Pilih kota Anda untuk memulai pencarian

icon

Atau pilih dari kota populer

    Seleksi MPV Toyota Bekas di Bawah Rp 200 Juta untuk Liburan Akhir Tahun

    Pilihan mobil keluarga budget Rp 200 juta ada banyak. LCGC 7-seater semacam Toyota Calya dan Daihatsu Sigra tentu saja mudah dipinang dengan banyak sisa dana. Kelas Low MPV pun juga bisa, contohnya Toyota Avanza. Tapi sebatas trim paling bawah, tanpa ada banyak fitur pemanja. Begitu pula LMPV merek lain. Anggaran segitu tetap dapat varian termurah juga yang paling sederhana.


    Opsi kali ini tertuju ke merek Toyota. Jika Anda bosan dengan Avanza yang masih begitu saja, kenapa tidak coba lirik MPV Toyota lain yang jauh lebih bergengsi. Dengan harga setara, pilihan mobil bekas semakin banyak. Kelasnya semua di atas Avanza yang tentu punya kualitas berkendara lebih baik. Berikut beberapa model kami rekomendasikan. Dan jangan lupa, teliti dulu sebelum membeli. Pastikan pilih kondisi terbaik, agar tidak merugi.


    Toyota Alphard 2008


    Alphard 2008


    Siapa yang tak mengenal Alphard. MPV bongsor dengan kabin sangat lapang ini, menawarkan berbagai kenyamanan serta kemewahan untuk penumpangnya. Pantas sangat disukai kaum selebritas dan pejabat. Dengan dana setara Avanza baru, Anda bisa membawa pulang Alphard 2008. Tak lain masih generasi pertama, namun sudah model terakhir sebelum regenerasi.


    Angka pasaran di pasar mobil bekas sekitar Rp 170 - Rp 190 jutaan. Memang usianya sudah tak muda lagi. Pastinya banyak komponen yang harus segera diganti. Tapi ini Toyota dengan cap durabilitas tidak mudah luntur. Sisa dan yang ada cukup untuk melakukan penyegaran seperlunya.


    Saat dipasarkan, Alphard model ini berstatus CBU dan mayoritas dijual oleh importir. Ada dua pilihan mesin ditawarkan, 2AZ-FE 4-silinder 2,4-liter dan 1MZ-FE V6 3,0-liter. Keduanya sama seperti yang dipakai Camry kala itu. Jadi, banyak suku cadang yang bisa saling substitusi. Poin istimewa bukan soal mesin, melainkan kabin yang bisa dijadikan “rumah berjalan”. Mobil ini memang lebih enak dikemudikan sang “chauffeur”. Anda tinggal menikmati singgasana di belakang.


    Toyota Kijang Innova V Diesel 2014


    Innova 2014


    Pilihan paling masuk akal, jika ingin mobil keluarga yang sudah terbukti keandalannya, selain Avanza. Kurang lebih citranya sama, daya tahan kuat dan mudah dirawat. Namun karakter berkendara Innova jelas di atas Avanza. Kabin juga lebih lapang untuk mengangkut penumpang dengan nyaman.


    Grand New Kijang Innova 2014, model terakhir sebelum berganti generasi ke Innova Reborn. Masih amat layak direkomendasikan. Pilih varian V tertinggi yang punya fitur paling lengkap. Ada tipe Luxury dengan kursi tengah model captain seat. Kami sarankan juga, pilih opsi mesin diesel 2KD-FTV 2,5-liter dan transmisi otomatis.


    Kenapa matik? Karena torsi mesinnya lebih besar dari transmisi manual. Dibandingkan Innova bensin, tipe ini jelas lebih enak diajak berakselerasi dan irit bahan bakar. Jika Anda bisa mendapatkan dalam kondisi sehat dan apik seharga pas Rp 200 juta, tentu tergolong beruntung. Karena ini adalah mobil yang biasa dipakai bekerja keras. Jarang dilepas pemiliknya dengan odometer rendah. 


    Toyota Nav1 2015


    Harga Nav1 bekas


    High-roof MPV Toyota satu ini sangat menarik dan harga bekasnya makin menggiurkan. Dapat Nav1 lansiran 2015, tapi tak banyak kembalian sisa dana. Tak masalah, toh masih cukup muda dan seharusnya belum ada masalah berarti. Asalkan selalu dalam perawatan rutin pemilik sebelumnya. Dibanding Avanza, jelas Nav1 lebih baik secara keseluruhan. Mulai dari kelapangan kabin, kelengkapan fitur, performa mesin sampai kenyamanan suspensi.


    Sesuai segmennya, Nav1 ditenagai mesin 4-silinder 2,0-liter. Kode 3ZR-FAE ternyata mengandung teknologi berbeda daripada yang lain. Memakai sistem pengaturan katup bernama Valvematic, bukan VVT-i atau Dual VVT-i seperti mayoritas mesin Toyota. Fungsi dasarnya sama untuk mengatur buka dan tutup katup. 


    Toyota Sienta Q 2017


    Toyota Sienta Q 2017


    Sienta pantas dilirik apalagi bisa mendapat tahun kelahiran tergolong muda, terutama untuk tipe tertinggi Sienta Q. Harga barunya memang beririsan dengan Avanza, tapi untuk varian yang paling rendah. Sedangkan Q baru, sudah tembus Rp 300 juta. Tentunya kondisi bekas seharga Avanza menjadi pilihan menarik. Siapkan saja Rp 155 juta sampai Rp 180 juta, MPV yang lebih nyaman dari Avanza bisa dibawa pulang.


    Pertama, Sienta itu MPV kompak yang menawarkan fleksibilitas kabin. Bermodal pintu geser elektrik, akses penumpang ke baris belakang sangat dimanjakan. Sensasi MPV sekelas Alphard bisa terasa. Formasi kursi mudah diatur segala macam cara, sesuai kebutuhan untuk mengangkut penumpang ataupun barang. Selain itu, MPV ini ditenagai mesin 2NR-FE 4-silinder 1,5-liter dengan perpaduan transmisi CVT. Secara mekanis, cocok untuk penggunaan harian di dalam kota.


    Lalu untuk tipe Q, kelengkapannya berlimpah. Lampu depan dan belakang sudah LED, tersemat pula body kit sebagai pembeda dengan varian bawahnya. Starter mesin menggunakan tombol, begitu pula mendapat sistem infotainment layar sentuh 7-inci yang punya fungsi Mirroring dan Voice Command. Dan terpenting, fitur keselamatannya sudah termasuk Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill-Start Assist Control (HSA). (Odi)

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda