Mercedes-Benz Eks Michael Jordan Terjual Rp 2,96 Miliar

NEW YORK -- Harga sebuah mobil tak hanya dari kondisi. Nilai sejarah atau sentimentil bahkan kadang lebih mahal. Hal yang membuat harga mobil melambung tinggi, sampai bikin kita geleng-geleng kepala karena tak percaya. Seperti yang terjadi pada mobil yang pernah digunakan Michael Jordan, bintang bola basket Amerika era tahun 1990-an. Harganya malah jadi berpuluh-puluh kali lipat dibandingkan ketika ia beli pada tahun 1996 silam.


Ceritanya, sebuah Mercedes-Benz S600 Lorinser yang pernah digunakan Jordan, terjual di situs eBay pada hari Minggu lalu (23/8) seharga US$ 202.000. Kalau dinominalkan ke dalam rupiah sekitar Rp 2,96 miliar. Mercy berwarna Metallic Navy Blue itu ditawarkan di eBay oleh Beverly Hills Car Club dengan starting bid hanya US$ 23 saja. Dari situ langsung harganya melangit, sampai 177 bid dan akhirnya terjual.


Padahal kalau diitung-itung, dengan harga jual segitu Anda sebenarnya bisa membeli Porsche 911 Turbo S yang baru yang dibanderol kisaran US$ 204 ribu atau sekitar Rp 3,1 miliar. Nah, bidding ini bisa menjadi preseden bagus kalau ada yang punya Mercy S600 tuningan Lorinser. Mungkin kalau lebih langka lagi harganya bisa lebih tinggi dari eks legenda basket Paman Sam itu.


Mercedes-Benz S600 Lorinser ex Michael Jordan


Unsur Jordan


Nama Jordan memang menjadi magnet. Apalagi pecinta bola basket AS dan klub Chicago Bulls. Yup, Jordan yang kini berusia 57 tahun adalah legenda klub tersebut. Ia memperkuat Bulls pada 1984-1998, sempat juga di Washington Wizards 2001-2003. Bersama klub Kepala Banteng Merah itu, Jordan meraih 6 gelar juara NBA. Tak pelak apapun yang berbau Jordan akan sangat berharga.


“Ada yang mengumpulkan aksesoris bola basket atau sepatu atau foto bertanda tangan Michael Jordan. Tapi seberapa orang yang Anda tahu ingin memiliki mobilnya Michael,” ujar owner Beverly Hills Car Club Alex Manos. “Ini adalah Cawan Suci memorabilia Michael Jordan.”


Mercedes-Benz S600 Lorinser ex Michael Jordan


Kondisi Mobil


Seperti dikutip dari website www.thedrive.com, pada saat dijual mobil masih dalam kondisi bagus, bersih, punya dukungan Carfax yang apik dan full paper yang menunjukkan bahwa Michael dan istrinya, Juanita sebagai pemilik asli mobil.


Semua masih apa adanya. Telepon mobil pada dashboard mobil masih menerakan nama Michael Jordan kalau peranti itu digunakan. Nah telepon mobil pada jaman itu adalah barang mewah, kalau sekarang sudah dianggap old school banget.


Mercedes-Benz S600 Lorinser ex Michael Jordan


Memakai velg Lorinser berwarna krom, sunroof elektrik, four-wheel disc brake, transmisi otomatis dan interiornya berwarna biru. Dilengkapi fitur-fitur opsional tercanggih yang terdapat pada Mercy coupe cabriolet di jamannya. Seperti jok berpemanas, cruise control, dua airbag dan power tilt steering. Pada odometer tertera 251.446 km yang sudah ditempuh oleh kendaraan itu. Cukup tinggi. Menyandang mesin V12 6.0 liter yang menghasilkan geraman suara keras jika atap mobil dibuka.


Jujur saja, kalau dilihat dari kilometer dan daftar fitur, bukan itu faktor yang membuat harganya jadi melangit. Faktor Lorinser juga tak mungkin berpengaruh banyak. Yang masuk akal mungkin film seri documenter The Last Dance yang mengangkat harga mobil menjadi tinggi. Film itu mengisahkan tentang perjalanan karier Michael Jordan sehingga menjadi bintang bola basket dunia. (Eka/Raju)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda