Langkah Aman dan Tepat Mengemudi Mobil Bertransmisi Otomatis

transmisi otomatis

JAKARTA -- Mobil-mobil keluaran terbaru saat ini sudah menawarkan dua jenis transmisi yaitu otomatis dan manual. Bahkan secara jumlah, mobil matic mengalami peningkatan signifikan dari sisi penjualan. Mengemudikan mobil yang memiliki sistem transmisi otomatis atau matik selain lebih mudah dikendarai. Tak perlu lagi repot dengan urusan memindahkan persneling. Meski demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Salah satunya yang cukup penting adalah kebiasaan sebagain driver yang menggunakan kaki kiri ketika menginjak pedal rem. Sementara kaki kanan kadang masih berada di posisi peda gas. Padahal hal tersebut jelas salah besar lantaran membahayakan pengemudi serta penumpang lainnya dalam melakukan perjalanan.

Melakukan pengereman dengan menggunakan kaki kiri dapat menimbulkan missed feeling dan akan menjadi berbahaya. Selain itu, pengemudi juga dapat secara tidak sengaja menginjak pedal rem dan gas di saat yang bersamaan. Hal ini dapat mempersingkat usia komponen seperti clutch pada transmisi otomatis.

“Pasalnya pada posisi itu kopeling dalam kondisi bekerja atau berputar, tetapi daya geraknya ditahan oleh tekanan rem,” papar Samsudin, Aftersales Support - Astra Peugeot dalam keterangan tertulisnya.

transmisi otomatis

Sinkronisasi Kaki

Driver yang terbiasa menggunakan mobil transmisi manual, kaki kiri mereka sudah terbiasa menginjak tuas pedal kopeling sangat dalam. Hal itu tidak bisa diterapkan ketika kita mengemudi mobil dengan transmisi otomatis. Jika dilakukan hal serupa terhadap pedal rem saat menggunakan mobil matic, dikhawatirkan mobil akan berhenti secara mendadak. Jelas hal ini membahayakan diri sendiri juga orang lain.

Menurut Samsudin, kadar feeling antara kaki kanan dan kiri saat melakukan pengereman dengan mobil matic sangat berbeda. Apalagi saat mengoperasikan mobil manual, kaki kanan lebih aktif buat tekan pedal rem. Sehingga sebaiknya untuk selalu menggunakan kaki kanan untuk mengoperasikan pedal gas dan pedal rem secara bergantian.

transmisi otomatis

Demikian pula mengenai hal perawatan. Sepintas memang, seolah mobil matic tanpa perawatan. Hampir sebagian besar penguna mobil matic mengganggap tanpa perawatan dibanding dengan mobil bertransmisi manual.

Mobil bertansmisi otomatis juga butuh melakukan perawatan sistem transmisi. Yaitu perawatan terhadap oli transmisi, oli transmisi jaman sekarang sudah memakai jenis LONG LIFE yang artinya memiliki usia pakai yang panjang dan hanya menambah jika terjadi kekurangan yang disebabkan oleh kebocoran. Namun untuk menjaga agar transmisi kendaraan lebih awet dan performa lebih terjaga, tetap disarankan agar oli transmisi diganti per 40 ribu kilometer karena kondisi lalulintas dan suhu yang tinggi.  (Raju)

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Bus Listrik Hyundai Ini Siap Beredar di Jalanan Indonesia, Yuk Simak Detailnya
    Bus Listrik Hyundai Ini Siap Beredar di Jalanan Indonesia, Yuk Simak Detailnya
    Setyo Adi . Hari ini
  • 9 Hal Yang Wajib Diketahui Dari Mobil Listrik Ferrari Elettrica
    9 Hal Yang Wajib Diketahui Dari Mobil Listrik Ferrari Elettrica
    Eka Zulkarnain H . Hari ini
  • Aston Martin DB12 S Debut Tawarkan Performa GT Mewah Terbuas
    Aston Martin DB12 S Debut Tawarkan Performa GT Mewah Terbuas
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • Servis Mobil: Mana yang Lebih Tepat, Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh?
    Servis Mobil: Mana yang Lebih Tepat, Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh?
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Ada Logo Geely di Aletra L8, Ini Maksud dan Alasannya
    Ada Logo Geely di Aletra L8, Ini Maksud dan Alasannya
    Zenuar Yoga . Hari ini

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Nama Geely Tertera di Aletra L8 EV, Ini Alasan dan Hubungannya
    Nama Geely Tertera di Aletra L8 EV, Ini Alasan dan Hubungannya
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • MaxDecal x SekuyaEVOS di IMX 2025, Kolaborasi Kreatif Tema Masa Kini
    MaxDecal x SekuyaEVOS di IMX 2025, Kolaborasi Kreatif Tema Masa Kini
    Muhammad Hafid . 12 Okt, 2025
  • Parade Modifikasi ATPM di IMX 2025: Dari GR Rangga hingga Mitra EV VIP Lounge
    Parade Modifikasi ATPM di IMX 2025: Dari GR Rangga hingga Mitra EV VIP Lounge
    Setyo Adi Nugroho . 12 Okt, 2025
  • Plan Paint Toraja Roadster: Sentuhan Seni Nusantara di Mazda Miata Bergaya JDM
    Plan Paint Toraja Roadster: Sentuhan Seni Nusantara di Mazda Miata Bergaya JDM
    Muhammad Hafid . 11 Okt, 2025
  • Alfaglos Glazing Kembali Hadir di IMX 2025, Jawaban untuk Bengkel Restorasi dan Segmen Premium
    Alfaglos Glazing Kembali Hadir di IMX 2025, Jawaban untuk Bengkel Restorasi dan Segmen Premium
    Muhammad Hafid . 11 Okt, 2025
  • Fitur Chery Tiggo 9 CSH yang Menunjang Kenyamanan Perjalanan Jauh Bareng Keluarga
    Fitur Chery Tiggo 9 CSH yang Menunjang Kenyamanan Perjalanan Jauh Bareng Keluarga
    Anjar Leksana . 10 Okt, 2025
  • Ada Pembaruan Camry, Ini Daftar Model Sedan Terkini
    Ada Pembaruan Camry, Ini Daftar Model Sedan Terkini
    Setyo Adi Nugroho . 09 Okt, 2025
  • GWM Ora 03 Hatchback EV yang Menggemaskan, Tapi Masih Ada Ruang untuk Penyempurnaan
    GWM Ora 03 Hatchback EV yang Menggemaskan, Tapi Masih Ada Ruang untuk Penyempurnaan
    Wahyu Hariantono . 09 Okt, 2025
  • Daftar Lawan Jaecoo J8 SHS ARDIS di Indonesia, Rata-rata Berbanderol Lebih Mahal
    Daftar Lawan Jaecoo J8 SHS ARDIS di Indonesia, Rata-rata Berbanderol Lebih Mahal
    Anjar Leksana . 09 Okt, 2025
  • Daftar Harga Terkini Low MPV Idaman Bulan Ini, Pilihan dengan Beragam Keunggulan
    Daftar Harga Terkini Low MPV Idaman Bulan Ini, Pilihan dengan Beragam Keunggulan
    Setyo Adi Nugroho . 08 Okt, 2025
  • Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Anjar Leksana . 08 Okt, 2025
  • Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Anjar Leksana . 01 Okt, 2025
  • Kenali Gejala Suspensi Mobil Mulai Rusak dan Langkah Jitu Merawatnya
    Kenali Gejala Suspensi Mobil Mulai Rusak dan Langkah Jitu Merawatnya
    Anjar Leksana . 15 Sep, 2025
  • Demi Perjalanan Aman dan Nyaman, Ikuti Tips Cek Ban ala Bridgestone Ini!
    Demi Perjalanan Aman dan Nyaman, Ikuti Tips Cek Ban ala Bridgestone Ini!
    Zenuar Yoga . 08 Sep, 2025
  • Peran Vital Suspensi Mobil yang Sering Terlupakan, Kenali Bila Bermasalah
    Peran Vital Suspensi Mobil yang Sering Terlupakan, Kenali Bila Bermasalah
    Setyo Adi Nugroho . 21 Agu, 2025
  • Test Drive Aletra L8 EV: Tuntaskan 538 Km Jakarta-Magelang Hanya Dua Kali Charge
    Test Drive Aletra L8 EV: Tuntaskan 538 Km Jakarta-Magelang Hanya Dua Kali Charge
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Test Drive Xpeng G6 Pro: Rasa dan Teknologi Canggih Bikin Kompetitor Minder!
    Test Drive Xpeng G6 Pro: Rasa dan Teknologi Canggih Bikin Kompetitor Minder!
    Ardiantomi . 03 Okt, 2025
  • First Drive Jaecoo J8 SHS ARDIS: SUV PHEV 7-Seater Serba Bisa
    First Drive Jaecoo J8 SHS ARDIS: SUV PHEV 7-Seater Serba Bisa
    Bangkit Jaya Putra . 03 Okt, 2025
  • First Drive Aion UT: Enak Buat Perkotaan dan Luar Kota
    First Drive Aion UT: Enak Buat Perkotaan dan Luar Kota
    Setyo Adi Nugroho . 25 Sep, 2025
  • First Drive Ferrari 12Cilindri: Simfoni Terakhir Mesin V12 Tanpa Elektrifikasi?
    First Drive Ferrari 12Cilindri: Simfoni Terakhir Mesin V12 Tanpa Elektrifikasi?
    Wahyu Hariantono . 03 Sep, 2025