Skutik Murah Tak Sampai Rp 20 Juta yang Cocok untuk Wanita

Honda scoopy 2020

Karena menyangkut persoalan sifat-sifat alami, perempuan cenderung sangat selektif dengan barang yang bakal digunakannya. Tak hanya penampilan, dimensi kecil, bobot ringan, bagasi luas dan handling nyaman juga masuk dalam parameternya. Terlebih punya harga yang terjangkau. Berikut rekomendasi skutik di bawah Rp 20 juta yang cocok digunakan wanita saat ini:

All New Honda Scoopy Fashion dan Sporty

Sejak pertama kali diluncurkan, Honda Scoopy selalu diminati pengendara wanita. Sampai sekarang dengan status All New pun masih tetap digemari. Saat ini dirinya punya banyak varian, tapi untuk yang di bawah Rp 20 juta hanya dua. All New Honda Scoopy Fashion dan Sporty yang dijual Rp 19,950 juta.

Alasan mengapa ia sangat diminati, karena punya desain stylish dan sangat nyaman untuk tubuh wanita. Rancang bangunnya cukup ideal, panjang 1.864 mm, lebar 683 mm, dan tinggi 1.075 mm. Skutik ini memiliki jarak sumbu roda 1.251 mm serta ground clerance 145 mm, sehingga ramah untuk kaum perempuan. Dimensi tersebut menawarkan posisi berkendara yang menyenangkan, terlebih bobotnya hanya 95 kg dan 94 kg (tipe SmartKey).

Salah satu bentuk penyempurnaan agar mudah dikendarai, pabrikan memberikan sasis baru. Kini mengusung teknologi yang disebut Enhanced Smart Arcitecture Frame (eSAF). Berkat rangka itu, bobotnya lebih ringan ketimbang model lama. Tentu memudahkan pengendara wanita saat melakukan manuver.

Scoopy sekarang menggunakan mesin generasi baru dan termutakhir. Spesifikasinya, 110 cc 4-langkah SOHC eSP, pendingin udara dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Output tenaganya ada diangka 9 Hp pada 7.500 rpm dengan torsi mencapai 9,3 Nm di 5.500 rpm. Sesungguhnya, powernya itu berkurang sedikit dibanding Scoopy lama. Walau begitu, Honda mengklaim konsumsi bahan bakarnya irit. Berdasarkan data internal Honda, konsumsi bahan bakar Genio mencapai 59 km/liter (ISS on).

Tak hanya itu, motor ini juga hadir dengan fitur yang sangat lengkap di kelasnya. Honda Scoopy memiliki lampu depan LED dengan proyektor yang mampu menghadirkan visibilitas berkendara istimewa saat malam hari sekalipun.

review honda scoopy

Lalu ada Idling Stop System (ISS) yang berguna untuk menghemat bahan bakar. Cara kerjanya setiap motor berhenti lebih dari tiga detik, mesin otomatis mati sehingga menghemat bahan bakar. Tinggal putar gas untuk menghidupkan mesin lagi.

Honda juga menyematkan power charger yang dapat digunakan mengisi baterai smartphone sepanjang perjalanan. Sekarang sudah berjenis soket USB. Jadi pemilik tidak direpotkan untuk membeli konektor untuk bisa mengisi baterai gawai. Tinggal aplikasikan lewat kabel bawaan ponsel saja.

Kemudian ia memiliki bagasi luas dengan kapasitas 15,4 Liter. Sekarang bisa menyimpan helm, tapi ada kriteria khusus, yakni pelindung kepala yang dijual secara resmi oleh AHM. Selain itu bisa juga untuk menyimpan barang berdimensi kecil macam sarung tangan, kacamata, botol minuman serta jas hujan.

Scoopy model anyar diberikan Multi Function Hook. Bermanfaat untuk menggantungkan barang bawaan. Didesain secara praktis karena dapat ditutup bila tidak digunakan. Kemudian pijakan kaki untuk pembonceng kini terintegrasi dengan bodi. Memeberikan nuansa berbeda dan secara estetika jadi lebih baik.

Buat keamanan, tetap memiliki standar samping otomatis (Side Stand Switch) serta tuas pengunci Brake Lock yang mudah dioperasikan saat berhenti di tanjakan.

Baca Juga: Opsi Skutik Termurah Awal 2021, Tak Sampai Rp 17 Juta

All New Honda Beat Series

Honda BeAT

All New Honda Beat resmi meluncur pada awal 2020. Model baru ini memiliki tiga tipe, CBS, CBS-ISS dan Deluxe. Masing-masing dijual Rp 16,450 juta, Rp 17,150 juta dan tertinggi Rp 17,250 juta OTR Jakarta. Ia merupakan salah satu skutik keluaran Honda yang cocok digunakan wanita. Lantaran bobot yang ringan dan bodinya ramping. Tercatat dirinya punya berat kering cuma 89 Kg (CBS) dan 90 kg (CBS-ISS). Dimensinya panjang 1.877 mm, lebar 669 mm, tinggi 1.074 mm. Ia punya ukuran jarak jok ke tanah 740 mm, jadi perempuan tidak perlu risau.

Rangkanya berteknologi eSAF (enhanced Smart Architecture Frame), membantu kaum hawa dalam hal pengendalian. Karena frame yang digunakan lebih ringan dari model pipa besi, serta dapat meningkatkan stabilitas dan kelincahan berkendara. Apalagi area dek pijakan kaki cukup lega, membuat rasa berkendara jadi lebih nyaman.

Fitur canggihnya ada power charger 12 W (12V 1A) di dasbor depan. Tapi hanya tersedia di tipe CBS-ISS dan Deluxe. Lampu utamanya sudah LED, kunci kontak disematkan fitur secure key shutter dan ada tombol pembuka jok di sampingnya. Side Stand Switch serta Parking Brake Lock juga sudah disediakan. Kemudian ruang penyimpanan barang 12 liter, bisa buat menaruh barang berdimensi kecil, dompet maupun jas hujan.

Mesin menggunakan generasi terbaru, 110 cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Tenaga maksimal yang dihasilkan sebesar 8,89 hp pada 7.500 rpm dengan torsi tertinggi di 9,3 Nm di 5.500 rpm. Daya segitu sudah cukup responsif untuk ukuran perempuan. Buat penunjang keamanan, ia memakai CBS (Combi Brake System). Dan ada pula fitur ISS (Idling Stop System), untuk memperoleh hasil maksimal terhadap efisiensi bahan bakar.

Ia hadir dengan 9 pilihan warna. Untuk tipe CBS ada Dance White, Techno Blue White, Hard Rock Black, dan Funk Red Black. CBS-ISS ada Garage Black, Electro Blue Black dan Fusion Magenta Black. Serta varian paling mewah punya warna matte, yakni silver dan hitam. Pembeda dengan lainnya, ia memakai embel 3D yang tertempel di setiap sisi bodi.

Honda Genio

Honda Genio 2020

Genio punya bobot paling ringan dibanding skutik di kelasnya. Bisa jadi pilihan utama buat wanita yang cari skutik kecil. Berat kosongnya hanya 89 kg untuk tipe CBS dan 90 kg untuk versi CBS-ISS. Hal itu karena didukung penggunaan frame (rangka) baru eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Teknologi kerangka anyar dari Honda itu membuat Genio lebih ringan, lincah, dan nyaman dikendarai.

Kedua varian Genio tidak memiliki perbedaan di sektor mesinnya. Jantung pacunya 110 cc yang sanggup melepaskan tenaga maksimal 8,9 hp di 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm di putaran 5.500 rpm. Dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI dan teknologi mesin eSP, membuatnya lebih efisien terhadap penggunaan bahan bakar. Skutik ini tercatat mampu menempuh jarak 59,1 km per liter (fitur ISS on). Jika dengan kapasitas tangki 4,2 liter, maka ia sanggup dibawa hingga 248 km.

Buat fitur keamanan, ditunjang scure key shutter, brake lock atau rem parkir, combi brake, dan side stand switch yang menjadi fitur standar Honda Genio. Tidak lupa juga disematkan fitur ACG Starter (Alternating Current Generator) yang membuat skutik ini tetap halus saat mesin dinyalakan. Fitur ini bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas.

Bodinya ramping dan kompak dengan dimensi 1.869 x 629 x 1.061 mm (PxLxT). Jarak jok ke tanah bisa ditolerir oleh wanita, yakni 740 mm. Dengan begitu, kaki dapat memijak tanah dengan baik. Step floor atau dek di desain luas, agar kaki pengendara perempuan bisa bergerak bebas.

Untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna wanita, terdapat ruang penyimpanan besar berkapasitas 14 liter. Bisa untuk menyimpan barang kebutuhan harian kaum hawa. Di dalam bagasinya juga disiapkan power charger.

Total ada 8 varian warna yang ditawarkan. Mengusung desain yang atraktif, Honda Genio tipe CBS hadir dengan tampilan grafis berkelas. Terdapat nuansa garis dan pola yang fun melalui aksen neon. Pilihan terbaru ini hadir dengan 4 warna, yakni Radiant White Silver, Radiant Red Black, Radiant Silver Black, dan Radiant Brown Black. Sementara untuk tipe CBS-ISS hadir dengan grafis goresan kapur tulis yang ekspresif. Ada 4 pilihan warna yaitu Fabulous Red, Fabulous Matte Brown, Fabulous White, dan Fabulous Matte Black.

Baca Juga: Rekomendasi Motor Adventure 2020, dari Bebek sampai Moge

Yamaha Mio Gear 125

test ride yamaha gear

Sebagai pendatang baru, Yamaha Mio Gear 125 juga cocok untuk perempuan. Lantaran menempati kategori entry level, harganya pun sangat rasional. Varian standar dijual Rp 16,750 juta dan tipe S dibanderol Rp 17,350 juta OTR Jakarta.

Sama seperti saudaranya Mio S, ia punya bodi kompak. Tercatat total panjang Gear 1.870 mm, lebar 685 mm, tinggi 1.060 mm. Dan tinggi tempat duduk 750 mm, cukup terjangkau buat pengendara dengan postur di bawah 165 cm. Bobot keringnya 96 kg (S Version) dan 95 Kg (standar). Tak terlalu berat, sesuai keinginan kaum hawa dalam hal memilih roda dua.

Ia menawarkan beragam fitur yang dibutuhkan pengendara wanita. Utamanya dek rata yang luas dan ruang penyimpanan di bawah kursi, bisa untuk menaruh jaket, sarung tangan ataupun benda kecil lainnya. Kemudian tak kalah penting yaitu double hook atau cantelan, memudahkan perempuan untuk membawa barang lebih banyak dan bisa dilipat jika tidak digunakan.

Ada pula tambahan rak di sisi kiri yang kapasitasnya cukup besar dan dalam, bahkan bisa menyimpan satu botor air ukuran sedang. Di situ tersedia socket pengisan baterai gawai, tapi konsumen harus membeli konektor. Sayang, tempat itu dalam keadaan terbuka. Jika ingin tertutup rapi, Yamaha menawarkan aksesori penutup. Sehingga lebih aman saat menaruh barang.

Khusus untuk varian tertinggi atau S, disematkan fitur Stop & Start System (SSS). Jika kondisi aktif (posisi On), maka mesin bakal mati otomatis ketika motor idle 3-5 detik. Perangkat penyala mati ini terletak di setang sebelah kanan. Lumayan membantu dalam hal efisiensi bahan bakar. Kemudian diberikan remote Answer Back System, membantu mencari motor saat di parkiran.

Jantung mekanik Gear 125 bermuatan 124,96 cc, SOHC, satu silinder, 4 langkah dengan berpendingin udara serta berteknologi Fuel Injection Blue Core. Tenaga dan torsi yang dihasilkan masing-masing 9,38 Hp pada 8.000 rpm dan 9,5 Nm di 5.500 rpm. Daya itu tergolong mumpuni untuk dipakai kaum hawa beraktivitas sehari-hari.

Demi kemanan perempuan yang terkadang lupa menaikan standar samping, diberikan stand side switch. Jadi, mesin tidak menyala ketika masih posisi turun. Kemudian ada Smart lock yang dapat menjaga posisi motor saat berada di tanjakan. Seluruh varian Mio sebetulnya sudah dibekali piranti itu, dan sudah menjadi fitur standar yang wajib ada di skutik entry level.

Untuk tipe standar, tersedia lima kelir yakni Matte Silver, Metallic Grey, Metallic Red, Metallic White dan Matte Greenish. Sementara S version menawarkan dua pilihan warna saja: Prestige Silver dan Matte Red.

Yamaha Mio S

Mio S

Masih di kelas sama, Yamaha punya lagi produk yang layak digunakan pengendara wanita. Skutik ini hadir dengan mengusung konsep “Smart and Sophiscated”. Ia lebih mengedepankan sisi dinamis dan tampilan yang lebih simpel. Secara umum, posisi riding lebih terkesan anggun, sehingga cocok menjadi kendaraan bagi kaum hawa. Ruang pijakan kaki cukup lega, sehingga membuat pengendaranya merasa rileks.

Ia punya bobot 94 kg dan punya jarak jok ke tanah 750 mm. Ukuran itu lebih tinggi dianding skutik lansiran Honda. Pada bagian bawah jok terdapat bagasi luas dan lega. Ukurannya mencapai 10,2 liter, sehingga sangat fungsional untuk menampung barang bawaan. Sayangnya tidak ada fitur untuk USB port. Tapi ia punya Answer back system yang terpisah dari anak kunci.

Mio S punya tenaga yang lebih besar dibanding skutik dari Honda. Dibekali mesin SOHC silinder tunggal, 4 langkah berkapasitas 125 cc. Tenaga maksimal yang dihasilkan yakni 9,3 hp di 8.000 rpm dan torsi puncak 9,6 Nm di 5.500 rpm. Mesinnya pakai teknologi Fuel Injection Blue Core, membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih efisien. Bahkan di brosurnya, Yamaha mengklaim 50 persen lebih irit dibanding Mio yang masih menggunakan karburator. Skutik feminim dari Yamaha ini dibanderol Rp 16,915 juta on the road Jakarta.

Suzuki Address

Suzuki Address

Pabrikan berlambang ‘S’ juga menawarkan skutik entry level yang mudah dikendarai wanita. Terdapat dua pilihan, Suzuki Address FI dan Playfull. Keduanya sama saja, baik dari segi spesifikasi dan fiturnya. Yang membedakan hanya harga, Playful lebih mahal yakni Rp 17,550 juta dan Rp 17,075 juta untuk tipe standar. Kedua harga itu berstatus on the road Jabodebek.

Secara dimensi, Suzuki Address lebih tinggi dari kedua produk Honda dan Yamaha. Ground clearancenya 120 mm dan tinggi tempat duduk 755 mm. Meski lebih tinggi, ia masih bisa digunakan oleh pengendara perempuan. Bobotnya pun lebih berat, yakni 97 kg. Kendati berat, ia punya bagasi berkapasitas 20,6 liter. Dapat menyimpan berbagai peralatan, seperti jas hujan serta helm full face jenis tertentu.

Area dek atau pijakan motornya luas dan besar. Jadi para pengendara wanita tak perlu khawatir saat menggunakan skutik ini. Kaki bisa bebas bergerak. Di bagian atasnya, terdapat cantolan untuk menunjang kepraktisan jika membawa barang belanjaan. Ia juga punya dua kompartemen di dashboard, bisa dipakai meletakkan botol minum.

Jantung mekanisnya 113 cc, 4-stroke, satu-silinder, air-cooled, SOHC fuel injection. Ia punya tenaga maksimal lebih besar dibanding Genio dan Beat. Daya maksimal yang tercantum dalam laman resminya 9,2 hp. Urusan efisiensi bahan bakar Address mampu menempuh jarak lebih kurang 50 km dengan 1 liter bahan bakar. Kapasitas tangkinya menampung 5,2 liter. Jadi dalam sekali pengisian full, ia bisa menjangkau hingga 260 Km. Tentu hasil yang didapat bisa beda-beda, tergantung karakter pengendaranya.

Playfull ditawarkan lebih mahal karena ketambahan beberapa aksesori dan punya warna lebih atraktif. Tak tanggung-tanggung ada 10 pilihan warna yang ditawarkan Suzuki Indomobil Sales. Sedang buat varian standar punya 5 warna, dua di antaranya berkelir elegan. (Bgx/Odi)

Baca Juga: Rekomendasi Motor Sport Full Fairing 250 cc ke Atas

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Polytron Tambah Lapisan Keamanan Produk Mereka, Termasuk Motor Listrik
    Polytron Tambah Lapisan Keamanan Produk Mereka, Termasuk Motor Listrik
    Ardiantomi . Hari ini
  • Yamaha Siapkan Bengkel & Pos Jaga Selama Libur Lebaran
    Yamaha Siapkan Bengkel & Pos Jaga Selama Libur Lebaran
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Federal Oil Kembali Menggelar Beduk 2024, Berhadiah Nonton MotoGP di Mandalika
    Federal Oil Kembali Menggelar Beduk 2024, Berhadiah Nonton MotoGP di Mandalika
    Zenuar Yoga . 25 Mar, 2024
  • Kedatangan Honda Beat Facelift 2024 Semakin Dekat, Apa yang Berubah?
    Kedatangan Honda Beat Facelift 2024 Semakin Dekat, Apa yang Berubah?
    Anjar Leksana . 25 Mar, 2024
  • Masyarakat Tidak Disarankan Mudik Pakai Sepeda Motor
    Masyarakat Tidak Disarankan Mudik Pakai Sepeda Motor
    Alvando Noya . 25 Mar, 2024
  • Punya Bagasi Luas, Deretan Skutik Ini Bisa Jadi Pilihan Buat Mudik
    Punya Bagasi Luas, Deretan Skutik Ini Bisa Jadi Pilihan Buat Mudik
    Zenuar Yoga . 26 Mar, 2024
  • Pilihan Supermoto yang Bisa Buat Harian Maupun Mudik
    Pilihan Supermoto yang Bisa Buat Harian Maupun Mudik
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Mau Lebaran Pakai Motor Baru? Ini Pilihannya dengan Banderol Murah
    Mau Lebaran Pakai Motor Baru? Ini Pilihannya dengan Banderol Murah
    Zenuar Yoga . 19 Mar, 2024
  • Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan, Ini Pilihannya
    Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan, Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 14 Mar, 2024
  • Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
    Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
    Zenuar Yoga . 12 Feb, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Ini Hal Wajib yang Dilakukan Ketika Touring Berkelompok
    Ini Hal Wajib yang Dilakukan Ketika Touring Berkelompok
    Zenuar Yoga . 07 Sep, 2023
  • Tips Biar Sepeda Motor Jadi Kinclong Tampak Seperti Baru
    Tips Biar Sepeda Motor Jadi Kinclong Tampak Seperti Baru
    Zenuar Yoga . 28 Agu, 2023
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023