Detail Kelengkapan Daihatsu Rocky Tipe X, Layak Dibeli?

Daihatsu rocky 1.2

Tertarik Daihatsu Rocky tapi dana tak mencukupi varian tertinggi, pantas memilih tipe ini. Rocky Tipe X adalah model setingkat di atas varian termurah. Total terbagi empat pilihan berbeda sesuai kebutuhan. Terdiri dari dua tingkat standar kelengkapan dengan penawaran dua jenis transmisi. Dimulai dari Tipe X standar manual seharga Rp198,7 juta atau Rp215,1 juta untuk CVT. Sementara itu, di atasnya mejeng pilihan X ADS dengan banderol Rp206,7 juta atau Rp223,1 juta tergantung penyalur daya.

Mesin Tiga Silinder Baru

Awal berkenalan, Daihatsu siapkan pemacu tiga silinder 1.000 cc plus turbo khusus Tipe R. Sajikan output besar. Tapi tidak untuk Tipe X ke bawah. Mereka justru kebagian pemacu 1.200 cc naturally aspirated. Namun jangan salah, enjin ini berbeda dengan unit NR empat silinder seperti di Sigra. Mengusung aransemen baru dengan memainkan tiga piston saja ketimbang empat. Disudahi kop silinder berisi sepasang noken as (DOHC) dan pengatur bukaan klep variable dual VVT-i.

Minus satu silinder dengan kubikasi serupa pun bukan berarti lebih payah. Sila bandingkan sendiri. Ekstraksi jantung 1.200 cc Rocky diklaim mencapai 88 PS pada 6.000 rpm dan diawal momen puntir 113 Nm di 4.500 rpm. Komposisi enjin NR 1.200 cc di model LCGC sendiri hanya sanggup gelontorkan 88 PS dengan torsi 108 Nm.

Bukan itu saja yang baru. Untuk kali pertama Daihatsu mengenalkan transmisi otomatis CVT di jajaran produk Tanah Air. Lebih tepatnya, Dual mode Continuously Variable Transmission (D-CVT) tersedia untuk Rocky dan turut eksis di model bermesin 1.200 cc. Terkenal sebagai pengantar daya nan halus namun ia dapat dibuat lebih responsif lewat tombol Power Mode di setir. Di samping itu, tersedia juga girboks manual lima percepatan turut ditawarkan.

Tampilan Lebih Sederhana 

Tak dapat dipungkiri bahwa standar penampilan Rocky Tipe X terlihat lebih sederhana ketimbang varian tertinggi R bermesin turbo. Namun beruntungnya ia tidak sampai terlalu polosan seperti Tipe M. Masih terlihat modis dari lahir sebab secara tampilan hanya pelek aloi 16 inci sewarna bodi jadi aktor penegas diferensiasi.

Juga dari sisi perbekalan tidak akan membuat Rocky malah terasa kuno atas upaya sunat fitur besar-besaran. Grille heksagonal hitam diapit kedua lampu dengan pendar LED sebagai penerangan utama. Lantas tatanan bumper disudahi foglamp di sisi terluar. Begitu pula terjadi pada stop lamp berisi visual LED jadi standar seluruh varian.

Berbagai kemudahan akses pengoperasian masa kini turut meramaikan daftar spesifikasi. Misal saat parkir, tidak perlu repot melipat spion sebab terpasang fungsi pelipatan otomatis kala pintu dikunci. Mau masuk kabin juga akan terasa cukup berkelas. Selain mengadopsi fitur entry, aksesnya dibuat rapi tanpa tombol menonjol. Usap saja handle pintu untuk membuka kunci atau mengunci pintu – asal remote berada di jangkauan. Semua ini setidaknya tetap akan memberikan kemudahan dan rasa pengoperasian mobil modern bukan?

Baca Juga: Ini Bedanya Daihatsu Rocky Tipe 1.0L Turbo dan 1.2L NA

Daihatsu Rocky interior

Pancaran Aura Canggih dalam Kabin

Secara dimensi Rocky bukan merupakan kontestan bertubuh besar. Ia memiliki panjang sekitar empat meter saja. Lebih tepatnya diukur 4.030 x 1.710 x 1.635 mm (PxLxT) di atas wheelbase sepanjang 2.525 mm. Jelas tubuhnya tidak sebesar hatchback kompak di pasaran hanya saja tidak juga lebih kecil dari city car 1.200 cc. Berada di antara keduanya dengan komposisi postur jangkung sebuah SUV.

Imbas dalam kabin adalah ruang penumpang yang relatif lebih lega dari city car ditambah kompartemen bagasi lapang. Menunjang kepraktisan penggunaan dalam kota. Belum lagi menyediakan berbagai ruang penyimpanan kecil seperti di door trim, cupholer tersembunyi di dasbor, laci di kolong bangku depan, hingga ke cargo net tambahan di bagasi.

Ruang kepala lapang juga menjadi keunggulan dari karakteristik tubuh jangkung Rocky. Dibantu bukaan jendela besar, visibilitas berkendara tersaji dengan baik. Agak disayangkan, Rocky kasta bawah ini belum dilengkapi height adjuster. Kendati begitu, bukan berarti posisi duduk jadi kaku. Minimal setir dapat diatur kemiringan jangkauannya.

Tampil memikat, eksekusi desain kabin tidak dibuat terasa murahan secara visual dan malah terkesan canggih. Dari lekuk panel hingga perbekalannya. Segala permainan layar seperti di varian tertinggi eksis. Sebut saja meter cluster full digital lengkap pengaturan tampilan instrumen. Juga panel AC digital yang ironisnya tidak dibarengi pengaturan komprehensif – hanya kekuatan semburan, pengatur suhu, dan sirkulasi udara tanpa opsi arah saluran ventilasi.

Hiburan hadir melalui layar sentuh 7 inci dengan empat speaker utama. Sanggup mengintegrasikan fungsi smartphone via Android Auto atau Apple CarPlay. Selain itu, tombol start/stop engine melengkapi kemudahan pengoperasian sistem smart entry.

Peranti Keselamatan Tergantung Transmisi

Meski boleh dibilang sebagai mobil murah, standar fitur keselamatan Rocky terbilang cukup baik. Airbag bukan merupakan komponen istimewa. Dua kantong udara datang mengisi acara di kasta terbawah sekalipun. Safety belt tiga titik tak perlu ditanya lagi, siap mengikat erat kelima penumpang plus seat belt warning dari kabin depan. Sebagai pelengkap perlindungan bermanuver, Rocky Tipe X sudah siapkan kamera mundur dan sensor parkir.

Urusan stabilitas pengendalian, ABS dan EBD siap berikan pengereman terkendali. Kendati begitu, Vehicle Stability Control atau Hill Start Assist masih terlihat pilih kasih di kasta 1.200 cc. Mereka hanya hadir untuk model bertransmisi CVT sementara pengguna girboks manual harus puas tanpa perlindungan darinya.

Ekstra Perbekalan untuk Trim X ADS

Itu semua tadi jadi standar perbekalan Daihatsu Rocky Tipe X. Sebut saja penampilan sederhana dengan perlengkapan yang boleh dibilang cukup memenuhi image modern. Tapi kalau masih dirasa kurang dari segi penampilan atau perbekalan, masih ada Tipe X ADS.

Contoh di eksterior, paket ADS menyiapkan perhiasan tambahan di sekujur tubuh. Mulai dari garnis kromium di grille, ornamen skid plate mengitari sisi terbawah bodi, hingga ke tempelan body moulding. Lebih dari sebatas gaya, hiburan dalam kabin diramaikan oleh subwoofer. Meski bukan sebuah penambahan kemampuan esensial, ADS mungkin memikat Anda yang senang dengan kesibukan visual. (Krm/Odi)

Baca Juga: Daya Tarik Daihatsu Rocky 1.2L dalam Kompetisi SUV Murah

Jelajahi Daihatsu Rocky

  • Tampak Depan Bawah Daihatsu Rocky
  • Tampak belakang serong Rocky
  • Tampak Grille Rocky
  • Fog lamp depan Rocky
  • Lampu depan Rocky
  • lampu belakang Rocky
  • Pelek Rocky
  • Antena atap Rocky
  • Tampak sisi pengemudi pintu terbuka Daihatsu Rocky
  • Daihatsu Rocky Drivers Side Mirror Rear Angle
Daihatsu Rocky
Rp 214,2 - Rp 236,1 Juta Cicilan : Rp 4,89 Juta

Model Mobil Daihatsu

Mobil Daihatsu
  • Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
  • Daihatsu Rocky
    Daihatsu Rocky
  • Daihatsu Xenia
    Daihatsu Xenia
  • Daihatsu Sigra
    Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Gran Max PU
    Daihatsu Gran Max PU

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Daihatsu Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi