Berkenalan dengan Suzuki Fronx, Calon Pesaing Toyota Raize dan Honda WR-V

Suzuki Fronx

 

KEY TAKEAWAYS

  • Fronx berbagi platform dengan Baleno

    Melihat ukurannya, ia akan bertarung melawan Kia Sonet dan Hyundai Venue
  • Maruti Suzuki mengenalkan kompak SUV baru bernama Fronx di Auto Expo 2023. Dilihat dari segmentasi. Ia menjadi rival baru bagi Hyundai Venue, Nissan Magnite, Renault Kiger, Kia Sonet. Termasuk Toyota Raize dan Honda WR-V bila kelak masuk Indonesia. Mereka telah membuka pesanan dan dijual melalui jaringan diler Nexa Maruti. Sedangkan peluncuran resmi (harga) diprediksi akan segera dilakukan dalam waktu dekat.

    Kemungkinan mobil yang berbasis Baleno hatchback ini mulai dilepas Rs 7 lakh atau sekitar Rp130 jutaan. Suzuki Fronx tersedia dalam varian Sigma, Delta, Delta+, Zeta dan Alpha. Ada lima warna dasar ditawarkan: arctic white, grandeur grey, earthen brown, opulent red dan splendid silver. Di antara warna coklat, merah dan perak. Juga ditawarkan dalam kombinasi cat dual-tone dengan atap hitam kontras.

    Di Negara Bharata, Suzuki Fronx disenjatai oleh dua pilihan mesin. Jantung pacu bensin 1,2 liter naturally aspirated (NA) yang terpasang di Baleno menjadi mesin standar. Lontaran tenaga 90 PS dan torsi puncak 113 Nm. Lecutan daya dipasangkan dengan transmisi manual lima percepatan atau AMT.

    Baca Juga: Suzuki Jimny 5 Pintu Akhirnya Meluncur

     

    Suzuki Fronx kabin

    Tapi, sorotan utamanya adalah mesin bensin turbo Boosterjet 1 liter. Figur ini sebetulnya sudah ada, tertancap di bawah kap Baleno RS. Sempat dihentikan selama peralihan aturan gas buang BS6. Tetapi opsi enjin itu, kembali terpasang di dalam tubuh Fronx. Resultan daya menghasilkan dorongan 100 PS dan momen puntir 147 Nm. Distribusi tenaga sangat mungkin pakai girboks lima percepatan standar. Atau transmisi otomatis 6-speed yang mulus dikendarai.

    Saat melihat visual luar Suzuki Fronx, muka mirip Grand Vitara. Sekilas, siluet tubuh juga menyiratkan sosok Baleno yang di-SUV-kan. Kelengkapan cenderung sama dengan facelift 2022. Bahkan kalau Anda menengok ke dalam. Ia memiliki desain dan tata letak dasbor mirip. Di dalamnya dilengkapi layar sentuh infotainment 9 inci (floating monitor). Pemanja telinga menggunakan sistem audio surround-sound Arkamys. Ada head-up display (HUD), teknologi mobil terhubung, pengisi daya telepon nirkabel dan cruise control.

    Untuk bagian keselamatan. Mobil memiliki enam kantong udara, kamera 360 derajat, hill hold assist, stability control (ESP), sabuk pengaman tiga titik bagi semua penumpang serta dudukan kursi anak ISOFIX. Suzuki Fronx kemungkinan segera diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang. Segmen SUV kecil sangat ramai di India dan potensial. Lantas, bagaimana Indonesia? Suzuki Indomobil Sales sempat bilang, bakal fokus di model SUV hingga beberapa tahun mendatang. Selain XL7 hybrid dan Grand Vitara, perusahaan belum punya lini produk seperti ini. Jadi, tetap punya kans dijual di Tanah Air buat bertarung dengan duo Rocky-Raize. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Berpeluang Masuk Indonesia, Begini Spesifikasi Suzuki Grand Vitara Pesaing HR-V dan Creta

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Suzuki Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Suzuki dari Carvaganza

    Artikel Mobil Suzuki dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test