Daihatsu Rocky Meluncur, Varian Turbo Terlebih Dahulu

Daihatsu Rocky launch

Lewat seremoni virtual (30/4), Daihatsu Rocky melenggang penuh percaya diri. Bersatu dalam kolaborasi bersama Toyota Raize, bakal menggempur segmen baru compact SUV yang baru terbentuk. Sesuai ekspektasi pasar, ia membawa perbekalan mutakhir dalam 11 pilihan varian. Namun yang baru meluncur varian atas dulu bermesin 1.0T. Lebih spesifik 1.0 R TC dan 1.0 R TC A.S.A. dengan rentang harga Rp214,2 juta hingga Rp236,1 juta. Kalau dijabarin lagi, total ada 5 tipe, berikut detail harganya:

  • Rocky 1.0 R TC M/T - Rp214,2 juta
  • Rocky 1.0 R TC M/T ADS - Rp222,2 juta
  • Rocky 1.0 R TC CVT - Rp227,4 juta
  • Rocky 1.0 R TC CVT ADS - Rp235,4 juta
  • Rocky 1.0 R TC CV A.S.A - Rp236,1 juta

“Daihatsu Rocky adalah produk kolaborasi ke-5 dari Daihatsu dan Toyota. Seperti kolaborasi sebelumnya, produk ini diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Research and Development ADM juga terlibat dalam pengembangannya, sehingga Rocky cocok dengan pasar Indonesia”, ujar Toshinori Edamoto, President Director PT ADM.

Baca Juga: Insentif PPnBM Berhasil Dongkrak Penjualan Astra Daihatsu Motor

Daihatsu Rocky ADS

Ya, boleh dibilang inilah tahun crossover kompak nan terjangkau. Rocky pun menjadi salah satu bagiannya. Berdimensi relatif kompak dengan panjang sekitar empat meter. Lebih tepat diukur 4.030 x 1.710 x 1.635 mm (PxLxT) dan memiliki wheelbase 2.535 mm. Tak salah kalau menyebutnya sepantaran para petarung seperti Kia Sonet atau Nissan Magnite.

Dimensi tadi menciptakan proporsi visual menggugah. Dimanfaatkan betul oleh para desainer untuk menghasilkan gaya tangguh sebuah SUV. Mengeksekusi pahatan di atas postur tegap sampai ke permainan ornamen penegas seperti cladding dan roof rail. Secara umum boleh dibilang ganteng, tidak condong ke preferensi satu atau dua kalangan saja. Tampil modern tanpa membuatnya terlalu berlebihan.

Daihatsu Rocky ADS

Kendati begitu, tersedia model trim ADS bila doyan keramaian aksesori pemanis. Sebut saja tambahan berupa bingkai kromium satin di grille depan dan elemen kromium melintang menjembatani kedua lampu belakang. Lanjut dari situ, sisi terbawah bodi dihiasi ornamen skid plate depan dan belakang berikut side body moulding ADS plus stone guard samping.

Interior pun tidak berada dalam batas ekstrem hambar atau berlebihan. Aransemen permukaan dasbor bertumpuk berikan visual modern namun tetap bersahaja. Berada dalam batas wajar. Pengemudi seakan jadi sorotan lewat layout kokpit menghadap sang pilot. Menguatkan nuansa kekinian, center stack diramaikan sarana hiburan touchscreen yang bertengger di atas dasbor.

Soal desain mungkin pada akhirnya kembali lagi sesuai preferensi masing-masing. Namun, peraduan fitur kekinian bisa dijadikan bahan pertimbangan utama di segmen ini. Semua kontestan berusaha tampil atraktif dalam urusan fitur, tak terkecuali Rocky. Standarnya sudah kebagian pendar LED pada headlamp, DRL, hingga ke lampu kombinasi belakang. Sementara itu, untuk urusan kemudahan akses, terpasang smart entry model sensor sentuh di handle pintu.

Baca Juga: Mengenal Daihatsu New Global Architecture (DNGA), Bawa Potensi Keunggulan Rocky dan Raize

Daihatsu Rocky interior

Dalam kabin, minimal sudah terpasang komponen kekinian. Contoh panel AC digital, sarana hiburan touchscreen 9 inci lengkap dengan fungsi integrasi smartphone. Layar di tengah juga dapat menampilkan imaji kamera parkir. Bukan hanya itu, Rocky sudah mengadopsi panel instrumen digital dengan empat mode visual. Boleh jadi akan lebih nikmat bila meminang paket ADS. Pasalnya bukan sebatas bodikit, ia kebagian subwoofer aktif 8 inci sebagai tambahan dari perangkat standar empat speaker plus dua tweeter.

