Kenapa Letak Setir Ada di Kanan atau Kiri? Begini Sejarahnya

BMW iDrive 8.0

Tiap negara punya kebijakan posisi setir sendiri-sendiri. Kalau Indonesia menganut setir kanan dan berjalan di lajur sebelah kiri. Sementara mayoritas dunia menggunakan metode setir berada di kiri. Mungkin banyak yang mempertanyakan soal itu. Penjelasan ini ternyata tak sesederhana yang Anda kira. Ada aspek historis dan psikologis yang menyusunnya.

Secara ilmu psikologis, manusia terbagi dalam dua grup besar. Mereka yang aktivitasnya didominasi oleh otak kanan (kidal) dan mereka yang pergerakannya didominasi oleh otak kiri (tangan kanan). (Sumber: International Driving Authority).

Pada jaman dahulu kala, ketika pergerakan manusia yang mayoritas memakai tangan kanan, setiap orang menggantungkan tasnya di pundak sisi tersebut. Di sisi lainnya, ada pedang yang siap menjaga keamanan. Hal ini turut diaplikasikan saat menunggang kereta kuda. Agar perjalanan selamat, mereka jalan di sisi kiri dengan posisi kemudi di bagian kanan gerobak (left-hand traffic) biar mudah mengeluarkan senjata ke musuh di lawan arahnya. Semua ini dimulai sejak era romawi yang memang saat itu mendominasi kekaisaran di Eropa sebagai pusat perkembangan peradaban.

woman driving

Selanjutnya, begitu keruntuhan Romawi Barat, Abad Pertengahan dimulai di Eropa, mobilitas antar daerah kian pesat. Pada era ini, pergerakan sudah tak bisa lagi terakomodir oleh jalur kiri semata. Musuh dirasa bisa datang dari berbagai arah, dan seiring waktu, jalur kanan dipercaya sebagai jalan utama. Napoleon Bonaparte dari Prancis dipercaya turut menyebarkan aturan right-hand traffic ke seluruh benua. Meski demikian, saat itu belum ada konsensus yang menyatakan keseragaman di Eropa. Alhasil Inggris, Swedia, Austria, Hungaria dan Portugal tetap menggunakan metode Left-hand traffic.

Perjalanan historikal dimulai dari sini. Ketika kolonisasi kerajaan mulai menyebar ke belahan dunia lain. Sifat pergerakkan manusia ini pun turut diedarkan. Ekspedisi Christopher Colombus ke Amerika misalnya, membawa model jalanan di kanan. Sebaliknya, penjajahan Inggris ke India, Malaysia, Australia dan Indonesia, menularkan aliran pergerakan di sisi kiri.

Dari situlah jalan di sisi kiri (left-hand traffic) dan kanan (right-hand traffic) dengan posisi setir di sisi pengemudi yang terdekat arus berlawanan mulai ditetapkan oleh tiap-tiap wilayah/negara.

Baca Juga: Apa Itu Bahasa Desain dan Kenapa Jadi Sangat Penting bagi Pabrikan Mobil?

right hand drive

Tapi sejarah itu tak serta-merta langsung membuat kendaraan bermesin turut mengikuti prinsip pengendara kereta kuda berada di sisi yang paling dekat arus berlawanan. Karl-Benz, pada 1886 ketika mematenkan kendaraan bermesin pertama, menempatkan setir bagi pengemudi di sisi kiri, padahal arus jalanan di kiri (left-hand traffic). Pertimbangannya saat itu, agar pengemudi bisa turun dengan aman ke sisi jalan ketimbang menghadap arus berlawanan.

Begitu populasi kendaraan bermesin banyak, fokus mereka bergeser untuk menciptakan kendaraan yang lebih waspada akan arus di depan, jadi setir dipindah lagi ke kanan. Walau demikian, ada beberapa pabrikan yang tetap memproduksi kendaraan dengan posisi berkendara berbeda dengan model jalan. Umumnya hal ini dilakukan oleh pabrikan mobil kencang agar pengemudi lebih aman dari benturan ketika kecelakaan.

Dalam era modern, akhirnya posisi setir pun mengikuti prinsip jalanan yang umum di negara itu. Jika jalan di sebelah kiri, maka setir di kanan, begitupun sebaliknya. Saat ini, 66% mobil menggunakan model setir kiri, sementara sisanya setir kanan, seperti yang digunakan Indonesia.

Karenanya, jika Anda ingin berkendara di luar negeri, pastikan mengetahui terlebih dahulu prinsip lalu-lintas di negara yang dituju. Tak ada salahnya juga latihan terlebih dahulu di tempat yang aman sebelum langsung membawa mobil ke jalan agar tak kaget. Soalnya, mengemudi di sisi setir yang berbeda, butuh penyesuaian tak mudah. Memindahkan tuas transmisi dan wiper dengan tangan kanan satu hal kecil, membiasakan berjalan di sisi yang berbeda, bukan hal mudah. (Van/Odi)

Sumber: IDA (International Driving Authority)

Baca Juga: Mengenal Fitur Keselamatan Mobil yang Makin Penting Sekarang Ini

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Porsche Classic Art Week 2025 Dibuka, Padukan Karya Seniman Muda dan Mobil Klasik
    Porsche Classic Art Week 2025 Dibuka, Padukan Karya Seniman Muda dan Mobil Klasik
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • AION Driveperience Hadir di Bintaro, Bisa Test Drive dan Program Menarik
    AION Driveperience Hadir di Bintaro, Bisa Test Drive dan Program Menarik
    Alvando Noya . 10 Mei, 2025
  • Autochem Ajak Gen Z Paham Otomotif, Gelar Edukasi Sistem Rem dan ECU
    Autochem Ajak Gen Z Paham Otomotif, Gelar Edukasi Sistem Rem dan ECU
    Setyo Adi . 10 Mei, 2025
  • Rasakan Sensasi SUV Masa Depan Jaecoo di OTO Mall Exhibition Pondok Indah Mall
    Rasakan Sensasi SUV Masa Depan Jaecoo di OTO Mall Exhibition Pondok Indah Mall
    Tomi Tomi . 10 Mei, 2025
  • Waspada Bahaya Keracunan Karbon Monoksida di Mobil: Kenali Gejala, Pencegahan, dan Tips Aman
    Waspada Bahaya Keracunan Karbon Monoksida di Mobil: Kenali Gejala, Pencegahan, dan Tips Aman
    Setyo Adi . 09 Mei, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • AION Driveperience 2025 di Bintaro, Ada Test Drive dan Promo Menarik
    AION Driveperience 2025 di Bintaro, Ada Test Drive dan Promo Menarik
    Alvando Noya . 09 Mei, 2025
  • MG Motor Indonesia Catat Prestasi di PEVS 2025, Mobil Listrik Makin Mendominasi
    MG Motor Indonesia Catat Prestasi di PEVS 2025, Mobil Listrik Makin Mendominasi
    Alvando Noya . 09 Mei, 2025
  • BMW Indonesia Catat Rekor Q1 2025 dan Pertahankan Dominasi di Segmen Mobil Premium
    BMW Indonesia Catat Rekor Q1 2025 dan Pertahankan Dominasi di Segmen Mobil Premium
    Alvando Noya . 08 Mei, 2025
  • Honda Meluncurkan Civic RS e:HEV di Indonesia
    Honda Meluncurkan Civic RS e:HEV di Indonesia
    Anjar Leksana . 08 Mei, 2025
  • BMW MINI Eurokars PIK 2 Resmi Dibuka, Hadirkan Konsep Retail Next untuk Pengalaman Premium
    BMW MINI Eurokars PIK 2 Resmi Dibuka, Hadirkan Konsep Retail Next untuk Pengalaman Premium
    Alvando Noya . 08 Mei, 2025
  • Racikan Ini yang Bikin Tiggo 8 Chery Super Hybrid Bisa Irit Bensin dan Senyap
    Racikan Ini yang Bikin Tiggo 8 Chery Super Hybrid Bisa Irit Bensin dan Senyap
    Anjar Leksana . 09 Mei, 2025
  • Impresi Volvo XC90 Facelift: SUV Premium Plug-in Hybrid, Fitur Keselamatan Lengkap dan Kabin Super Mewah
    Impresi Volvo XC90 Facelift: SUV Premium Plug-in Hybrid, Fitur Keselamatan Lengkap dan Kabin Super Mewah
    Muhammad Hafid . 09 Mei, 2025
  • Harga dan Spesifikasi Lengkap New Honda Civic RS e:HEV
    Harga dan Spesifikasi Lengkap New Honda Civic RS e:HEV
    Anjar Leksana . 08 Mei, 2025
  • Suzuki Fronx Siap Meladeni Rival di Segmen Small SUV
    Suzuki Fronx Siap Meladeni Rival di Segmen Small SUV
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mei, 2025
  • Menilik Tawaran Paket Fitur Keselamatan MG 4 EV
    Menilik Tawaran Paket Fitur Keselamatan MG 4 EV
    Alvando Noya . 07 Mei, 2025
  • Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2025
  • Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
    Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
    Setyo Adi Nugroho . 29 Apr, 2025
  • Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Muhammad Hafid . 15 Apr, 2025
  • Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2025
  • Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
    Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
    Setyo Adi Nugroho . 27 Mar, 2025
  • Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Anjar Leksana . 09 Apr, 2025
  • Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
    Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
    Muhammad Hafid . 22 Mar, 2025
  • Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
    Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
    Alvando Noya . 13 Mar, 2025
  • Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Eka Zulkarnain . 03 Mar, 2025
  • First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    Setyo Adi Nugroho . 12 Feb, 2025