Brabus Berencana Garap Motor, KTM 1290 Super Duke Jadi Basisnya

2021 KTM 1290 Superduke

Nama Brabus tak pernah lepas dari pembahasan dunia tuner. Spesialis performa tinggi berbasis di Bottrop, Jerman ini sudah malang melintang memodifikasi merek mobil Smart, Maybach, dan Mercedes-Benz sejak 1977. Apapun yang keluar dari garasinya, pasti makin beringas. Tidak hanya dari tampilan, tapi juga akselerasi. Memang selalu identik dengan Mercedes, namun kini mereka akan mulai merambah ke roda dua. Telah menjalin ikatan dengan KTM untuk menciptakan Brabus 1300 R, menggunakan 1290 Super Duke R sebagai dasarnya.

Menurut dokumen yang digali BikeSocial.com, Brabus GmbH telah mengajukan permohonan merek dagang ke Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO) dengan nama ‘Brabus 1300 R’. Identitas itu secara khusus bakal digunakan untuk “Motociclette (Sepeda motor); bagian struktural untuk sepeda motor; suku cadang dan perlengkapan untuk kendaraan darat; bagian kendaraan bermotor roda dua”. Jadi, itu cukup menegaskan bahwa Brabus memang siap memasuki garap motor.

Brabus - KTM

Apa yang bakal dituning? Dokumen persetujuan menyebut KTM 1290 Super Duke R menjadi basis. Meski motornya belum ada saat ini, pihak BikeSocial berhasil menggali dokumen resmi yang mengkonfirmasi spesifikasinya. Lantas, apa yang dapat membuat Brabus 1300 R lebih menonjol dari KTM.

Baca Juga: KTM 500 EXC-F Six Days 2022, Varian Khusus Dapat Pemanis Visual

Dari sisi dimensi, memiliki tinggi yang sama 1.119 mm. Kemudian perubahan tidak meluas ke full fairing, tapi tetap ada penyesuaian pada styling. Panjangnya dikurangi 46 mm, membuat Brabus 1300 R mendekati Super Duke RR edisi terbatas. Mengisyaratkan seperti model RR milik KTM, braket plat nomornya dibuat pendek. Lebih penting lagi, lebar Brabus 1300 R hampir 30 mm di bawah unit 1290 Super Duke R atau RR. Itu berarti stang baru, berpotensi clip-on untuk memberikan posisi pengendara café-racer lebih banyak.

Jarak sumbu roda Brabus 1300 R juga lebih pendek, sekitar 5 mm, dibandingkan KTM standar. Mungkin menunjukkan perubahan di persneling final drive, dengan sprocket ukuran berbeda membuat panjang 'standar' berbeda ketika rantai disetel dengan benar.

Brabus Logo

Informasi yang diperoleh juga menunjukkan bahwa Brabus 1300 R bakal 5 kg lebih ringan dari 1290 Super Duke R. Tetapi tetap 5 kg lebih berat dari Super Duke RR. Tentu saja bakal menampilkan sejumlah suku cadang serat karbon dan pelek forged yang lebih ringan, serta suspensi dengan spesifikasi lebih tinggi dari versi standar.

Karena 500 unit Super Duke RR terjual habis hanya dalam 48 menit setelah buku pesanan dibuka, Brabus 1300 R mungkin menawarkan pembeli dengan cara lain. Sayangnya sampai saat ini belum ada indikasi kapan Brabus 1300 R bakal diluncurkan secara resmi.

Berapa biayanya? Itu pertanyaan lain yang tidak dapat dijawab, karena sangat bergantung pada pilihan akhir komponen. Tetapi Super Duke RR yang dijual terbatas punya harga £21.499 (Rp411 jutaan), sementara Super Duke R 1290 standar £15.749 (Rp301 jutaan). (Bgx/Odi)

 

Baca Juga: KTM RC 390 MY2022 Banyak Terinspirasi MotoGP

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor KTM Unggulan