Jelang Musim Hujan, Persiapan Kondisi untuk Kendaraan Anda

JAKARTA -- Musim penghujan sepertinya akan segera datang. Sudah beberapa pekan ini kerap hujan turun. Sebentar lagi, jalanan yang tergenang air, kubangan, dan macet, akan jadi pemandangan rutin sehari-hari.


Menghadapi situasi seperti itu, Anda sebaiknya mempersiapkan kondisi mobil beserta pendukungnya. Karena kita kerap lupa dan baru terpikirkan saat dibutuhkan atau terkena masalah. Perhatikan perawatan mobil Anda agar siap menghadapi kondisi yang tak terduga.


Lalu apa saja yang harus dipersiapkan? Berikut daftar hal-hal yang harus dilakukan ketika memasuki musim hujan.


cuci mobil


1. Persiapkan Kondisi Kendaraan


Pastikan kondisi kendaraan Anda siap. Pertama soal kebersihan. Air hujan yang mengering di mobil, beresiko merusak cat dan lapisan mobil. Tidak hanya merusak cat, air hujan juga beresiko menimbulkan jamur pada kaca mobil, lho. Segera cuci mobil dengan sampo khusus cuci mobil dan bilas dengan air sampai bersih.


Karena air sangat mudah masuk melalui celah, jangan malas untuk periksa bagian mesin mobil. Pastikan tidak ada komponen mesin yang terganggu akibat air hujan yang masuk.


Tidak hanya mempengaruhi bagian eksterior mobil, air hujan juga mempengaruhi bagian interior mobil, lho. Karet dan kaca yang sering terkena hujan dan panas lebih cepat rusak, semprotkan cairan silicon agar bagian tersebut bisa awet.


Masuk ke dalam mobil saat hujan beresiko untuk membuat lantai mobil basah, lalu kotor dan timbul jamur. Untuk menghindari hal tersebut, bisa tambahkan karpet untuk melapisi lantai mobil kamu agar tidak lembab dan kotor yang bisa menimbulkan jamur.


Setelah mencuci mobil, segera parkirkan mobil di tempat yang aman dan tertutup agar mobil tidak kotor lagi terkena air hujan. Kalau terpaksa diparkir di ruang terbuka, bisa gunakan cover mobil untuk melindungi dari air hujan.


berkendara saat hujan


2. Persiapan Diri Anda


Tak hanya kendaraan, Anda juga harus mempersiapkan diri. Lama tidak pakai, Anda mungkin menurunkan payung dari dalam mobil. Cek tempat biasa meletakkan payung dan pastikan bisa berfungsi dengan baik. Siapkan sandal plastik untuk dipakai keluar masuk mobil seperti ketika di pom bensin sehingga tidak perlu pakai sepatu pantofel apalagi high heel yang menyulitkan. Terakhir, meski terlihat sepele, namun tidak ada salahnya Anda menyiapkan minimal kaos untuk jaga-jaga bila kehujanan saat mau masuk mobil.


bengkel Auto2000


3. Periksa ke Bengkel


Anda pemilik Toyota, bisa memberikan kepercayaan pada bengkel Auto2000 untuk memeriksa kondisi mobil sebagai persiapan musim hujan. Caranya mudah, tinggal buka Auto2000 Digiroom dan lakukan booking servis berkala. Saat servis berkala, seluruh komponen di atas akan diperiksa dengan seksama oleh teknisi Auto2000. Selain berkunjung ke bengkel, AutoFamily bisa memilih layanan THS – Auto2000 Home Service untuk servis berkala di rumah.


Tidak hanya servis berkala, Auto2000 juga melayani Anda yang ingin melakukan perbaikan kendaraan jelang musim hujan. Bahkan saat ini ada 2 pilihan program promo aftersales. Yang pertama adalah Promo PERKASA (Perbaikan Kopling, Aki, dan Shock Absorber) yang memberikan potongan harga jasa sebesar 30% dan diskon part sebesar 15% untuk perbaikan dan penggantian kopling, aki, dan shock absorber. Masa berlaku promo PERKASA hingga 30 September 2020.


Program kedua adalah Paket SPONTAN (Siaga Kupon Perawatan) hingga 30 September 2020. Paket SPONTAN berlaku khusus untuk kendaraan yang sudah tidak memiliki kuota free service atau odometer di atas 50.000 km sehingga tetap dapat memanfaatkan servis berkala dengan biaya spesial yang mudah dan ringan. Untuk 20 pembeli pertama Paket SPONTAN akan memperoleh die cast THS – Auto2000 Home Service secara gratis.


“Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 siap membantu AutoFamily yang ingin memeriksa kondisi mobilnya jelang musim hujan dengan melakukan servis berkala. Tidak hanya itu, Auto2000 juga menyiapkan 2 program promo yakni PERKASA dan SPONTAN. Segera kunjungi website Auto2000.co.id,” kata Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000. (Raju)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda