Musim Hujan, Simak Cara Menjaga Bodi Mobil dari Jamur dan Karat

car polish

 

Saat masuki musim hujan, Anda harus lebih telaten dalam melakukan perawatan mobil. Selain bertujuan untuk keselamatan di jalan. Juga supaya mobil lebih awet dan tampilannya tetap baik. Salah satu masalah bila mobil dibiarkan setelah kehujanan adalah timbulnya jamur dan karat di bodi mobil. Makin lama bisa tambah parak. Auto2000 membagikan sejumlah tips supaya mobil terhindar dari masalah itu.

 

1. Lokasi Parkir Mobil

Yang pertama, usahakan sebisa mungkin mobil diparkir di lokasi memiliki atap. Sehingga menghindari bodi mobil dari paparan matahari langsung dan terpaan air hujan. Bila tak dipakai lama, boleh juga ditutup dengan cover mobil. Namun kendaraan harus dalam kondisi bersih dulu.

 

2. Rajin Cuci Mobil

Jangan biarkan air hujan menempel terlalu lama di tubuh mobil. Segera mandikan mobil atau semprot dengan air rumah setelah mobil dipakai dalam kondisi hujan. Tujuannya supaya tak meninggalkan jamur. Jangan hanya bodinya saja, tapi juga bagian kolong mobil. Sebab banyak kotoran dan lumpur menempel akibat cipratan genangan air hujan yang bersifat asam. Hal itu bisa menyebabkan karat.

Mencuci mobil secara menyeluruh juga sebaiknya dilakukan oleh pengguna.Apalagi saat mobil baru saja melalui wilayah yang dekat dengan pantai atau bahkan terkena air pantai mengandung garam berlebih. Wajib dibilas hingga benar-benar bersih tanpa meninggalkan kotoran agar tak karatan.

Baca Juga: 17 Cara Inspeksi Mobil Sendiri Agar Harga Jual Tetap Bagus

 

3. Waspada Getah dan Serangga

Pada saat perjalanan panjang atau ke luar kota. Pastikan bodi mobil aman dari bekas-bekas benturan dengan serangga atau terkena getah pepohonan. Jangan parkir di bawah pohon untuk menghindari hal itu. Bila ternyata ditemukan kondisi seperti ini, sebaiknya jangan dibiarkan lama dan sebaiknya langsung cuci mobil, dengan sampo mobil yang direkomendasikan.

 

4. Goresan Cat Mobil

Kemudian yang perlu juga jadi perhatian. Pastikan cat pada bodi mobil tidak ada yang terkelupas, entah itu akibat benturan atau hal lainnya. Pasalnya celah tersebut bisa berpotensi menyebabkan karat pada bodi mobil jika kerap terkena air hujan. Anda bisa langsung menghubungi bengkel Auto2000 terdekat, untuk segera dilakukan pemeriksaan dan perbaikan.

“Jamur dan karat, tak hanya bisa membuat tampilan mobil kurang sedap dipandang. Tetapi juga bisa membuat komponen kendaraan menjadi lebih cepat rusak. Sebaiknya pemilik secara rutin untuk melakukan perawatan kendaraan, dan bisa memanfaatkan bengkel Body & Paint Auto2000 dengan kualitas yang terstandar Toyota Jepang. Segera sambangi cabang Auto2000 terdekat atau booking di Digiroom,” ucap Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, dalam keterangan tertulis. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Cara Mudah Supaya Lolos Uji Emisi

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test