Cara Bawa Mobil Bertransmisi Manual yang Benar Agar Komponen Awet

MT

 

Tren pengguna mobil transmisi matik semakin naik. Namun, masih banyak pula pengendara di Indonesia yang membutuhkan dan menggunakan girboks manual. Ada banyak faktor, mulai dari bentang alam hingga keawetan (cenderung minim kendala) saat digunakan. Suzuki membagi beberapa tips kebiasaan berkendara dengan mobil bertransmisi manual. Sehingga komponen lebih awet, aman dan berkendara jadi semakin efisien.

Kalau menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS. Pengendara mobil bertransmisi manual tentu harus memahami berbagai informasi mengenai kebiasaan berkendara optimal dan benar. Berikut ini merupakan beberapa kebiasaan yang dapat diterapkan bagi pengendara:

 

Geser Tuas Transmisi

Memindahkan tuas transmisi dalam keadaan netral saat berhenti di lampu lalu lintas. Beberapa pengendara ada yang memiliki kebiasaan seperti tidak memindahkan tuas transmisi ke posisi netral (N) saat berhenti. Tepatnya saat menunggu lampu lalu lintas sedang menyala merah. Bahkan posisi kaki masih menginjak pedal kopling dan rem.

Kebiasaan ini tentunya akan membuat otot kaki pengendara menjadi lebih cepat lelah. Dilihat dari faktor keselamatan, hal ini sekaligus menjaga komponen kopling agar lebih awet. Suzuki mengimbau pengendara untuk memindahkan tuas transmisi ke posisi netral. Lalu menggunakan rem tangan saat posisi mobil dalam keadaan diam.

Baca Juga: Cek Sumber Kebisingan Mesin dan Cara Penanganannya

 

Jangan Biasakan Pegang Transmisi Terus-terusan

Beberapa pengendara memiliki kebiasaan seperti meletakkan tangan di bagian tuas transmisi ketika mengemudi. Sebaiknya dihindari kegiatan semacam ini. Karena akan berpengaruh kepada kesigapan pengendara. Suzuki menganjurkan kepada pengendara untuk melepaskan tangan setelah memindahkan tuas transmisi. Lalu kembalikan posisi tangan di lingkar kemudi. Pentingnya posisi tangan selalu di lingkar kemudi adalah untuk memberikan keamanan, keselamatan dan kecepatan reaksi saat berkendara.

 

Keseringan Injak Kopling

Saat mobil berhenti di tanjakan. Tidak sedikit pengemudi menginjak pedal kopling setengah untuk menghindari posisi mobil tidak mundur ke belakang. Padahal kebiasaan ini justru merugikan. Karena membuat gesekan berlebih pada kanvas atau cakram kopling. Jika pengendara dalam kondisi mengharuskan berhenti di tanjakan. Lebih aman agar menggunakan rem tangan supaya mobil tidak bergerak mundur. Dengan meninggalkan kebiasaan menginjak pedal kopling setengah dan menggantinya dengan penggunaan rem tangan. Berkendara pun jadi lebih aman, kopling bisa lebih awet.

“Masih tingginya pengguna mobil bertransmisi manual sering kami jumpai di berbagai wilayah di Indonesia. Kebiasaan mereka saat mengoperasikannya pun ternyata beragam. Maka dari itu, kami merasa perlu memberikan saran agar mengemudi mobil bertransmisi manual bisa terasa lebih nyaman, aman dan awet,” ungkap Hariadi, dalam keterangan tertulis. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Pentingnya Coating Cat Mobil saat Memasuki Musim Hujan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • GIIAS 2024: Off-roader Hybrid dan Gagah, Ini Fitur Andalan Tank 300
    GIIAS 2024: Off-roader Hybrid dan Gagah, Ini Fitur Andalan Tank 300
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Kenali Detail Kelengkapan Tiap Tipe Hyundai STARGAZER, Bintang Mobil Keluarga
    Kenali Detail Kelengkapan Tiap Tipe Hyundai STARGAZER, Bintang Mobil Keluarga
    Anjar Leksana . 26 Jul, 2024
  • GIIAS 2024: Honda Cek Ombak Pamer Step WGN e:HEV, Banyak Konsumen Sudah Berminat
    GIIAS 2024: Honda Cek Ombak Pamer Step WGN e:HEV, Banyak Konsumen Sudah Berminat
    Anjar Leksana . 26 Jul, 2024
  • GIIAS 2024: Neta X Padukan Desain Futuristik Dengan Fitur Melimpah
    GIIAS 2024: Neta X Padukan Desain Futuristik Dengan Fitur Melimpah
    Alvando Noya . 26 Jul, 2024
  • GIIAS 2024: Demo Tank Turn Yangwang U8 Jadi Magnet Booth BYD
    GIIAS 2024: Demo Tank Turn Yangwang U8 Jadi Magnet Booth BYD
    Tomi Tomi . 26 Jul, 2024

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Distribusi Aion Y Plus ke Konsumen Dipastikan Tepat Waktu
    Distribusi Aion Y Plus ke Konsumen Dipastikan Tepat Waktu
    Muhammad Hafid . 26 Jul, 2024
  • Impresi Berkendara Perdana Bareng Jetour Dashing di GIIAS 2024
    Impresi Berkendara Perdana Bareng Jetour Dashing di GIIAS 2024
    Anjar Leksana . 26 Jul, 2024
  • Hyundai Mulai Serahkan Kona Electric Kepada Konsumen, Bluebird Jadi Pelanggan Korporasi Pertama
    Hyundai Mulai Serahkan Kona Electric Kepada Konsumen, Bluebird Jadi Pelanggan Korporasi Pertama
    Muhammad Hafid . 26 Jul, 2024
  • Daihatsu Pajang Lagi Rocky Hybrid di GIIAS 2024, Kapan Mau Dijual?
    Daihatsu Pajang Lagi Rocky Hybrid di GIIAS 2024, Kapan Mau Dijual?
    Bangkit Jaya Putra . 26 Jul, 2024
  • Kolaborasi Mercedes-Benz dan Garuda Indonesia Tawarkan Layanan Perjalanan Mewah
    Kolaborasi Mercedes-Benz dan Garuda Indonesia Tawarkan Layanan Perjalanan Mewah
    Muhammad Hafid . 26 Jul, 2024
  • Intip Detail Spesifikasi dan Kelengkapan All New Nissan Serena e-Power
    Intip Detail Spesifikasi dan Kelengkapan All New Nissan Serena e-Power
    Muhammad Hafid . 23 Jul, 2024
  • Histori Merek BAIC, Produsen Otomotif Cina yang Baru Berkiprah di Indonesia
    Histori Merek BAIC, Produsen Otomotif Cina yang Baru Berkiprah di Indonesia
    Anjar Leksana . 15 Jul, 2024
  • Lawan Potensial Neta V-II dan Wuling BinguoEV, Citroen E-C3 Tetap Pede Meski Tanpa ADAS
    Lawan Potensial Neta V-II dan Wuling BinguoEV, Citroen E-C3 Tetap Pede Meski Tanpa ADAS
    Alvando Noya . 04 Jul, 2024
  • Komparasi Tiggo 5X Lawan WR-V, Rocky, dan Raize
    Komparasi Tiggo 5X Lawan WR-V, Rocky, dan Raize
    Setyo Adi Nugroho . 19 Jun, 2024
  • Seleksi Mobil Listrik dengan Banderol di Atas Rp800 Juta
    Seleksi Mobil Listrik dengan Banderol di Atas Rp800 Juta
    Muhammad Hafid . 30 Mei, 2024
  • Tips Perawatan Baterai Mobil Listrik ala Hyundai
    Tips Perawatan Baterai Mobil Listrik ala Hyundai
    Setyo Adi Nugroho . 09 Jul, 2024
  • Tetap Harus Waspada, Berkendara di Area Perumahan Wajib Lakukan Ini
    Tetap Harus Waspada, Berkendara di Area Perumahan Wajib Lakukan Ini
    Setyo Adi Nugroho . 08 Jul, 2024
  • Setelah Dipakai Berlibur, Periksa Bagian Kendaraan Ini
    Setelah Dipakai Berlibur, Periksa Bagian Kendaraan Ini
    Setyo Adi Nugroho . 21 Jun, 2024
  • Kenali Tanda-tanda Rem Bermasalah
    Kenali Tanda-tanda Rem Bermasalah
    Setyo Adi Nugroho . 24 Mei, 2024
  • Hindari Beristirahat dan Tidur di Dalam Mobil yang Menyala, Ini Bahayanya!
    Hindari Beristirahat dan Tidur di Dalam Mobil yang Menyala, Ini Bahayanya!
    Muhammad Hafid . 10 Mei, 2024
  • First Drive Isuzu mu-X: Jual Fungsi Sebagai SUV Pekerja
    First Drive Isuzu mu-X: Jual Fungsi Sebagai SUV Pekerja
    Bangkit Jaya Putra . 25 Jul, 2024
  • First Drive Toyota Hilux Rangga Standard MT:  Calon Bintang Kendaraan Niaga
    First Drive Toyota Hilux Rangga Standard MT: Calon Bintang Kendaraan Niaga
    Setyo Adi Nugroho . 25 Jul, 2024
  • First Drive BYD M6: Impresi MPV Listrik Pertama di Indonesia
    First Drive BYD M6: Impresi MPV Listrik Pertama di Indonesia
    Setyo Adi Nugroho . 23 Jul, 2024
  • First Drive Citroen e-C3: Plus Minus Mobil Listrik Seharga Rp377 Juta
    First Drive Citroen e-C3: Plus Minus Mobil Listrik Seharga Rp377 Juta
    Bangkit Jaya Putra . 05 Jul, 2024
  • Test Drive Chery Tiggo 5X: Jakarta-Surabaya Bedah Kelebihan dan Kekurangannya
    Test Drive Chery Tiggo 5X: Jakarta-Surabaya Bedah Kelebihan dan Kekurangannya
    Bangkit Jaya Putra . 03 Jun, 2024