Baru Dipakai 66 Km, Toyota GRMN Yaris Bekas Laku Rp2 Miliar

toyota-grmn-yaris

 

KEY TAKEAWAYS

  • GRMN Yaris bisa dianggap hot hatch paling jadi incaran

    Karena hanya dibuat 500 unit, terbagi versi rally dan sirkuit
  • Toyota GRMN Yaris merupakan salah satu hot hatch terbaik yang dijual secara global. Beda dengan GR biasa, penamaan mobil ini mengacu pada Gazoo Racing Master of Nurburgring. Pengembangannya hasil dari riset serta uji coba di sirkuit Jerman itu. Ia jadi barang langka (collector item). Seseorang baru saja menghabiskan hampir $140,000 atau Rp2 miliar untuk membeli edisi terbatas. Dan unit baru dikendarai sejauh 41 mil atau 66 km.

    Asal tahu, GRMN Yaris diluncurkan satu tahun lalu sebagai varian terbatas untuk pasar Jepang. Seperti dicatat oleh Autoracing and Drive. Baru-baru ini kendaraan dijual kepada pembeli yang tidak disebutkan namanya di lelang di sana seharga 18.165.000 yen ($139.497) sebelum pajak. Jumlah itu terbilang sangat besar, lebih dari dua kali lipat banderol anyar.

    Toyota hanya membikin 500 unit GRMN Yaris. Perusahaan menawarkannya dalam dua opsi: Circuit Package atau Rally Package. Dan barang yang dijual di balai lelang dilengkapi paket sirkuit, seperti namanya. Ia telah dirancang dengan fokus meluncur di trek. Performa jauh lebih lebih kuat daripada model standar.

    Baca Juga: Dulu Cuma Rp330 Jutaan, Sekarang Harga Suzuki Jimny Seken Semakin Melejit

     
     
     
     
     
    View this post on Instagram
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     

    A post shared by HKG●AUTORACING (@autoracing_hkg)

    Untuk perbandingan. Di Jepang, GRMN Yaris Circuit Package anyar dihargai 8.467.000 yen setara Rp977 jutaan. Jadi melambung dua kali lipat. Ditambah, unit bekas di pelelangan itu dilabur balutan cat matte steel. Ya, warna yang hanya tersedia 50 unit. Terbayang, bakal menjadi barang simpanan petrolhead bernilai tinggi.

    Mari selisik lebih dalam soal kelengkapannya. Sejumlah upgrade telah dilakukan di Toyota GRMN Yaris. Misalnya, jok belakang dilepas dan kap serat karbon dipasang di depan. Selain itu, pabrikan telah meningkatkan jumlah las titik sebesar 545 dibandingkan dengan mobil standar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kekokohan bodi. Model Circuit Package juga menggunakan pelek tempa (forged) BBS 18 inci. Unit dilengkapi oleh rem berukuran lebih besar, peredam kejut Bilstein yang dapat disesuaikan. Lalu side skirt diperpanjang, bibir depan baru (lips spoiler), serta sayap belakang serat karbon. Beratnya 20 kg (44 lbs) lebih enteng dari model standar.

    Beberapa peningkatan kecil juga telah dilakukan di dalam mesin tiga silinder 1,6 liter turbocharged. Olah piston memberi resultan 268 Hp (290 PS) dan torsi ditambah, dari 272 lb-ft (370 Nm) menjadi 287 lb-ft (390 Nm). Transmisi manual enam kecepatan dengan rasio lebih rapat juga dipasang. Begitu pula limited-slip differential di bagian depan maupun belakang. Kalau GR Yaris standar hanya menggunakan torsen differential. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Inden Lama, Harga Hyundai Ioniq 5 Bekas Tembus Rp1 Miliar

    Jelajahi Toyota GR Yaris

    Model Mobil Toyota

    Mobil Toyota
    • Toyota Rush
      Toyota Rush
    • Toyota Kijang Innova
      Toyota Kijang Innova
    • Toyota Avanza
      Toyota Avanza
    • Toyota Fortuner
      Toyota Fortuner
    • Toyota Agya
      Toyota Agya

    Don't Miss

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Toyota Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Hatchback

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Toyota GR Yaris dari Carvaganza

    • Toyota GR Yaris Facelift Debut di Tokyo Auto Salon 2024, Dapat Transmisi Matic
      Toyota GR Yaris Facelift Debut di Tokyo Auto Salon 2024, Dapat Transmisi Matic
      Muhammad Hafid . 12 Jan, 2024
    • Gara-Gara Juara WRC, Toyota Produksi GR Yaris Limited Edition
      Gara-Gara Juara WRC, Toyota Produksi GR Yaris Limited Edition
      Alvando Noya . 30 Nov, 2023
    • Perjalanan Gazoo Racing Dari Divisi Balap Menjadi Brand Paling Tinggi di Toyota
      Perjalanan Gazoo Racing Dari Divisi Balap Menjadi Brand Paling Tinggi di Toyota
      Alvando Noya . 25 Okt, 2023
    • Anton Jimmi:  Toyota Varian Gazoo Racing Selalu Jadi Favorit Konsumen
      Anton Jimmi: Toyota Varian Gazoo Racing Selalu Jadi Favorit Konsumen
      Alvando Noya . 26 Sep, 2023
    • Baru Jalan 66 Km, Toyota GRMN Yaris Ini Laku Dilelang Sampai Rp2 Miliar
      Baru Jalan 66 Km, Toyota GRMN Yaris Ini Laku Dilelang Sampai Rp2 Miliar
      Anjar Leksana . 29 Jan, 2023

    Artikel Mobil Toyota GR Yaris dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • New Toyota GR Yaris Debut di Tokyo Auto Salon 2024
      New Toyota GR Yaris Debut di Tokyo Auto Salon 2024
      Muhammad Hafid . 15 Jan, 2024
    • Toyota Indonesia Pastikan Tak Ada Unit GR Yaris, C-HR, dan Yaris yang Kena Recall Seperti di Australia
      Toyota Indonesia Pastikan Tak Ada Unit GR Yaris, C-HR, dan Yaris yang Kena Recall Seperti di Australia
      Bangkit Jaya Putra . 01 Mar, 2022
    • GR Yaris dan Belasan Ribu Mobil Toyota Lain Kena Recall, Ada Malfungsi Sensor Radar dan Kamera
      GR Yaris dan Belasan Ribu Mobil Toyota Lain Kena Recall, Ada Malfungsi Sensor Radar dan Kamera
      Bangkit Jaya Putra . 01 Mar, 2022
    • Kembangkan Energi Alternatif, Toyota Garap GR Yaris Bertenaga Hidrogen
      Kembangkan Energi Alternatif, Toyota Garap GR Yaris Bertenaga Hidrogen
      Setyo Adi Nugroho . 08 Des, 2021
    • Mengenal Perbedaan Toyota GR Yaris dan Yaris GR Sport
      Mengenal Perbedaan Toyota GR Yaris dan Yaris GR Sport
      Alvando Noya . 05 Des, 2021