah memenangkan banyak balapan dan kejuaraan di Inggris, Amerika Serikat, Australia, dan TT di Isle of Man. Serta baru-baru ini meraih tiga kemenangan di putaran Silverstone British Superbike. Tahun ini menandai 100 tahun sejak dimulainya Suzuki Loom Manufacturing Company.


Perusahaan ini memulai produksi sepeda motor pada 1952 dengan peluncuran Power Free, dan dua tahun kemudian berganti nama menjadi Suzuki Motor Company Ltd. Sejak saat itu, SMC memproduksi beberapa sejumlah motor paling ikonik di abad ke-20 dan ke-21, termasuk seri GSX-R - terutama GSX-R750F 1985 dan GSX-R1000 K1 2001. Selain itu ada pula GT750, GSX1100S Katana, dan RGV250, ditambah Bandit dan Hayabusa yang legendaris. (Bgx)


Sumber: Carscoops, Ride Apart

Artikel yang direkomendasikan untuk anda