Cek Sumber Kebisingan Mesin dan Cara Penanganannya

Car engine

 

Jika kendaraan dalam kondisi normal, suara mesin cenderung halus. Namun bagaimana jika tiba-tiba terdengar suara kasar atau aneh dari ruang mesin? Berikut ini beberapa komponen yang bisa diperiksa untuk mengetahui sebab timbulnya bunyi tak lazim dari ruang mesin. Atau kalau tak mau repot. Tinggal datangi cabang Auto2000 terdekat, atau hubungi Toyota Home Service.

 

1. Kompresor AC Mobil

Penyebab pertama suara kasar dari ruang mesin adalah dari kompresor AC mobil. Komponen pendingin kabin ini bisa menimbulkan suara berisik dan kasar. Terutama jika olinya sudah mulai habis. Pastikan oli kompresor AC tidak sampai kering, sebab bisa membuat jebol.

 

2. Pelumas Mesin

Oli mesin yang kurang membuat komponen mesin tidak mendapatkan pelumasan optimal. Dalam jangka panjang sangat merugikan. Misal, timbul risiko turun mesin akibat komponen mesin saling bergesekan semakin cepat aus dan macet. Pemilik kendaraan wajib memeriksa oli secara rutin untuk memastikan tidak kurang dan dalam kondisi prima.

 

3. Belt

Beberapa komponen mobil menggunakan tenaga mesin buat bekerja. Contohnya, kompresor AC dan alternator, melalui sabuk pemutar (belt) untuk memindahkan tenaga mesin ke komponen itu. Belt yang mengalami keausan karena pemakaian bakal berbunyi. Jika dibiarkan, kerusakan makin meluas. Segera ganti sabuk supaya tidak putus dan menimbulkan masalah lebih besar.

Baca Juga: Cara Mudah Supaya Lolos Uji Emisi

 

4. Celah Katup Mesin

Suara mesin kasar dapat pula timbul akibat celah antara katup dengan penekannya yang terlalu rapat atau longgar. Celah ini dapat berubah dan menyebabkan bunyi seperti logam bergesekan sehingga menimbulkan suara kasar. Apalagi kalau tidak mengganti oli mesin, sehingga komponen di sekitar kepala silinder tidak mendapatkan pelumasan optimal.

 

5. Tensioner dan Timing Chain

Timing chain, berfungsi untuk menggerakkan camshaft dan menerima putaran dari crankshaft. Sedangkan tensioner berfungsi menjaga ketegangan rantai agar dapat berputar secara stabil. Seiring waktu, timing chain akan mengalami penurunan performa, seperti kendur sehingga menimbulkan bunyi. Tensioner juga akan mengalami keausan karena selalu bergesekan dengan rantai dan menyebabkan suara kasar.

Masalah itu semua dapat dicegah kalau pemilik rajin servis berkala setiap enam bulan sekali. Teknisi Auto2000 bakal melakukan pemeriksaan seluruh komponen mobil, termasuk part di balik kap mesin. Anda bisa memanfaatkan program T-CARE yang merupakan program Gratis Biaya Servis (Biaya Jasa dan Suku Cadang) hingga servis berkala ke-7. Maksimal 3 tahun / 60.000 kilometer, mana yang lebih dulu. Serta perpanjangan garansi (extended warranty) 1 tahun atau 20.000 km. Syaratnya harus menjalankan servis berkala satu bulan pertama.

“Suara kasar dari balik ruang mesin dapat terjadi jika ada masalah pada salah satu komponen mobil di dalamnya. Anda dapat menyelidiki asal suara itu untuk memastikan masalah apa yang timbul. Cara paling mudah, bawa mobil ke bengkel Auto2000 terdekat atau Toyota Home Service (THS). Sila manfaatkan promo servis berkala yang tersedia,” papar Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Musim Hujan, Simak Cara Menjaga Bodi Mobil dari Jamur dan Karat

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test