Kisah Honda Blasteran Inggris

Triumph Aclaim

Honda dan British Leyland (BL). Yang satu pabrikan kampiun asal Jepang, satunya asal Inggris dan pernah jaya. Masing-masing memiliki keahlian. Honda dengan kendaraan penumpang yang reliable, sementara BL punya Land Rover yang tangguh dan pastinya hebat di medan off road. Kedua kemampuan itu membuat mereka sempat mesra selama beberapa tahun, sebelum yang satu diambil alih oleh pabrikan lain. Produknya bakal bikin Anda bertanya, “Memang ada, ya?”

Triumph Pernah Bikin Honda

Rover 200

Mundur ke 1978, British Leyland, selain memegang merek Rover juga Triumph, Austin, Morris dan sebagainya. Mereka ingin punya produk jalan raya yang disukai oleh mereka yang jarang menyentuh jalanan lumpur. Tentu dengan berbagai merek di bawah naungan, punya mobil yang bisa ditawarkan tapi beberapa kurang bisa diterima pasar. Coba menutup kekurangan, datanglah ke Honda. Pabrikan Jepang itu punya agenda sendiri dan dengan mudah memberikan lisensi untuk memproduksi Ballade, yang masih satu keluarga dengan Civic (bayangkan Civic Excellent tapi bentuknya sedan) untuk menggunakan nama Triumph Acclaim.

Ballade hadir akhir 1980. Acclaim hadir beberapa bulan setelahnya dan dirakit di Inggris. Bagi Honda dan industri mobil Eropa, Acclaim memiliki peran yang cukup signifikan. Inilah mobil Jepang pertama yang dirakit di Kawasan Ekonomi Eropa (sekarang Uni Eropa). Dengan menggunakan nama Triumph dan komponen Honda, regulasi Jepang yang menuntut sebuah merek mobil untuk punya pangsa pasar 11 persen sebelum boleh produksi di Eropa, bisa di-bypass. Honda pun bisa ekspor produk sekaligus meriset pasar Benua Biru itu.

Baca Juga: 5 Mobil Mazda yang Diakui Kehebatannya

Kerjasama ini berlanjut karena tahun 1984 Rover juga kebagian. Honda Ballade diganti nama jadi Rover 200 setelah Triumph tutup buku. Berbasis Civic generasi tiga, jangan heran kalau bentuk Rover 200 mirip dengan Civic Wonder sedan. Bedanya lampu depan berbentuk lebih kotak.

Konsumen diberikan dua pilihan mesin. Yang satu adalah empat silinder 1,3 liter buatan Honda, satunya 1,6 liter bikinan Rover sendiri. Transmisinya otomatis tiga percepatan atau 5-speed manual untuk yang bermesin lebih kecil. Sementara versi 1,6 liter dibekali gearbox manual 5-speed. Beberapa diberikan opsi transmisi matic 4-speed bikinan ZF. Rover 200 dikembangkan untuk menyasar pasar menengah ke atas di Inggris. Dirakit di pabrik yang berlokasi di Longbridge, Inggris yang sekarang jadi fasilitas milik SAIC untuk merakit MG.

Rover 200 selesai masa produksinya pada 1989 kemudian dilanjutkan oleh Rover 200 generasi kedua. Ini juga merupakan produk kolaborasi Rover-Honda, yang berbasis Honda Civic generasi keempat. Versi Honda disebut Concerto dengan bentuk liftback.

Honda Jualan Land Rover

Honda crossroad

Tahun 1993, keadaan berbalik. Pasar SUV yang terus naik membuat Honda berpikir ulang karena tidak punya produknya. Daripada bikin dari nol dan direpotkan dengan riset, kenapa tidak manfaatkan saja kerjasama dengan British Leyland? Ide brilian karena Rover jagonya SUV.

Baca Juga: 5 Mobil Jerman Klasik Jarang Dilirik, Pantas Jadi Garage Queen

Hadirlah Honda Crossroad. Apa itu? Land Rover Discovery yang logonya diganti Honda, dan hanya untuk pasar Jepang. Benar-benar hanya ganti logo. Tapi jadi menarik karena di balik kap mesinnya tersemat V8 dengan kapasitas 3,9 liter. Dan hanya itu pilihan mesin yang tersedia. Tenaganya lumayan, 139 hp. Dilengkapi dengan piranti off road dan kenyamanan sebuah Discovery. Ini mobil yang pas dengan keinginan Honda.

Dengan spesifikasi tersebut, Crossroad dengan percaya diri bersaing dengan Toyota Land Cruiser dan Nissan Patrol. Sukses? Tidak juga. Karena ini adalah Land Rover yang saat itu diterpa masalah daya tahan, tentu blasteran Inggris-Jepang ini juga kena. Tahun 1997, contohnya. Lebih dari 4.500 crossroad terkena recall karena masalah pengunci pintu. Yang kalau dibiarkan, pintu bisa terbuka sendiri.

Pada saat itu, Honda mungkin sudah jenuh dengan kerjasama tersebut. Lagipula, Rover diambil alih oleh BMW. Ditambah lagi, mereka sudah mengembangkan sendiri SUV bernama CR-V. Meski begitu, nama Crossroad masih berjalan hingga generasi kedua yang muncul pada 2007. Umurnya pendek saja. Hanya tiga tahun sebelum Honda memutuskan nama itu tidak akan digunakan lagi. (Ddn/Odi)

Baca Juga: Tahukah Anda, Ada Banyak Jenis Wiper Mobil Unik yang Pernah Dibuat

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • GIIAS 2025: V-Kool Gelar Promo Diskon Kaca Film Mobil dan Rumah, Ada Bonus Eksklusif
    GIIAS 2025: V-Kool Gelar Promo Diskon Kaca Film Mobil dan Rumah, Ada Bonus Eksklusif
    Anjar Leksana . Hari ini
  • GIIAS 2025: Citroen Rilis C3 Aircross Alto Tampil Ala Adventurer, Kolaborasi dengan Eiger
    GIIAS 2025: Citroen Rilis C3 Aircross Alto Tampil Ala Adventurer, Kolaborasi dengan Eiger
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • GIIAS 2025: Semakin Banyak Pilihan Mobil Hybrid, Dari Compact Car Sampai Merek Premium
    GIIAS 2025: Semakin Banyak Pilihan Mobil Hybrid, Dari Compact Car Sampai Merek Premium
    Setyo Adi . Hari ini
  • Kata Toyota Soal Perang Harga di GIIAS 2025: Fokus pada Ekosistem, Bukan Diskon
    Kata Toyota Soal Perang Harga di GIIAS 2025: Fokus pada Ekosistem, Bukan Diskon
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • GIIAS 2025: Andalan Masuk Segmen City Car EV, Ini Keunggulan Aion UT
    GIIAS 2025: Andalan Masuk Segmen City Car EV, Ini Keunggulan Aion UT
    Setyo Adi . 01 Agu, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Chery Pasang Target 2.000 Unit Mobil Terjual di GIIAS 2025
    Chery Pasang Target 2.000 Unit Mobil Terjual di GIIAS 2025
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Daihatsu Hadirkan Tiga Mobil Modifikasi Eksklusif Kolaborasi Bareng Modifikator Lokal
    Daihatsu Hadirkan Tiga Mobil Modifikasi Eksklusif Kolaborasi Bareng Modifikator Lokal
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Hyundai Hadapi Penurunan Pasar dengan Strategi Layanan dan Produk Relevan
    Hyundai Hadapi Penurunan Pasar dengan Strategi Layanan dan Produk Relevan
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Jaecoo Serahkan 300 Unit J7 SHS ke Konsumen Pertama
    Jaecoo Serahkan 300 Unit J7 SHS ke Konsumen Pertama
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • HMID Luncurkan myHyundaiCare untuk Mengoptimalkan Layanan kepada Pelanggan
    HMID Luncurkan myHyundaiCare untuk Mengoptimalkan Layanan kepada Pelanggan
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Bedah Lebih dalam Sofistikasi Teknologi DiSus C Buatan BYD di Seal 2025
    Bedah Lebih dalam Sofistikasi Teknologi DiSus C Buatan BYD di Seal 2025
    Anjar Leksana . 29 Jul, 2025
  • Mencari Rival Mitsubishi Destinator, Segmen SUV yang Banjir Produk
    Mencari Rival Mitsubishi Destinator, Segmen SUV yang Banjir Produk
    Setyo Adi Nugroho . 18 Jul, 2025
  • Hal yang Perlu Diketahui dari Fitur Keselamatan Toyota Yaris Cross HEV
    Hal yang Perlu Diketahui dari Fitur Keselamatan Toyota Yaris Cross HEV
    Zenuar Yoga . 17 Jul, 2025
  • Membandingkan Xpeng X9 Lawan Denza D9, MPV Listrik Premium Modern
    Membandingkan Xpeng X9 Lawan Denza D9, MPV Listrik Premium Modern
    Setyo Adi Nugroho . 14 Jul, 2025
  • Bisa Dapat Toyota Innova Baru Tak Sampai Rp400 Juta, Ini Caranya
    Bisa Dapat Toyota Innova Baru Tak Sampai Rp400 Juta, Ini Caranya
    Setyo Adi Nugroho . 10 Jul, 2025
  • Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
    Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
    Setyo Adi Nugroho . 08 Jul, 2025
  • 6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
    6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
    Anjar Leksana . 04 Jul, 2025
  • Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
    Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
    Zenuar Yoga . 30 Jun, 2025
  • Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
    Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
    Setyo Adi Nugroho . 04 Jun, 2025
  • Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2025
  • First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
    First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
    Setyo Adi Nugroho . 21 Jul, 2025
  • Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
    Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
    Muhammad Hafid . 04 Jul, 2025
  • Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
    Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
    Muhammad Hafid . 02 Jul, 2025
  • Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
    Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
    Setyo Adi Nugroho . 24 Jun, 2025
  • Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
    Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
    Wahyu Hariantono . 18 Jun, 2025