KOMPARASI: Toyota Yaris Facelift Vs Honda Jazz, Mana Lebih Oke

JAKARTA -- Bicara segmen hatchback, boleh dibilang saat ini menyisakan pertarungan dua nama; Toyota dan Honda. Untuk mempertahankan posisinya di pasar hatchback, Toyota merilis penyegaran New Yaris. Ada banyak ubahan. Mulai dari rombakan muka dan penggunaan fitur.


Satu yang menarik adalah jumlah airbags . Anda bisa memilih Yaris dengan tiga atau tujuh kantong udara. Termasuk varian TRD Sportivo. Sementara salah satu lawan terdekatnya, Honda Jazz RS, kalah dalam hal ini. Jazz hanya dua titik saja. Apakah Yaris unggul disemua hal?


Kita akan menjajarkan varian tertinggi dari kedua model. Pasalnya, varian tertinggi memiliki kelengkapan paling banyak sehingga pas untuk ditarungkan. Dari harga, Toyota Yaris TRD CVT tujuh airbags dibanderol seharga Rp 301,4 juta. Dari tipe sama namun tiga airbags dijual Rp 296,4 juta.


Direkomendasikan, ambil terlengkap sekalian. Sebab faktor keamanan jadi hal penting. Sedangkan Honda Jazz RS CVT dilepas Rp 292,5 juta on the road Jakarta. Kasta tertinggi dua merek ini memiliki selisih harga Rp 8,9 juta.


Toyota New Yaris


Memang ada selisih yang lumayan. Namun kelengkapan perangkat keamanan tersisip komplet. Bagian pengereman Yaris TRD pakai piringan cakram di semua roda. Makin mantap dengan imbuhan Anti-lock Brake System, Electronic Brake-force Distribution dan Brake Assist (BA). Tak ketinggalan turut juga dipasang fitur Vehicle Stability Control plus Hill Launch Assist.


Honda Jazz hanya memiliki rem cakram di depan saja. Roda belakang masih menggunakan tipe teromol. Lalu dukungan peranti keselamatan ABS, EBD tanpa Brake Assist. Ia jua belum memakai VSC, Traction Control maupun Hill Start Assist. Dari sini mulai terlihat, harga memang sepadan dengan kelengkapan fitur keamanan Yaris anyar. Istilah pasarnya memiliki value for money bagus. Ditambah, sang hactback dari T brand ini dianugerahi lima bintang sempurna hasil tes tabrak Asean NCAP.


Honda Jazz RS


Jantung Pacu & Handling


Yaris masih menggunakan mesin yang sama dengan model sebelumnya. Toyota menanam mesin bensin 2NR-FE, bervolume 1.5 liter Dual VVT-i empat silinder DOHC. Hasil pembakaran internal memberi tenaga 107 PS dan torsi puncak 140 Nm. Power disalurkan melalui transmisi CVT 7-speed plus paddle shift di balik lingkar kemudi.


Sementara Jazz menggendong mesin 1.5 liter SOHC. Dari data di atas kertas, mesin Honda ini sanggup menghasilkan daya 120 PS kemudian torsi sampai 145 Nm. Di segmen hatchback, Honda memiliki kemampuan terbaik di sektor ini. Penyalurannya sama, pakai CVT halus berikut paddle shift.


Untuk urusan handling, keduanya dinilai setara, walau secara personal lebih condong pilih Jazz. Suspensi tipe MacPherson Strut tertanam di bagian depan dan Torsion Beam jadi penyangga ban belakang di kedua model. Secara umum bantingan terasa pas, tidak terlalu kaku juga tak begitu lembek. Ya, sesuai dengan target market: kaum urban muda.


Baiknya tetap test drive sebelum membeli, agar mengetahui karakter mobil. Apakah sesuai keinginan rasa berkendara atau belum. Sebab ada konsumen suka memilih redaman empuk. Di sisi lain terdapat pula pengguna yang nyaman dengan stabilitas tinggi, tapi pegas agak keras.


Toyota New Yaris


Dimensi


Bicara dimensi, New Yaris memiliki panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.500 mm serta jarak sumbu roda 2.550 mm. Lawannya, Jazz RS punya panjang 4.035 mm, lebar 1.694, tinggi 1.524 mm plus ukuran wheelbase 2.530 mm.


Artinya, jika bicara soal kelapangan ruang, Yaris facelift 2020 memang lebih besar ketimbang hatchback Honda itu. Belum lagi kalau membandingkan jarak sumbu roda. Secara akumulasi, volume kabin produk Toyota jadi terlapang.


Honda Jazz


Tatkala menilai ketampanan desain pun itu di ranah pandang subjektif. Kedua unit memiliki kemolekan setara. Di Yaris, grille depan bergaya trapesium lebar, pakai gaya jaring agar terlihat lebih segar. Sorot utama kini berteknologi LED dengan tatanan rumah lampu kian menyipit. Posisi DRL jua ikut berpindah tempat ke dalam lampu utama, mengikuti gaya lini produk Toyota teranyar. Bentuk fog lamp masih bulat cenderung menyiku ke atas.


Rancangan Jazz RS tampak atraktif berupa tarikan garis tajam di sekujur tubuh. Ia memiliki overhang pendek. Bumper depan dinamis dan kisi-kisi diberi lencana RS biar terasa muda nan sporty. Penerangannya juga berteknologi LED. Sebagai pijakan, pelek 16 inci dual tone terpasang pas, tidak terlihat celah besar di bawah fender.


Toyota New Yaris


Kabin


Beralih ke sektor kabin. Yaris punya cluster instrument mirip dari model lama, pakai MID TFT multifungsi. Layar infotainment anyar mendukung pemutar DVD/CD, Bluetooth, Miracast dan USB. Penyejuk kabin Yaris baru digital tapi masih menggunakan tombol fisik untuk penyetelannya. Jazz punya layar infotainment lebih besar yakni 8 inci plus multisambungan. AC jua bertipe digital. Tapi Anda bisa mengatur suhu dengan smart touch.


Lingkar kemudi Yaris baru cuma bisa disetel ketinggiannya (tilt) sedang Honda Jazz sudah mendukung tilt dan teleskopik. Kemudi keduanya sudah dibungkus material kulit serta dilengkapi audio switch pada palang kemudi. Tombol start/stop dijumpai pada kabin keduanya.


Honda Jazz Interior


Kesimpulan


Menentukan unit mana yang paling realistis, bukan hal sulit. Kelengkapan terkandung di dalam Toyota New Yaris jelas poin menarik jadi pilihan utama. Toh selisih harga itu pantas, demi mengkongkosi perangkat keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Kalau diamati di pasar mobil bekas, nilai depresiasi unit tergolong wajar. Tidak jatuh-jatuh amat.


Sedangkan Jazz bisa jadi daftar kedua. Meski tak selengkap pesaingnya, ia terkenal memiliki efisiensi bahan bakar mumpuni. Dalam metode pengujian full to full sejauh 100 km, sempat tercatat angka di atas 19 km/liter. Dari sini, Anda bisa menentukan kebutuhan seperti apa. (Alx/Raju)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda