Ada Lagi Motor Tiongkok Plagiat Produk Honda, Mirip CB650R

Jiajue 800


Enggak ada kapoknya, malah makin merajalela. Produsen motor di Tiongkok masih saja menjiplak desain motor lain. Scrambler Ducati saka ada tiruannya. Tidak mampu membeli Harley-Davidson Sportster S bisa beralih ke Motofino Streetboy V-Maxter 300. Sekarang giliran Honda yang kena juga. Muncul CN800 Zhen dan CNR800 Rui yang wujudnya masing-masing mirip CB650R dan CBR650R. Bahkan pabrikan Tiongkok bernama Jiajue membenamkan mesin yang lebih bertenaga ketimbang aslinya.

KEY TAKEAWAYS

  • Jiajue Motor bikin plagiat Honda CB650R dan versi fairing CBR650R

    Malah mereka berani membenamkan mesin lebih besar dan bertenaga
  • Jiajue Motor meluncurkan dua sepeda motor di awal tahun ini. Dua model yang dirilis merupakan versi tiruan dari Honda CB650R dan versi full fairing CBR650R. Dinamakan CN800 Zhen dan CNR800 Rui. Beberapa bagian detail keduanya tampak mirip dengan unit asli.

    Foto CN800 Zhen yang tersiar mengilustrasikan kesamaan antara roadster kelas menengah Big Red dan imitasi Jiajue. Dari lampu depan LED bundar hingga unit ekor yang terpahat terlihat seperti bagian neo-retro. Kemiripannya tidak hanya di sektor bodywork, Jiajue juga menggunakan fork berwarna emas, sistem knalpot underbelly, bahkan velgnya memiliki desain atau pola wheelset yang sama persis dengan aslinya dari Honda.

    Honda CB650R Honda CB650R

    Bila CB650R gunakan suspensi dari Showa, CN800 Zhen lebih menyukai lansiran KYB. Meski begitu, kedua model menggunakan sistem pengereman dari Nissin. Jiajue bahkan menawarkan ABS dua saluran untuk memenuhi standar kelas menengah saat ini. Kemudian panel instrumen terdiri dari layar TFT, membuat konsol LCD Honda 650 jadi relatif kuno.

    Baca Juga: New Jawa 42 Bobber, Motor Klasik Keren 334 cc Cuma Rp30 Jutaan

     

    Sedangkan untuk CNR800 Rui, tidak ada perbedaan mencolok dibanding Honda CBR650R, kecuali lampu belakang dan mungkin opsi cat/grafis bodi. Sayangnya tidak banyak gambar dari produk plagiat, jadi analisis detail tidak tersedia.

    Namun, bagian yang paling menarik adalah performanya. Dari kabar yang beredar, Jiajue mengambil enjin dari Wuyi Weisenke Power Technology. Pabrikan mesin sepeda motor yang produknya dapat digunakan di berbagai model kelas menengah dari merek Cina. Pihaknya mengklaim telah mengembangkan in-line empat silinder segaris berpendingin cairan seluruhnya dan sudah berlisensi.

    Jiajue 800

    Jiajue CN800 Zhen dan CNR800 Rui mengambil tenaga dari mesin empat silinder 796 cc. Masing-masing menghasilkan tenaga puncak 117 Hp dan torsi 93 Nm. Powernya disalurkan melalui transmisi 6-percepatan, dengan slipper clutch juga tersedia. Sebagai perbandingan, Honda CB650R dan CBR650R dibekali mesin 648 cc inline-4 silinder, dengan tenaga 87 Hp dan torsi 57,5 Nm.

    Menurut laporan, saat diluncurkan di pasar Cina, Jiajue CN800 Zhen dan CNR800 Rui dibanderol antara CNY30.000 dan CNY40.000 (Rp67 jutaan dan Rp90 jutaan). Meski mesin lebih bertenaga dan konsol instrumen canggih, tetap saja duo Jiajue produk plagiat.

    Jika Jiajue menawarkan naked bike dan sportbike full fairing terbarunya di luar Cina, tentu dapat melemahkan pasar CB650R dan CBR650R di Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Namun, perusahaan belum memberikan indikasi rencana untuk mendistribusikan platform 800 cc barunya secara global. (Bgx/Odi)

     

    Baca Juga: Honda XL750 Transalp Mengisi Celah di Bawah CRF1100L

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Honda Unggulan

    Artikel Motor Honda dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test