6 Tips Aman Parkir Mobil di Luar Rumah

JAKARTA – Idealnya kendaraan diparkir di garasi rumah. Itu tentu langkah paling baik. Tapi masih banyak orang yang memiliki rumah dan kendaraan tapi tidak punya garasi. Atau terkadang ada situasi yang membuat kita harus memarkirkan mobil di luar rumah.


Kondisi tersebut tentu cukup rawan, apalagi saat ini kembali marak pencurian mobil. Namun, tak perlu terlalu khawatir. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar mobil Anda tetap aman meski diparkir di luar rumah.


Seperti dilansir dari akun Instagram Suzuki Indonesia, masih ada beberapa cara untuk melindungi mobil dari tangan jahil maling meski mobil terpaksa parkir di luar rumah. Apa saja?


1. Pilih lokasi yang terang


Sebaiknya pilih lokasi yang terang atau dengan penerangan yang cukup. Hal itu diperlukan agar Anda dengan mudah bisa melihat kondisi mobil. Jika kondisi gelap tentunya akan menyulitkan untuk memantau. Lingkungan yang gelap juga memudahkan orang bersembunyi.


2. Pilih posisi yang tepat


Hindari parkir di bawah pohon untuk waktu yang lama. Karena getah pohon yang terjatuh ke mobil akan beresiko merusak cat. Selain itu, resiko pohon tumbang akibat angin kencang atau lapuk juga ada kemungkinan terjadi.


Tips parkir


3. Pakai pengaman tambahan


Meski mobil keluaran baru sudah memiliki alarm, tak ada salahnya menggunakan pengaman tambahan. Hal itu bisa dilakukan misalnya dengan menggunakan kunci setir. Beli yang berkualiats baik, jangan yang murahan karena tentunya akan cepat rusak. Menggunakan pengaman berlapis tak ada salahnya bukan?


4. Manfaatkan sarung mobil


Menggunakan sarung mobil sebagai proteksi tambahan saat parkir di luar rumah adalah langkah yang tepat. Tapi pastikan mobil Anda dalam keadaan kering saat memasang sarung. Mobil dalam keadaan basah dan tertutup sarung bisa memicu bercak atau noda. Penggunaan sarung mobil juga membuat pelaku kejahatan berpikir ulang karena harus bekerja dua kali saat membuka penutup.


Tips parkir


5. Hindari meninggalkan barang berharga


Setelah memilih posisi parkir yang tepat, jangan lupa untuk memperhatikan barang-barang di mobil. Keluarkan benda-benda seperti kartu e-toll, kacamata, dan barang berharga lainnya untuk menghindari kemalingan. Kalaupun harus ditinggalkan di mobil, letakkan di tempat yang tak terlihat. Lain halnya dengan powerbank dan korek api sebaiknya jangan ditinggalkan. Hal itu untuk menghindari potensi kebakaran.


6. Manfaatkan coating


Coating merupakan salah satu perawatan ekstrior yang bisa dilakukan untuk melapisi cat mobil Anda agar noda-noda dapat lebih mudah dibersihkan. Selain melapisi, coating juga melindungi dari memudarnya warna akibat terpaan sinar matahari yang berlebihan.


Semoga bermanfaat ya. (Raju)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda