Cara Bawa Mobil Bertransmisi Manual yang Benar Agar Komponen Awet

MT

 

Tren pengguna mobil transmisi matik semakin naik. Namun, masih banyak pula pengendara di Indonesia yang membutuhkan dan menggunakan girboks manual. Ada banyak faktor, mulai dari bentang alam hingga keawetan (cenderung minim kendala) saat digunakan. Suzuki membagi beberapa tips kebiasaan berkendara dengan mobil bertransmisi manual. Sehingga komponen lebih awet, aman dan berkendara jadi semakin efisien.

Kalau menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS. Pengendara mobil bertransmisi manual tentu harus memahami berbagai informasi mengenai kebiasaan berkendara optimal dan benar. Berikut ini merupakan beberapa kebiasaan yang dapat diterapkan bagi pengendara:

 

Geser Tuas Transmisi

Memindahkan tuas transmisi dalam keadaan netral saat berhenti di lampu lalu lintas. Beberapa pengendara ada yang memiliki kebiasaan seperti tidak memindahkan tuas transmisi ke posisi netral (N) saat berhenti. Tepatnya saat menunggu lampu lalu lintas sedang menyala merah. Bahkan posisi kaki masih menginjak pedal kopling dan rem.

Kebiasaan ini tentunya akan membuat otot kaki pengendara menjadi lebih cepat lelah. Dilihat dari faktor keselamatan, hal ini sekaligus menjaga komponen kopling agar lebih awet. Suzuki mengimbau pengendara untuk memindahkan tuas transmisi ke posisi netral. Lalu menggunakan rem tangan saat posisi mobil dalam keadaan diam.

Baca Juga: Cek Sumber Kebisingan Mesin dan Cara Penanganannya

 

Jangan Biasakan Pegang Transmisi Terus-terusan

Beberapa pengendara memiliki kebiasaan seperti meletakkan tangan di bagian tuas transmisi ketika mengemudi. Sebaiknya dihindari kegiatan semacam ini. Karena akan berpengaruh kepada kesigapan pengendara. Suzuki menganjurkan kepada pengendara untuk melepaskan tangan setelah memindahkan tuas transmisi. Lalu kembalikan posisi tangan di lingkar kemudi. Pentingnya posisi tangan selalu di lingkar kemudi adalah untuk memberikan keamanan, keselamatan dan kecepatan reaksi saat berkendara.

 

Keseringan Injak Kopling

Saat mobil berhenti di tanjakan. Tidak sedikit pengemudi menginjak pedal kopling setengah untuk menghindari posisi mobil tidak mundur ke belakang. Padahal kebiasaan ini justru merugikan. Karena membuat gesekan berlebih pada kanvas atau cakram kopling. Jika pengendara dalam kondisi mengharuskan berhenti di tanjakan. Lebih aman agar menggunakan rem tangan supaya mobil tidak bergerak mundur. Dengan meninggalkan kebiasaan menginjak pedal kopling setengah dan menggantinya dengan penggunaan rem tangan. Berkendara pun jadi lebih aman, kopling bisa lebih awet.

“Masih tingginya pengguna mobil bertransmisi manual sering kami jumpai di berbagai wilayah di Indonesia. Kebiasaan mereka saat mengoperasikannya pun ternyata beragam. Maka dari itu, kami merasa perlu memberikan saran agar mengemudi mobil bertransmisi manual bisa terasa lebih nyaman, aman dan awet,” ungkap Hariadi, dalam keterangan tertulis. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Pentingnya Coating Cat Mobil saat Memasuki Musim Hujan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Wuling BinguoEV Dapat Varian Lebih Murah, Ganti Charging Port Jadi Mainstream
    Wuling BinguoEV Dapat Varian Lebih Murah, Ganti Charging Port Jadi Mainstream
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Strategi Elektrifikasi Kia: Mobil Listrik Murah, SDV, dan Model Baru EV di Bawah EV2
    Strategi Elektrifikasi Kia: Mobil Listrik Murah, SDV, dan Model Baru EV di Bawah EV2
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Wuling Luncurkan Mitra EV, Mobil Listrik Komersial Pertama di Indonesia Mulai Rp299 Juta
    Wuling Luncurkan Mitra EV, Mobil Listrik Komersial Pertama di Indonesia Mulai Rp299 Juta
    Anjar Leksana . 11 Jul, 2025
  • Honda Bertahan di Posisi 3 Penjualan, Siap Pamer Mobil Hybrid dan Konsep di GIIAS 2025
    Honda Bertahan di Posisi 3 Penjualan, Siap Pamer Mobil Hybrid dan Konsep di GIIAS 2025
    Anjar Leksana . 11 Jul, 2025
  • Hyundai Ioniq 6 N Debut di Goodwood, Sports EV Penuh Gimik Baru
    Hyundai Ioniq 6 N Debut di Goodwood, Sports EV Penuh Gimik Baru
    Setyo Adi . 11 Jul, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • OTO Golf Tournament 2025 Siap Digelar di Damai Indah Golf BSD
    OTO Golf Tournament 2025 Siap Digelar di Damai Indah Golf BSD
    Anindiyo Pradhono . Hari ini
  • Tambah Lokasi Mystery Box, Peluncuran Mobil Baru Mitsubishi Semakin Dekat!
    Tambah Lokasi Mystery Box, Peluncuran Mobil Baru Mitsubishi Semakin Dekat!
    Ardiantomi . 11 Jul, 2025
  • Mobil Lubricants Gelar Nobar F1 The Movie Bareng Chicco Jerikho dan Komunitas
    Mobil Lubricants Gelar Nobar F1 The Movie Bareng Chicco Jerikho dan Komunitas
    Wahyu Hariantono . 11 Jul, 2025
  • Perayaan 8 Tahun di Indonesia, Wuling Luncurkan Kendaraan Komersial Mitra EV
    Perayaan 8 Tahun di Indonesia, Wuling Luncurkan Kendaraan Komersial Mitra EV
    Anjar Leksana . 11 Jul, 2025
  • New Wuling BinguoEV Sekarang Punya Varian Lite, Dijual Rp200 Jutaan
    New Wuling BinguoEV Sekarang Punya Varian Lite, Dijual Rp200 Jutaan
    Anjar Leksana . 11 Jul, 2025
  • Bisa Dapat Toyota Innova Baru Tak Sampai Rp400 Juta, Ini Caranya
    Bisa Dapat Toyota Innova Baru Tak Sampai Rp400 Juta, Ini Caranya
    Setyo Adi Nugroho . 10 Jul, 2025
  • Mengenal Ferrari Amalfi, Coupe V8 Twin-Turbo Elegan Sang Penerus Roma
    Mengenal Ferrari Amalfi, Coupe V8 Twin-Turbo Elegan Sang Penerus Roma
    Muhammad Hafid . 09 Jul, 2025
  • Kenali Daihatsu Ayla X: City Car Ekonomis dan Cocok Buat Harian
    Kenali Daihatsu Ayla X: City Car Ekonomis dan Cocok Buat Harian
    Muhammad Hafid . 08 Jul, 2025
  • Perbandingan Dua EV Kompak Terkini, GWM Ora 03 dan GAC Aion UT
    Perbandingan Dua EV Kompak Terkini, GWM Ora 03 dan GAC Aion UT
    Setyo Adi Nugroho . 08 Jul, 2025
  • Alasan Daihatsu Rocky Cocok Jadi Pilihan Anak Muda
    Alasan Daihatsu Rocky Cocok Jadi Pilihan Anak Muda
    Setyo Adi Nugroho . 08 Jul, 2025
  • Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
    Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
    Setyo Adi Nugroho . 08 Jul, 2025
  • 6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
    6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
    Anjar Leksana . 04 Jul, 2025
  • Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
    Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
    Zenuar Yoga . 30 Jun, 2025
  • Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
    Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
    Setyo Adi Nugroho . 04 Jun, 2025
  • Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2025
  • Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
    Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
    Muhammad Hafid . 04 Jul, 2025
  • Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
    Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
    Muhammad Hafid . 02 Jul, 2025
  • Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
    Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
    Setyo Adi Nugroho . 24 Jun, 2025
  • Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
    Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
    Wahyu Hariantono . 18 Jun, 2025
  • Road Test Volvo EX30: Mobil Listrik Minimalis dengan Ambisi Maksimal
    Road Test Volvo EX30: Mobil Listrik Minimalis dengan Ambisi Maksimal
    Wahyu Hariantono . 16 Jun, 2025