Mungkin semua perbekalan pendukung tadi tidak membuat Rocky langsung terlihat semenarik lawan seperti Kia Sonet. Tapi tunggu dulu, sofistikasi justru hadir pada sektor keselamatan. Adalah paket Advanced Safety Assist (A.S.A.) eksklusif di model termahal R. Perlengkapan termasuk fungsi Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention. Untuk diketahui, cruise control adaptive dan Lane Keep Assist masih absen. Minimal, bantuan meminimalisir risiko atau dampak keparahan sudah hadir lewat fungsi Pre-Collision baik itu peringatan maupun pengereman aktif.

Mesin Baru 1.200 cc Menyusul

Platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) membuat Rocky berbeda dari produk ADM lain. Sebab bukan sebatas mengusung basis pembangun anyar, ia turut kebagian enjin yang sepenuhnya baru. Tidak akan ditemukan pada anggota keluarga seperti Ayla, Sigra, Xenia, dan lainnya.

Untuk saat ini baru tersedia opsi pemacu tiga silinder 1.000 cc DOHC 12 katup VVT-I berkode 1KR-VET. Dipastikan bukan perwakilan pada varian terendah sebab udara menuju tiga ruang bakar dipaksa oleh turbin. Yep, turbo bantu siapkan output besar. Diklaim sampai 98 PS dengan dorongan torsi 140 Nm. Sebagai gambaran, mesin seliter ini siapkan potensi sekuat empat silinder 1.300 cc atau 1.400 cc. Perdana pula hadir penyalur daya CVT di samping opsi transmisi manual lima percepatan.

Di samping itu, mesin tiga silinder 1.200 cc DOHC 12 katup Dual VVT-i turut mejeng di masa mendatang. Hadir sebagai pemacu untuk kasta trim lebih rendah. Meski minus satu silinder, tenaganya berimbang bahkan sedikit lebih kuat ketimbang jantung empat silinder 1.200 cc milik Ayla atau Sigra. Siap lontarkan tenaga 88 PS dan momen puntir puncak 113 Nm.

Tersedia deretan warna berani untuk dipilih seperti seleksi kelir two tone kombinasi Campagno Red atau Icy White beratap hitam. Tak kalah menarik pilihan single tone seperti merah dan kuning. Andai dirasa wana tadi terlalu tegas, setidaknya masih tersedia lima seleksi warna monokrom dari putih sampai hitam untuk disesuaikan.

Yang jelas saat ini baru disiapkan Rocky dalam paket mesin seliter tiga silinder turbo. Diberi label mulai dari Rp214,2 juta sampai Rp236,1 juta. Sementara terbagi atas lima varian untuk dipilih dengan variasi harga tergantung seleksi warna.

Rocky sendiri baru diproduksi akhir April dengan fokus utama untuk mengisi ruang pamer dan unit tes. Bagi konsumen wilayah Pulau Jawa, direncanakan paling cepat pengiriman terlaksana akhir Mei. Di luar itu, diekspektasikan baru datang awal Juni. Dengan demikian, siapkan saja persepsi bahwa Rocky dipasarkan mengikuti skema diskon PPnBM periode kedua sebesar 50 persen yang berlaku mulai Juni. Itu sangat mungkin terjadi bila permintaan melonjak sehingga baru kebagian slot setelah Mei. (Krm/Odi)

Baca Juga: Mengintip Keistimewaan Daihatsu Rocky, Bakal Bawa Teknologi Paling Mutakhir

Jelajahi Daihatsu Rocky

  • Tampak Depan Bawah Daihatsu Rocky
  • Tampak belakang serong Rocky
  • Tampak Grille Rocky
  • Fog lamp depan Rocky
  • Lampu depan Rocky
  • lampu belakang Rocky
  • Pelek Rocky
  • Antena atap Rocky
  • Tampak sisi pengemudi pintu terbuka Daihatsu Rocky
  • Daihatsu Rocky Drivers Side Mirror Rear Angle
Daihatsu Rocky
Rp 178,9 - Rp 236,1 Juta Cicilan : Rp 4,08 Juta

Model Mobil Daihatsu

Mobil Daihatsu
  • Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
  • Daihatsu Terios
    Daihatsu Terios
  • Daihatsu Sigra
    Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Xenia
    Daihatsu Xenia
  • Daihatsu Sirion
    Daihatsu Sirion

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Daihatsu Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang