Dekorasi dan Atur Garasi Anda supaya Fungsinya Maksimal

dekorasi garasi

Garasi merupakan rumah paling sempurna untuk kendaraan Anda. Ruang tertutup dengan pintu ini, jadi sarana menidurkan kendaraan dan menempatkan beragam perkakas terkait otomotif. Jika tidak dikreasikan, bisa saja garasi hanya jadi tempat menumpuknya barang-barang dan paling ekstrimnya, sarang hama rumah tangga (tikus, rayap, dll).

"Garasi berfungsi sebagai titik penyambutan setelah hari yang panjang. Memastikan bahwa lahan ini nikmat dan mengundang untuk masuk rumah adalah pengalaman yang menyenangkan ketimbang harus stres melihat area yang berantakan," ujar Pia Thompson, Organizer Profesional dan Pemilik Sweet Digs (Sumber: Insider).

Kamipun menyarikan langkah-langkah mengkreasikan garasi agar tetap resik. Tak cuma itu, manfaat garasi juga jadi lebih maksimal dan multifungsi. Bahkan bisa difungsikan jadi tempat hangout. Berikut langkah-langkahnya.

Perencanaan

tips garasi

Semua langkah tentu perlu perencanaan, termasuk dalam mengorganisir garasi. Visualisasikan keinginan Anda, tentukan akan jadi ruang apa garasi ini. Apakah hanya jadi tempat penyimpanan mobil, sarana untuk menyimpan aneka barang rumah tangga. Beberapa ide ini harus jadi pengingat penting ketika Anda akan mengambil langkah-langkah lanjutannya.

Agar lebih maksimal, bisa juga Anda gambar terlebih dahulu di mana lokasi tiap barang-barang tersebut nantinya. Thompson merekomendasikan untuk berpikir inovatif saat menyusun rangkaian rak dan menempatkan barang-barang nantinya. Tujuannya agar garasi terlihat cantik dan rapi.

Jika Anda bertujuan menggunakan salah satu sudut garasi sebagai ruang hangout bersama rekan-rekan sehobi, tentukan juga sedari awal. Hal ini menghindari minimnya space yang ada jika Anda hanya memanfaatkan sisa ruang di akhir pengerjaan.

Baca Juga: Segarkan Tampilan Mobil melalui Paket Perawatan di Salon

Zonasi

dekorasi garasi

Hal penting dari menyusun rencana adalah menentukan zona atau area dari ragam hal yang akan ada di garasi. Hal ini bisa dilakukan dengan mengelompokkan beragam benda sesuai dengan fungsinya. Misal, olahraga dan rekreasi, otomotif, dekorasi rumah, perlengkapan berkebun dan peralatan bertukang.

Lokasikan barang-barang yang jarang digunakan di tempat paling tinggi atau paling jauh dari muka garasi. Sebaliknya, letakkan barang-barang yang sering digunakan di bagian terdepan dan mudah diakses. Misalnya, perlengkapan dekorasi rumah untuk natal atau pesta, Anda bisa menyimpannya di rak paling pojok. Kunci-kunci maupun peralatan perbaikan rumah maupun otomotif, bisa disimpan di bagian yang gampang dijangkau.

Manfaatkan Sarana Penyimpanan

dekorasi garasi

Banyak pilihan untuk menempatkan barang di garasi. Utamanya ada rak atau ambalan, pegboard atau papan gantung, juga laci hingga kotak kontainer. Mana yang akan Anda gunakan, tergantung budget dan kebutuhan Anda. Terbaik adalah menyusun rak di seluruh bagian dinding untuk memaksimalkan ruang penyimpanan. Nantinya di rak tersebut bisa Anda lokasikan kontainer untuk menyimpan ragam barang yang sudah disortir. Oh ya, pastikan Anda memilih material yang tahan cuaca dan tahan lama ya. Misal rak besi, kontainer plastik, hingga pegboard perforated berbahan stainless. Bukan cuma menghindari rayap, namun hal ini akan bermanfaat untuk jangka panjang nantinya, sebab akan memakan waktu untuk membongkar di kemudian hari.

Ada baiknya juga rak yang Anda gunakan tidak memakai pintu. Hal ini untuk meminimalisir bahan digunakan dan memudahkan penyimpanan. Tak cuma itu, skema penyimpanan terbuka ini akan membuat seluruh sudut garasi beserta isinya terlihat dengan mudah ketika mencari barang yang diinginkan.

Manfaatkan Ruang Sampai ke Plafon

Menempatkan rak gantung bisa jadi solusi. Apalagi jika ruang yang Anda miliki terbatas. Tapi ternyata tak cuma rak penyimpanan yang bisa digantung, sepeda bahkan bisa disimpan di dinding. Tak cuma itu, ada pula model penyimpanan sepeda dengan sistem digantung di plafon atap. Hal ini akan memaksimalkan seluruh sudut ruang terakuisisi dengan optimal.

Penempatan barang-barang dengan metode unik ini juga bisa jadi aspek visual yang menarik. Misal Anda menggunakan garasi sebagai ruang hangout bersama rekan sehobi, maka sepeda sebagai yang tergantung bisa jadi ice breaker saat bersosialisasi. Tak cuma sepeda, menggantung velg, memasang tanaman juga bisa memiliki manfaat yang sama. (Van/Odi)

Sumber: Insider

Baca Juga: Cara Ringan Merawat Kabin Mobil agar Selalu Nyaman

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang