Mobil Asyik yang Pakai Mesin Bikinan Yamaha

SHO engine

Yamaha bukan hanya membuat motor atau alat musik seperti piano dan gitar. Mereka juga ahli membuat mesin dengan berbagai peruntukan. Motor pasti, ada juga mesin tempel untuk transportasi air, ATV dan yang paling menonjol tapi jarang diketahui, mesin mobil legendaris.

Anda pasti paham, mobil perlu mesin hebat untuk menyandang titel legendaris, fun to drive, kencang atau sebutan antusiasme lainnya. Nah, Yamaha punya andil di beberapa mobil hebat. Di bawah ini adalah yang paling kami suka. Lengkap dengan alasan kenapa mereka menggandengnya.

 

Volvo XC90

Volvo XC90

SUV pertama dari pabrikan Swedia. Kehadiran tahun 2001 diawali oleh Adventure Concept Car yang debut di North American International Auto Show (dikenal juga sebagai Detroit Auto Show). Tahun berikutnya, selubung Volvo XC90 dibuka ke publik dengan mesin lima dan enam silinder 2,5 liter.

Volvo merasa kurang sreg kalau tidak punya yang performanya lebih. Terutama untuk mendobrak pasar Amerika Serikat. “Kita perlu mesin V8,” kurang lebih begitu pernyataan para petinggi. Masalahnya, Volvo belum pernah bikin V8. Mengambil dari yang sudah ada bikinan pabrikan lain, takut tidak cocok dengan karakter Volvo yang mengedepankan keselamatan.

Yamaha pun mengacungkan tangan. Disepakati, karena Volvo punya kebutuhan yang spesifik mereka akan mendesain mesin. Yamaha yang mewujudkan. Lahirlah B8444S, mesin berukuran ringkas dengan konfigurasi V8 yang khusus dibuat untuk posisi melintang di dalam ruang mesin. Tenaga 292 PS disalurkan melalui transmisi Aisin ke sistem gerak AWD buatan Haldex.

Selain XC90, B8444S juga dipakai di S90 generasi sebelum yang ada sekarang. Hadir juga di supercar Noble M600 dengan posisi membujur, ditambahkan turbocharger. Tenaganya terdongkrak jadi 650 PS.

 

Ford Taurus SHO

Ford Taurus

Kalau tidak tahu mobil ini, tidak perlu khawatir. Karena memang hanya dipasarkan di Amerika Serikat dan sekitarnya. Saat muncul pertama kali tahun 1985, orang Amerika terpukau dengan desain yang futuristis pada masanya. Ford yang kala itu nyaris bangkrut, tertolong oleh kehadiran mobil ini.

Lalu muncul versi Taurus Super High Output, disingkat SHO. Di balik moncong yang aerodinamis, terpasang mesin V6 3,0 liter bikinan Yamaha yang mampu mengeluarkan 223 hp. Tipikal Yamaha, mesinnya bisa berputar tinggi. Jantung mekanis ini dikatakan mampu mencapai 8.000 rpm. Meski supaya panjang umur, dibatasi hingga 7.300 rpm. Tetap saja gila. Angka-angka itu bahkan mempermalukan Ford Mustang ‘Vox Body’ bermesin V8.

Belum lagi bentuk mesin dengan lekukan saluran intake yang indah. Terlalu indah untuk bertengger di ruang mesin, cukup pantas dipajang di museum seni.

Taurus SHO generasi kedua yang dikeluarkan tahun 1992 juga menggunakan mesin ini. Namun generasi ketiga yang muncul empat tahun kemudian diganti menggunakan V8 buatan Cosworth. Tapi, silinder head-nya dibikin Yamaha.

Baca Juga: Deretan Nama Mobil yang Paling Pas Sesuai Karakternya

 

Lexus LFA

Lexus LFA

LFA yang hadir akhir 2010 adalah ‘mainan’ yang terbilang baru waktu itu, untuk Lexus. Dan karena mereka punya standar tinggi di berbagai hal, sports car ini juga tidak terkecuali. Semuanya harus dibuat semaksimal dan sedetail mungkin.

Toyota kemudian menggandeng Yamaha, anak perusahaannya. Pabrikan Garpu Tala ini mengeluarkan ide V10. Toyota suka, jalanlah produksi mesin V10 yang unik. Ukurannya lebih kecil dari penggerak V8 konvensional. Klep dibuat dari bahan titanium, rocker arm dilapisi material yang kekuatannya menyamai berlian. Aluminium alloy dan titanium alloy digunakan di bagian lain. Kode mesinnya 1LR-GUE.

Bukan cuma material yang eksentrik, karakternya juga unik. Tenaga 560 PS dan seperti dibilang tadi, karakter jantung mekanis Yamaha adalah high revving. Si GUE mampu berputar hingga 9.000 rpm! Dorongan torsi terasa mulai dari 3.700 rpm, memuncak di 6.800 rpm sebesar 480 Nm dan flat hingga batas putaran akhir. ECU memutus aliran bensin pada 9.500 rpm. Jarang ada mesin jalan raya macam ini.

Tidak hanya performa, suaranya juga luar biasa. Engineer Lexus dan Yamaha mengatakan suaranya bagaikan ‘raungan para malaikat.’ Berlebihan? Coba nilai sendiri dari video di bawah.

Suara itu juga diracik oleh Yamaha. Tapi bukan oleh divisi mesin, melainkan yang spesialis akustik. Mantap kan?

 

Toyota 2000GT

Toyota 2000GT

Inilah mobil yang membuat dunia melihat kedua pabrikan sebagai pemain golongan kakap. Tapi sebelumnya, yang menarik soal 2000GT adalah proses awal kehadirannya. Yamaha yang ingin bikin kendaraan roda empat berperforma mengontak Nissan. Pesaing Toyota ini sedang memikirkan penerus Fairlady yang sukses dimana-mana. Tapi Nissan merasa tidak cocok.

Yamaha terlanjur bikin proposal, menawarkan kepada Toyota yang kebetulan juga kepincut bikin mobil sport. Konon niat Toyota ini disulut oleh kesuksesan Jaguar Type E. Gayung bersambut, lahirlah 2000GT yang melegenda dengan mesin DOHC empat silinder bertenaga 150 hp.

Desainnya yang aduhai digambar oleh desainer Toyota Satoru Nozaki. Tapi proses engineering dan perakitan dilakukan oleh Yamaha. Muncul pertama kali tahun 1965. Mobil inilah yang jadi titik balik Toyota. Dari yang awalnya dicap sebagai tukang jiplak, pembuat mobil murahan, jadi produsen otomotif kelas global. (Ind/Odi)

Baca Juga: Kolaborasi Antik, Pabrikan Uni Soviet Pernah Ajak Porsche Kembangkan Mobil

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • FIRST IMPRESSION: Geely Galaxy Starship 7 EM-i: SUV PHEV Sanggup Tempuh 1.430 Km
    FIRST IMPRESSION: Geely Galaxy Starship 7 EM-i: SUV PHEV Sanggup Tempuh 1.430 Km
    Setyo Adi . Hari ini
  • Kalista Lanjut Uji Coba Armada EV Komersial, Buktikan Kesiapan Ekosistem
    Kalista Lanjut Uji Coba Armada EV Komersial, Buktikan Kesiapan Ekosistem
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Tahun Ini BAIC BJ30 Meluncur di Indonesia, Andalkan Mesin Hybrid
    Tahun Ini BAIC BJ30 Meluncur di Indonesia, Andalkan Mesin Hybrid
    Alvando Noya . Hari ini
  • FIRST DRIVE: Jajal Teknologi Hybrid+ Milik MG ZS HEV 2025, Tahun Ini Meluncur di Indonesia
    FIRST DRIVE: Jajal Teknologi Hybrid+ Milik MG ZS HEV 2025, Tahun Ini Meluncur di Indonesia
    Anindiyo Pradhono . Hari ini
  • Kesan Pertama Jumpa Langsung Suzuki Fronx, Eksteriornya Kekar dan Dinamis
    Kesan Pertama Jumpa Langsung Suzuki Fronx, Eksteriornya Kekar dan Dinamis
    Bangkit Jaya . Hari ini

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • MAB SF T01, Pikap Listrik Futuristik dengan Harga Terjangkau
    MAB SF T01, Pikap Listrik Futuristik dengan Harga Terjangkau
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • DFSK - Seres Edukasi Pelaku Bisnis Soal Mobil Listrik di PEVS 2025
    DFSK - Seres Edukasi Pelaku Bisnis Soal Mobil Listrik di PEVS 2025
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Angka Retail Naik, Chery J6 Jadi Andalan Penjualan di Indonesia
    Angka Retail Naik, Chery J6 Jadi Andalan Penjualan di Indonesia
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Bridgestone Buka Jaringan TOMO 3S di Cianjur
    Bridgestone Buka Jaringan TOMO 3S di Cianjur
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Lima Model Baru Seri Ocean BYD Meluncur di Shanghai, Ada PHEV
    Lima Model Baru Seri Ocean BYD Meluncur di Shanghai, Ada PHEV
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Kelengkapan Daihatsu Ayla M MT, Mobil Penumpang Termurah di Indonesia
    Kelengkapan Daihatsu Ayla M MT, Mobil Penumpang Termurah di Indonesia
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Geely Impresi Galaxy Starship 7 EM-1: SUV Hybrid dengan Jarak Tempuh 1.430 Km!
    Geely Impresi Galaxy Starship 7 EM-1: SUV Hybrid dengan Jarak Tempuh 1.430 Km!
    Setyo Adi Nugroho . 30 Apr, 2025
  • Lebih Dekat dengan Produk Yangwang, Merek Premium dari BYD Auto
    Lebih Dekat dengan Produk Yangwang, Merek Premium dari BYD Auto
    Anjar Leksana . 30 Apr, 2025
  • Mitsubishi Pajero Sport 2025: SUV Tangguh dengan Desain Modern dan Kaya Fitur
    Mitsubishi Pajero Sport 2025: SUV Tangguh dengan Desain Modern dan Kaya Fitur
    Ardiantomi . 29 Apr, 2025
  • Bahas Fitur Keamanan Mitsubishi Xforce Ultimate Diamond Sense, Apa Saja?
    Bahas Fitur Keamanan Mitsubishi Xforce Ultimate Diamond Sense, Apa Saja?
    Ardiantomi . 29 Apr, 2025
  • Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
    Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
    Setyo Adi Nugroho . 29 Apr, 2025
  • Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Muhammad Hafid . 15 Apr, 2025
  • Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2025
  • Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
    Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
    Setyo Adi Nugroho . 27 Mar, 2025
  • 5 Hal yang Mesti Disiapkan saat Mudik Bareng si Kecil Pakai Mobil Pribadi
    5 Hal yang Mesti Disiapkan saat Mudik Bareng si Kecil Pakai Mobil Pribadi
    Anjar Leksana . 26 Mar, 2025
  • Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Anjar Leksana . 09 Apr, 2025
  • Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
    Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
    Muhammad Hafid . 22 Mar, 2025
  • Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
    Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
    Alvando Noya . 13 Mar, 2025
  • Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Eka Zulkarnain . 03 Mar, 2025
  • First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    Setyo Adi Nugroho . 12 Feb, 2025