Aprilia Tuono dan RS 660 Mengaspal di Indonesia

Aprilia RS 660

PT Piaggio Indonesia (PID) meluncurkan Aprilia Tuono dan RS 660 secara virtual (10/9). Keduanya menjadi pilihan baru bagi konsumen di segmen motor gede (moge) kelas menengah Tanah Air. Tuono meruapakan pilihan menarik selain Yamaha MT-07 atau Honda CB650R. Sedangkan RS 660 jadi alternatif lain dari Kawasaki Ninja ZX-6R, dan Honda CBR600RR.

Dari informasi PID, kedua motor ini sudah bisa dipesan oleh konsumen dan unitnya bisa dilirik langsung di diler Aprilia Jakarta Selatan. Soal harga, Aprilia Tuono 660 dijual dalam 2 warna Concept Black dan Iridium Grey dengan banderol Rp630 juta. Sementara Aprilia RS 660 dilabeli Rp650 juta dan memiliki opsi warna Lava Red serta Acid Gold.

Menurut Ayu Hapsari, PR and Communications Manager PT PID mengatakan, hadirnya 2 motor baru Aprilia adalah bukti keseriusan pabrikan berkompetisi di pasar motor sport Indonesia. "Produk-produk ini ditujukkan untuk memberikan angin segar di segmen motor premium, kami melihat ada antusiasme dan kebutuhan besar dalam segmen ini. Aprilia sebagai brand penting di MotoGP kini menghadirkan performa dan teknologi yang mutakhir baik di lintasan balap dan jalan raya melalui keluarga Aprilia 660," katanya.

Target pasar dari motor ini adalah konsumen pemula yang ingin naik kelas ke segmen motor besar. Kendati demikian, keduanya tetap memberikan sensasi berkendara yang asyik pada pengendara profesional atau yang sudah lebih dulu memiliki motor berkubikasi besar.

Baca Juga: Aprilia Tuono 660, Naked Bike Paling Ringan di Kelasnya

 

Aprilia Tuono 660

Aprilia Tuono 660

Aprilia Tuono 660 mengisi segmen motor sport naked. Desainnya terbilang unik karena tetap memadukan unsur motor fairing lewat penggunaan bodi half di sisi kiri dan kanannya. Lantas untuk DNA naked-nya tertuang lewat posisi setang yang tinggi dan melebar.

Bisa dibilang lewat motor ini, konsumen tetap mendapatkan desain sporty, tapi secara gaya berkendara pasti lebih rileks seperti motor naked sport kebanyakan. Desain depannya secara umum mirip dengan RS 660, di mana tetap menyematkan sepasang headlamp LED adapative dan DRL lengkap dengan air ram di bawahnya.

 

Dari sektor sasis, Tuono 660 mengaplikasikan jenis sasis alumunium yang ringkas dan ringan. Sasis itu menopang mesin 659 cc, DOHC Euro 5, 4-tak, 2-silinder (parallel twin), pendingin cairan, pendingin oli, dan berpengabut injeksi. Dengan racikan seperti itu, diklaim bisa memuntahkan tenaga maksimal 70 kW atau setara 95 daya kuda pada 10.000 rpm dan torsi puncak 67 Nm di putaran mesin 8.500 rpm.

Nah, karena posisinya sebagai motor sport kelas menengah, wajar jika output yang dihasilkan tak begitu besar. Jadi rasanya untuk pengendara pemula bisa menikmati motor ini dengan mudah. Sebagai penyeimbang mesin dilengkapi dengan pengereman depan cakram ganda 4 piston per satu kalipernya. Sementara di belakang dikawal dengan cakram tunggal satu kaliper 2 piston. Semua peranti pengereman menggunakan komponen buatan Brembo.

Aprilia Tuono 660

Lantas bagaimana rancang kaki-kaki, Tuono 660 dibekali suspensi depan upside-down garapan Kayaba. Ukurannya 41 mm dan bisa disetel manual sesuai keinginan pengendara. Dibekali pelek racing berukuran 17 inci dengan profil ban 120/70. Sementara belakang menggunakan monoshock yang juga memiliki opsi pengaturan. Berikut pelek ring 17 dengan ukuran ban 180/55. Semua ban tentu sudah berjenis tubeless.

Membahas dimensi keseluruhan dari motor ini, dia punya panjang sekitar 1.995 mm, lebar 805 mm, dan jarak sumbu roda mencapai 1.370 mm. Tinggi joknya dibuat 850 mm dan memiliki bobot total mencapai 183 kilogram. Untuk sekali pengisian penuh bahan bakar mampu menenggak 15 liter bensin.

Guna menunjang keasyikan dan keamanan ketika berkendara, Aprilia Tuono 660 dilengkapi TFT panel full color serta perangkat elektronik APRC (Aprilia Performance Ride Control). APRC di motor ini memiliki 6 fungsi yang bisa disesuaikan dengan keinginan pemiliknya:

  • ATC (Aprilia Traction Control)
  • AWC (Aprilia Wheelie Control)
  • ACC (Aprilia Cruise Control)
  • AEB (Aprilia Engine Brake)
  • AEM (Aprilia Engine Map)
  • ABS 2-Channel
  • 5 Riding Modes

 

Aprilia RS 660

Aprilia RS 660

Produk kedua adalah Aprilia RS 660 yang diklaim ramah untuk pengendara pemula. Namun desainnya memang terlihat lebih racy dan cocok bagi pecinta kecepatan. Desainnya terinspirasi superbike RSV4 dengan fairing yang dibuat ganda dan diklaim menambah downforce untuk menjaga motor tetap stabil meski dipacu di kecepatan tinggi. Kurang lebih tampilan depannya mirip Tuono 660 berupa 2 lampu depan LED dengan pemanis DRL. Pun pada bagian tangki BBM dan juga bodi belakang yang terlihat identik.

Bedanya ketika Anda lebih memilih tipe ini, pabrikan tak menyediakan bangku pembonceng melainkan diganti dengan komponen single seater. Meski begitu Aprilia Indonesia menjual bangku passenger-nya secara terpisah. Meski punya tampilan sporty dan gaya berkendara yang racy, Aprilia RS 660 diklaim sangat nyaman digunakan untuk kendaraan harian. Sebab, desain setangnya dibuat sedikit tinggi meski diposisikan di bawah segitiga.

Aprilia RS 660

Karena satu platform dengan Tuono 660, bagian sasis juga menggunakan tipe aluminium yang memiliki bobot ringan. Namun untuk jantung pacunya dibedakan secara output. Ya, RS 660 masih mengemas mesin 659 cc, DOHC Euro 5, 4-tak, 2-silinder (parallel twin), pendingin cairan, pendingin oli, dan berpengabut injeksi. Tenaganya lebih besar 5 daya kuda dari Tuono atau memiliki 100 dk dan torsi 67 Nm di putaran mesin yang sama. Pembeda selanjutnya berupa fitur AQS (Aprilia Quick Shifter) yang bisa dioperasikan untuk menurunkan dan menaikkan gigi persneling.

Urusan pengereman, Aprilia RS 660 dibekali cakram dan kaliper ganda di depan, sementara di belakang menggunakan 1 cakram dengan 1 kaliper 2 piston. Peranti pengereman didukung komponen garapan Brembo. Pelek depan dan belakang tak memiliki perbedaan dengan saudaranya. Pakai 17 inci dengan profil ban 120/70 di depan, dan 180/55 di belakang. Pun di sektor dimensi, berat, dan volume tangki BBM yang secara data memiliki kemiripan.

Motor sport full fairing ini sudah dibekali layar instrumen TFT full color yang menampilkan segala informasi penting soal kendaraan. Pabrikan turut menyuntiknya dengan perangkat APRC yang bisa disesuaikan pengendara. Berikut detailnya: (Kit/Odi)

  • ATC (Aprilia Traction Control)
  • AWC (Aprilia Wheelie Control)
  • ACC (Aprilia Cruise Control
  • AQS (Aprilia Quick Shifter)
  • AEB (Aprilia Engine Brake)
  • AEM (Aprilia Engine Map)
  • ABS with Cornering Function
  • 5 Riding Modes

 

Baca Juga: Aprilia RS dan Tuono 660 Kena Recall Karena Connecting Rod Gampang Patah

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Aprilia Unggulan

Artikel Motor Aprilia dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Aprilia SR-GT 200 Replica, Jadi Teman Liburan Asyik Berkat Ragam Keunggulannya
    Aprilia SR-GT 200 Replica, Jadi Teman Liburan Asyik Berkat Ragam Keunggulannya
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2024
  • Aprilia Racing Launching Tim untuk MotoGP Musim 2024
    Aprilia Racing Launching Tim untuk MotoGP Musim 2024
    Zenuar Yoga . 22 Feb, 2024
  • Spesifikasi dan Fitur Aprilia SR-GT 200 Replica
    Spesifikasi dan Fitur Aprilia SR-GT 200 Replica
    Bangkit Jaya Putra . 16 Okt, 2023
  • Daya Tarik Aprilia SR-GT 200 Replica yang Dirilis Vinales di MotoGP Mandalika
    Daya Tarik Aprilia SR-GT 200 Replica yang Dirilis Vinales di MotoGP Mandalika
    Bangkit Jaya Putra . 14 Okt, 2023
  • Aprilia Akhirnya Rilis RS 457 di GP San Marino
    Aprilia Akhirnya Rilis RS 457 di GP San Marino
    Zenuar Yoga . 12 Sep, 2023
  • Harga Beda Tipis, Pilih Yamaha XMax atau Aprilia SR-GT 200
    Harga Beda Tipis, Pilih Yamaha XMax atau Aprilia SR-GT 200
    Zenuar Yoga . 20 Jul, 2022
  • Test Ride Aprilia Tuono 660: Pembuktian Nyata Naked Sport di Sirkuit Mandalika
    Test Ride Aprilia Tuono 660: Pembuktian Nyata Naked Sport di Sirkuit Mandalika
    Bangkit Jaya Putra . 29 Mei, 2023
  • Test Ride Aprilia RS 660: Menguji Nilai Jualnya Langsung di Sirkuit Mandalika
    Test Ride Aprilia RS 660: Menguji Nilai Jualnya Langsung di Sirkuit Mandalika
    Bangkit Jaya Putra . 23 Mei, 2023
  • First Ride Aprilia Tuareg 660: Jadi Standar Moge Adventure Kelas Menengah
    First Ride Aprilia Tuareg 660: Jadi Standar Moge Adventure Kelas Menengah
    Bangkit Jaya Putra . 12 Des, 2022
  • Test Ride Aprilia SR-GT 200: Mengagumkan di 2 Alam
    Test Ride Aprilia SR-GT 200: Mengagumkan di 2 Alam
    Bangkit Jaya Putra . 03 Agu, 2022
  • First Ride Aprilia Shiver 900 (Part-1): Torsi Brutal di Balik Desain Konservatif
    First Ride Aprilia Shiver 900 (Part-1): Torsi Brutal di Balik Desain Konservatif
    Helmi Alfriandi . 14 Okt, 2019