Cara Bawa Mobil Bertransmisi Manual yang Benar Agar Komponen Awet

MT

 

Tren pengguna mobil transmisi matik semakin naik. Namun, masih banyak pula pengendara di Indonesia yang membutuhkan dan menggunakan girboks manual. Ada banyak faktor, mulai dari bentang alam hingga keawetan (cenderung minim kendala) saat digunakan. Suzuki membagi beberapa tips kebiasaan berkendara dengan mobil bertransmisi manual. Sehingga komponen lebih awet, aman dan berkendara jadi semakin efisien.

Kalau menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS. Pengendara mobil bertransmisi manual tentu harus memahami berbagai informasi mengenai kebiasaan berkendara optimal dan benar. Berikut ini merupakan beberapa kebiasaan yang dapat diterapkan bagi pengendara:

 

Geser Tuas Transmisi

Memindahkan tuas transmisi dalam keadaan netral saat berhenti di lampu lalu lintas. Beberapa pengendara ada yang memiliki kebiasaan seperti tidak memindahkan tuas transmisi ke posisi netral (N) saat berhenti. Tepatnya saat menunggu lampu lalu lintas sedang menyala merah. Bahkan posisi kaki masih menginjak pedal kopling dan rem.

Kebiasaan ini tentunya akan membuat otot kaki pengendara menjadi lebih cepat lelah. Dilihat dari faktor keselamatan, hal ini sekaligus menjaga komponen kopling agar lebih awet. Suzuki mengimbau pengendara untuk memindahkan tuas transmisi ke posisi netral. Lalu menggunakan rem tangan saat posisi mobil dalam keadaan diam.

Baca Juga: Cek Sumber Kebisingan Mesin dan Cara Penanganannya

 

Jangan Biasakan Pegang Transmisi Terus-terusan

Beberapa pengendara memiliki kebiasaan seperti meletakkan tangan di bagian tuas transmisi ketika mengemudi. Sebaiknya dihindari kegiatan semacam ini. Karena akan berpengaruh kepada kesigapan pengendara. Suzuki menganjurkan kepada pengendara untuk melepaskan tangan setelah memindahkan tuas transmisi. Lalu kembalikan posisi tangan di lingkar kemudi. Pentingnya posisi tangan selalu di lingkar kemudi adalah untuk memberikan keamanan, keselamatan dan kecepatan reaksi saat berkendara.

 

Keseringan Injak Kopling

Saat mobil berhenti di tanjakan. Tidak sedikit pengemudi menginjak pedal kopling setengah untuk menghindari posisi mobil tidak mundur ke belakang. Padahal kebiasaan ini justru merugikan. Karena membuat gesekan berlebih pada kanvas atau cakram kopling. Jika pengendara dalam kondisi mengharuskan berhenti di tanjakan. Lebih aman agar menggunakan rem tangan supaya mobil tidak bergerak mundur. Dengan meninggalkan kebiasaan menginjak pedal kopling setengah dan menggantinya dengan penggunaan rem tangan. Berkendara pun jadi lebih aman, kopling bisa lebih awet.

“Masih tingginya pengguna mobil bertransmisi manual sering kami jumpai di berbagai wilayah di Indonesia. Kebiasaan mereka saat mengoperasikannya pun ternyata beragam. Maka dari itu, kami merasa perlu memberikan saran agar mengemudi mobil bertransmisi manual bisa terasa lebih nyaman, aman dan awet,” ungkap Hariadi, dalam keterangan tertulis. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Pentingnya Coating Cat Mobil saat Memasuki Musim Hujan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Rolls-Royce Droptail Arcadia, Eksotis dan Eksklusif Dengan Sentuhan Inspirasi Indonesia
    Rolls-Royce Droptail Arcadia, Eksotis dan Eksklusif Dengan Sentuhan Inspirasi Indonesia
    Alvando Noya . Today
  • Renault 5 E-Tech Lahir Versi Produksi, EV Murah Bergaya Retro
    Renault 5 E-Tech Lahir Versi Produksi, EV Murah Bergaya Retro
    Muhammad Hafid . Today
  • Mitsubishi Fuso Incar Sektor Pariwisata Lewat Comeback ke Microbus
    Mitsubishi Fuso Incar Sektor Pariwisata Lewat Comeback ke Microbus
    Setyo Adi . Today
  • Nissan Gandeng Fisker Produksi Pikap Alaska EV di Amerika, Harga Bakal Terjangkau
    Nissan Gandeng Fisker Produksi Pikap Alaska EV di Amerika, Harga Bakal Terjangkau
    Alvando Noya . Today
  • Sempat Diprediksi Sepi, IIMS 2024 Tembus Target Transaksi Sampai Rp6,7 Triliun
    Sempat Diprediksi Sepi, IIMS 2024 Tembus Target Transaksi Sampai Rp6,7 Triliun
    Anjar Leksana . Today

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Shell Mulai Bangun Pabrik Grease di Indonesia, Siap Produksi 12 Juta Liter Gemuk Per Tahun
    Shell Mulai Bangun Pabrik Grease di Indonesia, Siap Produksi 12 Juta Liter Gemuk Per Tahun
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Tertarik SUV Hybrid Haval H6 dari GWM, Begini Simulasi Kreditnya
    Tertarik SUV Hybrid Haval H6 dari GWM, Begini Simulasi Kreditnya
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Skema Kredit Mazda CX-3 Terbaru, Angsuran Mulai Rp6 Jutaan
    Skema Kredit Mazda CX-3 Terbaru, Angsuran Mulai Rp6 Jutaan
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Transaksi IIMS 2024 Lampaui Target
    Transaksi IIMS 2024 Lampaui Target
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Honda Accord RS e:HEV Kantongi Skor 5 Bintang ASEAN NCAP Karena Ini
    Honda Accord RS e:HEV Kantongi Skor 5 Bintang ASEAN NCAP Karena Ini
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Komparasi Perbekalan VinFast VF e34 untuk Melawan BYD Dolphin dan MG 4 EV
    Komparasi Perbekalan VinFast VF e34 untuk Melawan BYD Dolphin dan MG 4 EV
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Lihat Plus Minus VinFast VF5 Dibandingkan Citroen e-C3, Neta V dan Wuling BinguoEV
    Lihat Plus Minus VinFast VF5 Dibandingkan Citroen e-C3, Neta V dan Wuling BinguoEV
    Setyo Adi Nugroho . 28 Feb, 2024
  • Komparasi Nissan Sakura dan Wuling BinguoEv, Produk EV Kompak yang Menarik
    Komparasi Nissan Sakura dan Wuling BinguoEv, Produk EV Kompak yang Menarik
    Setyo Adi Nugroho . 26 Feb, 2024
  • Chery Tiggo 5X atau Wuling Alvez, Ini Perbandingan Keduanya
    Chery Tiggo 5X atau Wuling Alvez, Ini Perbandingan Keduanya
    Setyo Adi Nugroho . 26 Feb, 2024
  • Histori BYD dari Perusahaan Baterai hingga Jadi Penguasa Dunia Kendaraan NEV
    Histori BYD dari Perusahaan Baterai hingga Jadi Penguasa Dunia Kendaraan NEV
    Anjar Leksana . 23 Feb, 2024
  • Mobil Listrik Jangan Asal Pilih Ban! Simak Panduannya
    Mobil Listrik Jangan Asal Pilih Ban! Simak Panduannya
    Alvando Noya . 22 Feb, 2024
  • Mau Upgrade Kaca Film, Ketahui Jenis-jenisnya Sebelum Membeli
    Mau Upgrade Kaca Film, Ketahui Jenis-jenisnya Sebelum Membeli
    Setyo Adi Nugroho . 19 Feb, 2024
  • Apa yang Harus Dilakukan saat Mobil Mengalami Aquaplaning di Jalan?
    Apa yang Harus Dilakukan saat Mobil Mengalami Aquaplaning di Jalan?
    Anjar Leksana . 12 Jan, 2024
  • Tips Hadapi Jalur Contraflow Sepanjang Liburan Akhir Tahun
    Tips Hadapi Jalur Contraflow Sepanjang Liburan Akhir Tahun
    Setyo Adi Nugroho . 29 Des, 2023
  • Persiapan Libur Akhir Tahun, Simak 7 Tips Esensial untuk Berkendara Aman
    Persiapan Libur Akhir Tahun, Simak 7 Tips Esensial untuk Berkendara Aman
    Setyo Adi Nugroho . 20 Des, 2023
  • Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
    Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
    Bangkit Jaya Putra . 25 Feb, 2024
  • First Drive Suzuki Jimny 5-Door: Daya Tarik Sang Ikonik
    First Drive Suzuki Jimny 5-Door: Daya Tarik Sang Ikonik
    Setyo Adi Nugroho . 20 Feb, 2024
  • First Drive BYD Seal: Sensasi Sedan Sport Listrik
    First Drive BYD Seal: Sensasi Sedan Sport Listrik
    Setyo Adi Nugroho . 07 Feb, 2024
  • First Drive BYD Atto 3: Kualitas Berbicara
    First Drive BYD Atto 3: Kualitas Berbicara
    Anindiyo Pradhono . 07 Feb, 2024
  • Road Test Kia EV9: Kia yang Pantas Dibanderol Hampir Rp2 Miliar
    Road Test Kia EV9: Kia yang Pantas Dibanderol Hampir Rp2 Miliar
    Setyo Adi Nugroho . 06 Feb, 2024