Test Drive New Nissan Kicks e-Power: Fokus ke Efisiensi

Nissan Kicks

Nissan Kicks e-Power eksis sejak 2020 di Indonesia. Seiring berjalannya transisi menuju elektrifikasi, teknologi e-Power memberikan solusi praktis bagi pengemudi yang ingin merasakan efisiensi luar biasa sekaligus membantu mengurangi emisi CO2. Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara merupakan pasar yang dinilai ideal untuk menerapkan rangkaian sistem hybrid tersebut. Saat ini transisi menuju kendaraan full listrik masih terlalu dini dan infrastruktur pendukungnya masih perlu ditingkatkan. Dengan misi untuk meningkatkan kesadaran akan potensi e-Power, Nissan ASEAN mengajak kita untuk lebih mendalami produknya yaitu Kicks.

OTO Media Group turut serta dalam ajang Nissan e-Power Experience yang digelar di Thailand. Bersama sejumlah media lain dari Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Filipina, kami akrab dengan Kicks e-Power dalam perjalanan dari Chiang Rai ke Chiang Mai di Thailand utara.

Nissan memasarkan beberapa varian Kicks ke pasar Thailand. Sekaligus menjadikan Thailand sebagai pusat perakitan. Unit yang kami jajal adalah varian Kicks e-Power Autech. Dari segi spesifikasi powertrain pun tidak jauh berbeda. Pasalnya sudah menggunakan e-Power generasi kedua yang akan hadir mulai tahun 2022. Nah, yang membedakan varian Autech adalah detail trim eksterior dan kelengkapan fitur dibandingkan varian E, V, dan VL.

Nissan Kicks

Perjalanan dari Riverie Hotel di Chiang Rai. Kota dataran tinggi ini terkenal dengan situs bersejarah dan museumnya. Serta memiliki lalu lintas lancar. Padahal aktivitas kota cukup padat. Oleh karena itu, dimungkinkan untuk melaju lebih cepat untuk mempersingkat waktu perjalanan, dengan tetap menghormati batas kecepatan setempat.

Pemberhentian pertama Choui Fong Tea, kedai teh yang terletak di perkebunan teh. Setelah dari pusat kota, jalan menanjak terjal dan berkelok-kelok. Pada kecepatan sedang, Kicks bergerak dengan nyaman karena karakteristik motor listriknya yang cukup santun. Meski torsinya padat, namun responsnya tetap linier sehingga memberikan sensasi akselerasi natural. Ciri-ciri tersebut cocok bagi pengemudi yang biasa menggunakan mobil bermesin konvensional hingga model elektrifikasi. Ada tiga mode berkendara yang bisa dipilih, namun menurut kami mode Normal sudah cukup.

Medannya tidak terlalu sulit, hanya terdapat tanjakan lurus sekitar 100 m. Cukup jaga momentum dan injak pedal gas. Saatnya menggunakan e-Pedal Step untuk menghemat baterai berkat pengereman regeneratif. Menuruni tanjakan hanya memerlukan satu pedal karena ketika pedal gas dilepas secara bertahap maka akan berfungsi sebagai engine brake. Selain lebih hemat dalam penggunaan tenaga dan gerakan kaki pada pedal, juga dapat memperpanjang umur kampas rem.

Nissan Kicks

Namun ada perbedaan dibandingkan Kicks e-Power lama. Model baru tidak lagi menawarkan pengereman regeneratif sekuat sebelumnya. Saya cukup akrab dengan yang lama, jadinya harus beradaptasi dengan karakteristik baru. Meski tidak ada pilihan level seperti kebanyakan kendaraan listrik, Anda tetap bisa memperlambat mobil hingga berhenti total.

E-Pedal Step tidak ribet dan membuat berkendara jadi lebih rileks. Mengarungi jalanan berkelok-kelok sangat memudahkan. Sekaligus mengurangi konsumsi bensin untuk mesin 1,2 liter 3-silinder yang diusungnya. Mesin ini lebih jarang menyala untuk mengisi ulang baterai 2,06 kWh. Saya sekali lagi merasakan perbedaannya dengan powertrain e-Power versi sebelumnya. Model ini sepertinya dikembangkan untuk membantu mesin pembakaran internal bekerja lebih senyap pada rpm rendah. Hal ini merupakan bagian dari peningkatan NVH (noise, vibrasi, roughness/kebisingan, vibrasi, kekerasan) demi kenyamanan penumpang.

Suspensi Kicks cukup keras dan kaku. Untungnya, kondisi aspal di Thailand secara umum cukup mulus. Kualitasnya lebih bagus dan terjaga dibandingkan di Indonesia. Oleh karena itu, sifat sasis yang kaku tidak terlalu menjadi masalah. Ini benar-benar menjadi nilai tambah saat menghadapi jalanan berkelok-kelok, sehingga handlingnya stabil. Tidak ada goyangan bodi berlebihan, kecepatan stabil, kemudi presisi.

Nissan Kicks

Pemberhentian kedua adalah Bendungan Mae Suai, tempat makan siang di tepi waduk dan bendungan, 90 km dari pemberhentian pertama. Saat berbincang dengan rekan media dari negara lain, kami sepakat memang ada perubahan pada karakter powertrain Kicks e-Power. E-Pedalnya lebih halus dan motornya tidak secepat versi pertama. Kabin yang lebih kedap udara juga menjadi perbincangan saat istirahat dengan pemandangan waduk yang tenang.

Perjalanan menjadi lebih menarik karena memungkinkan kami mendorong Kicks e-Power lebih cepat. Pengujian juga mengubah fokus untuk menyoroti kinerja dan penanganan. Kebetulan jalannya sebagian besar menurun dengan jalan berkelok-kelok. Sekali lagi, kondisi lalu lintas nyaman, hanya beberapa pemberhentian di lampu lalu lintas.

Awalnya saya mengira Kicks tidak ideal untuk berkendara jarak jauh. Dibandingkan model lain dengan dimensi lebih besar. Bayangkan betapa nyamannya jika saya menggunakan Serena atau X-Trail terbaru yang juga memiliki opsi e-Power. Namun jika hanya menampung dua orang ternyata sudah lebih dari cukup. Performa dan kenyamanan memadai. Mungkin sebagian penumpang akan merasa tidak nyaman duduk di barisan belakang.

Nissan Kicks

Jalan yang kosong menawarkan lebih dari sekedar kesempatan untuk meningkatkan kecepatan dan berkendara dengan mantap. Alhasil, pada MID Kicks yang kami gunakan rata-rata konsumsi bahan bakarnya mencapai 19-20 km/liter. Pada kecepatan tinggi, motor listrik yang terletak di roda depan tak segan-segan memberikan tenaga maksimal saat diharuskan menyalip kendaraan lain. Jika kurang yakin, Anda bisa mengaktifkan mode Sport.

Mengenai fitur keselamatan Safety Shield 360, beberapa fitur yang sangat efektif saat beraktivitas adalah Blind Spot Warning (BSW), Around View Monitor (AVM) dengan fitur Transmitter, Moving Object Detection (MOD) dan Lane Departure Warning (LDW) . Selebihnya tambahan saat berkendara mulus, seperti Intelligent Cruise Control (ICC), Headlight Assist (HBA), dan Intelligent Rearview Mirror (IRVM). Tentu saja, kami tidak memperkirakan situasi apa pun akan memicu Intelligent Forward Collision Warning (IFCW) dan Intelligent Emergency Braking (IEB).

Kondisi jalan antara kota di Thailand dan Indonesia cukup mirip, khususnya Jalan Pantura. Selain iklim dan pemandangan alamnya, sebagian besar kendaraan yang lewat di sini mirip dengan yang ada di Indonesia. Perbedaan yang paling signifikan adalah permukaan jalan yang lebih mulus dan terawat, lalu lintas yang lebih sedikit, dan pengemudi yang lebih menghormati peraturan lalu lintas.

Nissan Kicks

Rangkaian perjalanan satu hari ini akhirnya berakhir di Chiang Mai setelah menempuh jarak lebih dari 300 km. Kota yang lebih ramai dibandingkan Chiang Rai ini menjadi salah satu tujuan wisatawan yang ingin menikmati suasana kota modern. Tak heran jika kepadatan lalu lintasnya juga tinggi. Sering menimbulkan kemacetan, seperti di Bangkok atau Jakarta. Karena masih berada di dataran tinggi, kita bisa melihat pegunungan dengan cukup jelas di balik deretan gedung-gedung bertingkat.

Teknologi e-Power bukanlah sesuatu yang baru namun masih memiliki banyak potensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Untuk pasar negara berkembang, model Nissan e-Power seperti Kicks bisa menjadi alternatif yang baik untuk memudahkan transisi ke era elektrifikasi. Selain itu, jika Nissan dapat mengembangkan peluang biofuel yang menguntungkan, hal ini dapat menjadikan jejak karbon e-Power yang sudah rendah menjadi semakin ramah. (Why/Odi)

 

Baca Juga: Nissan Kicks e-Power: Seberapa Efisien Teknologi Hibridanya?

Jelajahi Nissan Kicks e-Power

Model Mobil Nissan

Mobil Nissan
  • Nissan Livina
    Nissan Livina
  • Nissan Magnite
    Nissan Magnite
  • Nissan Serena
    Nissan Serena
  • Nissan Ariya
    Nissan Ariya
  • Nissan Kicks 2024
    Nissan Kicks 2024
Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil Nissan Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Nissan Kicks e-Power dari Carvaganza

  • Laporan Eksklusif: Road Trip Rendah Emisi di Thailand Bersama Nissan Kicks e-Power
    Laporan Eksklusif: Road Trip Rendah Emisi di Thailand Bersama Nissan Kicks e-Power
    Wahyu Hariantono . 27 Nov, 2023
  • Nissan Kicks e-Power Punya Versi Autech di Thailand, Ini Bedanya Dengan Versi Indonesia
    Nissan Kicks e-Power Punya Versi Autech di Thailand, Ini Bedanya Dengan Versi Indonesia
    Wahyu Hariantono . 25 Nov, 2023
  • Laporan Eksklusif: Mengeksplorasi Potensi Elektrifikasi Nissan Kicks e-Power Jelajah Thailand
    Laporan Eksklusif: Mengeksplorasi Potensi Elektrifikasi Nissan Kicks e-Power Jelajah Thailand
    Wahyu Hariantono . 24 Nov, 2023
  • Awal Mula Teknologi Nissan e-Power, Langsung Laris Begitu Dirilis di Jepang
    Awal Mula Teknologi Nissan e-Power, Langsung Laris Begitu Dirilis di Jepang
    Alvando Noya . 23 Nov, 2023
  • Kenali Cara Kerja dan Keunggulan Teknologi e-Power Nissan
    Kenali Cara Kerja dan Keunggulan Teknologi e-Power Nissan
    Muhammad Hafid . 22 Nov, 2023

Artikel Mobil Nissan Kicks e-Power dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Nissan Masih Pertimbangkan Teknologi Hidrogen dan Biofuel
    Nissan Masih Pertimbangkan Teknologi Hidrogen dan Biofuel
    Wahyu Hariantono . 04 Des, 2023
  • Bercengkerama bersama Nissan Kicks e-Power Autech di Thailand, Begini Speknya
    Bercengkerama bersama Nissan Kicks e-Power Autech di Thailand, Begini Speknya
    Wahyu Hariantono . 26 Nov, 2023
  • Road Trip di Thailand Sambil Mengeksplorasi Teknologi Nissan Kicks e-Power
    Road Trip di Thailand Sambil Mengeksplorasi Teknologi Nissan Kicks e-Power
    Wahyu Hariantono . 25 Nov, 2023
  • Nissan Kicks e-Power Banting Harga, Ada Diskon Sampai Rp50 Juta!
    Nissan Kicks e-Power Banting Harga, Ada Diskon Sampai Rp50 Juta!
    Setyo Adi Nugroho . 30 Sep, 2022
  • JAW 2022: Tampilkan Ragam Model Unggulan, Nissan Tawarkan Program Cicilan Menarik
    JAW 2022: Tampilkan Ragam Model Unggulan, Nissan Tawarkan Program Cicilan Menarik
    Ivan Hermawan . 16 Mar, 2022
  • Toyota Yaris Cross Hybrid Menantang Nissan Kicks e-Power
    Toyota Yaris Cross Hybrid Menantang Nissan Kicks e-Power
    Setyo Adi Nugroho . 24 Mei, 2023
  • Pilihan Crossover dengan Penggerak Motor Listrik, Pilih Nissan Kicks e-Power atau Hyundai Kona Electric?
    Pilihan Crossover dengan Penggerak Motor Listrik, Pilih Nissan Kicks e-Power atau Hyundai Kona Electric?
    Ahmad Karim . 09 Nov, 2020
  • Adu Canggih Dua SUV Hybrid: Nissan Kicks e-Power vs Toyota Corolla Cross Hybrid
    Adu Canggih Dua SUV Hybrid: Nissan Kicks e-Power vs Toyota Corolla Cross Hybrid
    Ahmad Karim . 03 Sep, 2020
  • Test Drive New Nissan Kicks e-Power: Setelan Baru Mengejar Efisiensi
    Test Drive New Nissan Kicks e-Power: Setelan Baru Mengejar Efisiensi
    Wahyu Hariantono . 29 Nov, 2023
  • First Drive New Nissan Kicks e-Power 2023: Performa Masih Idaman, Efisiensi Jadi Bonus
    First Drive New Nissan Kicks e-Power 2023: Performa Masih Idaman, Efisiensi Jadi Bonus
    Setyo Adi Nugroho . 13 Apr, 2023
  • Road Test Nissan Kicks e-Power, Konsumsinya Bisa 25 Km/Liter
    Road Test Nissan Kicks e-Power, Konsumsinya Bisa 25 Km/Liter
    Wahyu Hariantono . 13 Okt, 2020
  • Maximum Trip Nissan Kicks e-Power Part - 3: Intelejensia Mobil Seharga Rp 449 Juta
    Maximum Trip Nissan Kicks e-Power Part - 3: Intelejensia Mobil Seharga Rp 449 Juta
    Ivan Hermawan . 09 Sep, 2020
  • Maximum Trip Nissan Kicks e-Power Part - 2: Benarkah Ia Crossover Terhebat Saat Ini?
    Maximum Trip Nissan Kicks e-Power Part - 2: Benarkah Ia Crossover Terhebat Saat Ini?
    Ivan Hermawan . 09 Sep, 2020