Benelli Motobi 200 Evo, Ini Plus Minusnya

benelli motobi evo
JAKARTA, Motovaganza.com -- Benelli Motor Indonesia (BMI) punya beberapa opsi cruiser, termasuk Motobi 200 Evo. Memang tak benar-benar murni layaknya Motobi 200 atau Patagonian Eagle. Tampilannya lebih kekinian dengan beberapa sematan modern. Secara model lumayan menarik, apalagi harganya cukup menggoda.

Nilai Plus

Salah satu yang menjadi daya tarik, jelaslah tampilan. Bisa dikatakan inilah versi 'rebel' dari Motobi 200. Desain klasiknya lantas ditabrak dengan unsur modern. Sebut saja penggunaan pelek palang dengan model tak umum ini. Lalu aplikasi knalpot model underbelly, suspensi belakang model tabung serta disc brake untuk mendukung sistem pengereman roda belakang. Mesin 197 cc satu silindernya sudah mengandalkan sistem pengabutan bahan bakar injeksi. Bekal itu membuat Motobi 200 Evo sanggup menghasilkan daya 12,7 hp @7.000 dan torsi maksimal 13,9 Nm di 6.500 rpm. Output tersebut tersalur melalui transmisi 5-percepatan. Kemampuannya itu setara dengan Motobi 200 berpelengkap karburator (tenaga 12,7 hp @7.500 rpm, torsi 13,5 Nm @6.000 rpm). Hanya saja momen puntir sedikit tipe Evo sedikit lebih besar. Agar suhu mesin tetap ideal, terpasang pula sistem pendingin cair. Lantas untuk melihat seberapa cepat lajunya, Motobi 200 Evo menyajikan informasinya lewat panel meter bulat. Bentuknya identik dengan gaya klasik. Namun data seperti spidometer, takometer, tripmeter, odometer hingga indikator bensin ditampilkannya secara digital serta mudah dibaca dengan latar berwarna biru. Berbanding terbalik dengan Motobi 200 maupun Patagonian yang sama-sama berupa analog. Posisi berkendara nyaman. Seperti cruiser lain, Motobi 200 Evo juga punya setelan setang cukup tinggi dan jok rendah (715 mm). Rancangan ini membuat pengendara nyaman, ditambah lagi posisi foot step menjorok ke depan. Pengendaliannya terbilang nyaman karena dimensi kuda besi ini lumayan kompak yaitu 2.140 x 800 x 1.050 mm (PxLxT). Kombinasi rancang bangun yang dirasa cocok dengan bobot tubuh 156 kg. Baca juga: Benelli Motobi 200 Evo, Pilihan Penggemar Gaya Cruiser

Nilai Minus

Sayangnya, posisi kaki penunggang Motobi 200 Evo tak sepenuhnya rileks. Itu dikarenakan ia tak punya penampang kaki lebar seperti Motobi 200 atau Patagonian Eagle. Dan, walaupun berpenampilan layaknya cruiser, rasanya hanya cocok untuk penggunaan rute pendek atau dalam kota. Tangki bensin terlihat besar, padahal muatan maksimalnya adalah 11,8 liter. Terpaut cukup jauh kala menilik kepunyaan Motobi 200 yang memiliki kapasitas mencapai 15 liter. Mungkin tak terlalu berpengaruh juga saat mengendarainya ke luar kota. Terutama bagi pengendara, dikarenakan Motobi 200 Evo punya desain jok cukup lebar dan tebal. Malah nyaman karena terdapat lekukan untuk tumpuan tulang ekor dan belakang. Konsekuensinya, bentukan ini justru membuat jok belakang mendapatkan porsi lebih sedikit. Alhasil, memangkas 'hak' penumpang selama membonceng.   Lalu ketika mengendarainya di perkotaan, pendaran lampu bohlam terasa mengurangi esensi cruiser modern dari Motobi 200 Evo. Setidaknya Benelli bisa menggunakan penerangan utama dan belakang jenis dioda (LED). Boleh dikatakan Motobi 200 Evo merupakan strategi Benelli menggoda pasar. Mungkin menyasar calon konsumen Honda Rebel. Terlebih BMI mematok harga yang hanya berkisar Rp 32 jutaan. Ia bahkan diuntungkan karena bermain sendirian di segmen mesin 200 cc. Namun, apakah ini cukup menggugah untuk konsumen? Baca juga OTO: Intip Kelebihan dan Kekurangan Benelli Motobi 200 Evo ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Stok Suzuki Satria F150 di Diler Kosong, Model Baru Mau Meluncur?
    Stok Suzuki Satria F150 di Diler Kosong, Model Baru Mau Meluncur?
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Sepuluh Ribu Biker Ramaikan Satu Dekade Maxi Yamaha di 14 Kota Indonesia
    Sepuluh Ribu Biker Ramaikan Satu Dekade Maxi Yamaha di 14 Kota Indonesia
    Zenuar Yoga . 17 Sep, 2025
  • Daftar Aksesori Resmi New Honda ADV160 dan Harga Lengkapnya
    Daftar Aksesori Resmi New Honda ADV160 dan Harga Lengkapnya
    Zenuar Yoga . 17 Sep, 2025
  • Vespa Rilis Warna Baru untuk Primavera dan Sprint, Makin Trendy di Jalanan Kota
    Vespa Rilis Warna Baru untuk Primavera dan Sprint, Makin Trendy di Jalanan Kota
    Zenuar Yoga . 17 Sep, 2025
  • Ini Alasan Diler Sepeda Motor Indo SunMotor Gemilang Suzuki Bisa Bertahan
    Ini Alasan Diler Sepeda Motor Indo SunMotor Gemilang Suzuki Bisa Bertahan
    Anjar Leksana . 17 Sep, 2025
  • Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Zenuar Yoga . 10 Sep, 2025
  • New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    Zenuar Yoga . 21 Agu, 2025
  • Profil QJMotor SRK 800 RR, Sportbike 4-Silinder Seharga Rp249,9 Juta
    Profil QJMotor SRK 800 RR, Sportbike 4-Silinder Seharga Rp249,9 Juta
    Anjar Leksana . 21 Agu, 2025
  • Duel Cruiser Modern dengan Cita Rasa Klasik: Honda Rebel 500 vs Royal Enfield Super Meteor 650, Pilih Mana?
    Duel Cruiser Modern dengan Cita Rasa Klasik: Honda Rebel 500 vs Royal Enfield Super Meteor 650, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 11 Agu, 2025
  • Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025